Pernahkah kamu merasa bahwa temanmu atau bahkan pacarmu sering melamun dan melakukan apapun sesukanya? Memang semua orang terlahir unik dengan caranya masing-masing, namun jika kamu memperhatikan lebih, akan ada beberapa orang yang tampak berbeda dari yang lainnya. Jika kamu mengenal seseorang yang memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan perasaan, emosi dan impresi, kamu sedang ‘berhadapan’ dengan orang berjiwa kreatif.

Buku catatan yang penuh coretan, meja kerja berantakan, dan keahliannya dalam memainkan alat musik tertentu seringkali tak diperhatikan dengan seksama. Padahal kenyataannya ia adalah seseorang dengan jiwa kreatif. Ilmuwan syaraf menyatakan bahwa orang kreatif memilikii cara pikir dan perilaku yang berbeda dari orang kebanyakan. Namun kadang karunia tersebut seringkali membuat hubungan mereka dengan orang-orang sekitar menjadi tak terlalu baik karena tak banyak orang yang bisa mengerti jalan pikirannya.

Advertisement

Kata “kreatif” tidak hanya untuk mereka yang bisa menggambar, menulis, atau membuat lagu. Jika kamu mampu berpikir dari sisi yang berbeda, kamu sudah termasuk salah satunya.

Orang dengan jiwa kreatif seringkali merasa tersisihkan atau tak pernah dimengerti. Ini karena cara berpikir mereka yang seringkali tidak sama dengan pola pikir orang kebanyakan. Itulah mengapa mereka dikatakan orang dengan jiwa kreatif. Mereka selalu menemukan jalan alternatif lain dalam hidup mereka sehingga orang biasa tak akan pernah berpikir sampai ke sana. Dan Hipwee punya jawaban atas segala rasa ingin tahumu kenapa orang-orang yang kreatif cenderung susah dimengerti.

Orang dengan jiwa kreatif tidak memiliki cara pemikiran yang sama seperti orang kebanyakan, sehingga kadang kita sulit memahami mereka.

Orang kreatif punya cara pandangnya sendiri

Orang kreatif punya cara pandangnya sendiri via www.lifehack.org

Dunia ini penuh dengan banyak hal menarik. Bersama dengan orang kreatif, mungkin kamu akan lebih berhadapan dengan segala sesuatu yang jarang terpikirkan olehmu. Suatu hari mungkin kamu akan ditanya soal pendapatmu mengenai angkasa luar, dan di lain hari mungkin kamu akan diajak berbicara soal pepohonan dan alam. Pemikirannya yang tak terduga seringkali membuatmu berdecak kagum.

Advertisement

“Kenapa sih kamu bisa kepikiran kayak gitu?”

Bersama orang kreatif, kamu tak akan kehabisan bahan pembicaraan. Karena segala sesuatu bisa langsung menjadi topik bahasan yang layak untuk diperbincangkan. Jadi jangan bingung ya jika kadang mereka bertingkah aneh, itu karena mereka memang aneh. Aneh dalam artian unik, dan keunikan itulah yang membuat mereka tertarik dengan bagaimana sesuatu bisa berjalan dan mengapa demikian. Keingintahuan yang mereka miliki membuat mereka menjadi gila untuk berlajar dan mencari hal-hal baru yang bisa membuat mereka tertantang untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Mereka menganggap semua bentuk karya seni adalah barang berharga, sudah selayaknya diperlakukan dengan hormat dan penuh respek.

Karya seni seperti bayi

Karya seni seperti bayi via nneondreams.blogspot.com

Penting untuk menghargai semua hasil karyanya jika kamu ingin mendekati seorang kreatif. Jika kamu memiliki kesulitan untuk memahami, pasti kamu akan mendapat penjelasan tentang hal itu. Jangan mencoba untuk berdebat mengenai sebuah karya seni dengannya karena mereka tidak akan mendengarkan pendapatmu. Bersama seorang kreatif kamu akan sering diajak ke berbagai acara seni seperti konser, pameran lukisan, atau sebuah perayaan sekaten misalnya. Kamu tak akan pernah bosan untuk bersama dengan seseorang yang kreatif, yang kamu butuhkan hanya pengertian seluas mungkin terhadap cara berpikirnya yang unik.

Masalah cinta bisa membuat siapa saja menjadi tergila-gila, termasuk orang dengan imajinasi dan kreativitas yang luar biasa.

kkk

Head over hills via syjeqr.wordpress.com

Orang imajinatif dan kreatif biasanya tetap menjaga kaki mereka tetap di tanah, namun jika mereka telah jatuh cinta, kaki – bahkan tubuh mereka bisa melayang di udara. Karena pikiran mereka diisi oleh begitu banyak hal, siapkan dirimu untuk menghadapi sikapnya yang membingungkan.

Jangan heran jika suatu hari ia datang kepadamu dengan sekuntum mawar, dan di lain hari ia bersikap dingin dan jarang mengajakmu berbicara. See? Orang kreatif bisa menjadi romantis dan cuek dalam waktu singkat.

Perasaan mereka yang rumit seringkali diungkapkan dengan cara yang berbeda pula. Dan orang kreatif seringkali menggunakan kata-kata implisit hanya untuk sekedar memberitahumu bahwa kamu nampak cantik akhir-akhir ini.

ssssss

Ungkapan yang berbeda via www.web-lady.com

Berbicara tentang perasaan, orang kreatif cenderung untuk mengekspresikannya melalui berbagai cara selain bicara langsung pada intinya. Jika mereka membicarakan sebuah hal, mereka akan dengan sukarela untuk menghabiskan waktunya denganmu menjelaskan berbagai hal yang belum kamu ketahui hanya untuk memberitahumu bahwa kamu berarti untuknya.

Tinggal di dunianya sendiri kadang membuatmu merasa jengkel dengan karakternya yang berbelit-belit. Namun percayalah itu adalah salah satu hal yang akan kamu rindukan ketika tak sedang bersama. Sulit untuk mengetahui bagaimana suasana hati orang kreatif saat itu karena mereka bisa berubah-ubah sesuai kondisi yang dijalani. Jika sedang merasa tidak terinspirasi, mereka akan menyendiri seperti seorang introvert, namun jika sedang merasa bahagia, mereka akan bertingkah gembira layaknya seorang ekstrovert.

Bagi orang kreatif, peraturan hanyalah sebuah peraturan. Mematuhinya mungkin tidak ada dalam kamus mereka. Namun mereka juga mampu mengerti saat dimana mereka harus taat. Sungguh, mereka sangat mampu ‘menempatkan diri’.

Tahu kapan peraturan harus 'dilanggar'

Tahu kapan peraturan harus ‘dilanggar’ via lockerdome.com

Jangan kaget jika suatu saat kamu akan menemukan seorang kreatif melanggar peraturan-peraturan yang ada. They’re little rebel. Mencoret-coret meja kerja meskipun mereka tahu itu bukan miliknya, atau datang ke kantor dengan sedikit terlambat mungkin akan menjadi agenda harian, namun mereka tahu kapan harus menempatkan diri jika situasi memang sedang harus serius.

Namun sebenarnya mereka tetaplah manusia biasa yang tidak ingin dilupakan dan ingin dicintai layaknya orang normal pada umumnya.

Orang kreatif juga ingin dicintai apa adanya

Orang kreatif juga ingin dicintai apa adanya via www.telegraph.co.uk

Tak peduli apa yang sedang mereka lakukan, selalu ada sesuatu yang menggelitik mereka untuk mengeksplor lebih jauh dan lebih dalam. Jadi jika suatu saat kamu jatuh hati dengan seorang fotografer, seorang musisi puitis, atau seorang pelukis nyentrik, kamu akan tahu bahwa kamu akan menjalani hari-hari yang menyenangkan.

Meskipun mereka memang percaya diri dan menyenangkan, seorang kreatif tetaplah manusia biasa. Dan mereka perlu seseorang yang akan menjaganya, membuat mereka merasa dicintai dan dihargai, serta menginspirasi mereka untuk melakukan hal hebat dalam hidup. Bukankah kehadiran orang kreatif sedikit banyak ikut membuat dunia menjadi lebih indah?

Mungkin mereka sulit untuk dimengerti, namun dengan sedikit kesabaran maka semua akan menjadi lebih mudah. Karena semua orang unik dengan caranya sendiri – cara yang bahkan mungkin akan lama kamu sadari. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya