4 Cara Menjaga Kewarasan Karena Kelamaan di Rumah Aja. Sehat Fisik Juga Harus Sehat Mental Juga

jaga kewarasan

Yang nggak kalah penting dari swakarantina adalah menjaga kewarasan diri. Di rumah aja membuat kita jadi mudah bosan dengan keadaan. Semua hal yang tadinya menarik menjadi biasa saja. Suasana hari jadi kian sepi dan hampa, sebuah kondisi yang nggak bisa dibiarkan begitu saja.

Advertisement

Menjaga kewarasan di tengah pandemi itu penting. Sudah banyak orang yang mengalami gangguan kecemasan. Ada yang dadanya tiba-tiba sesak, ada juga yang jadi kesulitan tidur. Sungguh sebuah kondisi yang nggak bisa disepelekan. Nah untuk mencegah hal tersebut, Hipwee Motivasi kali ini akan merekomendasikan 4 cara menjaga kewarasan selama di rumah aja.

1. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja tanpa melakukan apa-apa. Cari aktivitas baru biar kamu selamat dari pikiran negatif

Budidaya tanaman kaktus via www.semangatnews.com

Bengong di tengah pandemi ini berbeda dari bengong sebelumnya. Ada kesepian di dalamnya karena kita jarang melakukan interaksi sosial. Maka jangan heran kalau pikiran aneh-aneh sering muncul belakangan saat bengong. Overthinking seperti ini bisa diatasi dengan melakukan sesuatu. Jangan kasih kesempatan buat pikiran bengong. Lakukan sesuatu agar pikiran negatifmu teralihkan.

2. Meskipun nggak ada hal penting yang dibahas, jangan sungkan-sungkan menelpon teman. Ngobrol bisa membantu kamu terhindar dari kesepian

Telpon teman buat ngobrol via www.semangatnews.com

Dalam takaran tertentu, kesepian bisa menjadi sebuah kondisi yang bahaya. Kamu sendiri sudah mengalaminya bukan, kalau lagi bengong kadang suka cemas pada hal yang belum terjadi? Salah satu caranya untuk mencegah kesepian adalah dengan mencari teman ngobrol. Telpon aja temanmu. Nggak usah nunggu ada perlu. Ngobrol ngawur aja kayak biasanya. Cairkan susana hatimu, munculkan bahagiamu.

Advertisement

3. Nggak cuma kebersihan diri aja yang perlu dijaga di tengah pandemi ini, olahraga dan pola tidur juga penting untuk dibenahi

Tidur teratur juga penting via www.klikdokter.com

Sadar nggak sih kalau suasana malam itu sering bikin kita overthinking? Galau muncul saat malam, begitu pun sedih. Nah buat kamu yang sering mengalami kecemasan, bisa jadi penyebabnya adalah pola tidurmu nggak teratur. Begadang terus setiap hari ditambah jarang berolahraga. Hidup jadi berantakan. Ingat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan menjaga pola hidup, pikiran kita juga akan jadi lebih “hidup”.

4. Kalau sudah ada gejala kecemasan yang berlebih jangan takut berkonsultasi. Semakin cepat mengenali masalahnya maka semakin baik

Jangan takut ke psikolog via kumparan.com

Orang-orang masih cukup awam dengan ini sehingga menyepelekan kecemasan. Padahal kecemasan dalam kadar tertentu bisa menimbulkan gejala-gejala yang berkaitan dengan kesehatan fisik. Dada sesak, gampang pusing, susah makan, insomnia, dan gejala lainnya.

Advertisement

Jika kamu mengalami hal semacam itu, segera periksakan ke dokter. Jangan tunggu parah dulu baru bergerak. Konsultasi psikiater sudah bisa pakai BPJS juga kok. Atau banyak kok aplikasi buat cari tahu perihal kesehatan mental. Konsultasi aja dulu lewat aplikasi.

Kesehatan mental itu bukan masalah yang sepele. Mengabaikannya sama bahayanya dengan covid-19. Semoga cara-cara di atas sedikit bisa membuatmu tetap waras di tengah pandemi. Tetap sehat, ya!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE