Bangun di pagi hari untuk kemudian melanjutkan aktivitas sering jadi momok bagi banyak orang. Malas, capek, rasa masih ingin tidur, sampai enggan berangkat karena masih punya tanggungan tugas yang belum selesai bisa jadi alasannya. Namun sebenarnya bukan hanya alasan-alasan tersebut yang membuat kita dilanda rasa malas. Sumbernya ada jauh di dalam di dasar diri — pada bagaimana kita bisa memaknai hari.

Kali ini Hipwee akan memberikan beberapa siasat agar kamu bisa melihat berbagai hal dalam harimu dari sudut pandang yang lebih positif. Penasaran bagaimana cara agar hidupmu terasa lebih bahagia setiap kamu bangun pagi? Simak penjabaran Hipwee berikut ini yuk!

1. Demi hari yang lebih panjang dan berkualitas kamu wajib bangun 2 jam lebih awal dari waktumu berangkat

bangun lebih pagi setiap hari

bangun lebih pagi setiap hari via www.womenshealthmag.com

Advertisement

Pada malam hari sebelum kamu berangkat tidur, atur alarmmu 2 jam lebih awal dari waktu kamu berangkat bekerja. Jika kamu biasa berangkat pada pukul 08.00 maka kamu bisa mengaturnya untuk berdering pada pukul 06.00. Semakin pagi kamu bangun, maka semakin segar udara yang kamu hirup. Bangun pagi juga memberikanmu banyak waktu untuk bersiap sebelum kamu berangkat beraktivitas. Hal ini bisa membuatmu tetap santai dan tidak terburu-buru.

Kebiasaan bangun pagi juga bisa membuatmu lebih siap dalam menghadapi hari. Tak hanya membuatmu merasa punya hari yang lebih panjang, bangun pagi juga memunculkan semangat untuk menuntaskan banyak hal di hari tersebut.

2. Ucapkan syukur setiap kali bangun pagi, karena kamu masih diberi anugerah untuk hidup dan bernafas hari ini

Selalu ucapkan syukur

Selalu ucapkan syukur via pixgood.com

Setiap kali matamu terbuka di pagi hari selalu ucapkan syukur dan terimakasih. Ucapkanlah kata syukur karena kamu masih diberi kesempatan untuk melewati hari yang baru. Kamu masih bisa melihat matahari pagi dan menghirup udara dalam-dalam hari ini. Kebiasaan bersyukur kepada Sang Pemberi Hidup di pagi hari akan membuatmu selalu berpikir positif dan mampu memotovasi diri untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang berharga di hari yang sudah dianugerahkan padamu untuk dijalani.

3. Jangan langsung mandi setelah bangun. Lakukan dulu pemanasan ringan sebelum beranjak dari peraduan

pemanasan ringan

pemanasan ringan via www.finerminds.com

Advertisement

Melakukan pemanasan atau peregangan ringan di pagi hari juga mampu membuatmu merasa lebih segar dan bertenaga. Sesaat setelah kamu membuka mata jangan langsung beranjak untuk bangun dari tempat tidur, karena hal ini dapat membuatmu pusing dan merasa tidak fit. Saat pertama kali membuka mata, lakukan peregangan ringan seperti gerakan mengibas-ngibaskan pergelangan tangan.

Setelah tangan cukup lemas, kamu bisa perlahan-lahan duduk di kasur dan melakukan peregangan pada leher dan lengan tangan. Setelah merasa segar dan kesadaranmu sudah kembali sepenuhnya, kamu bisa beranjak dari kasur dan melakukan peregangan ringan pada pinggul dan kaki. Gerakan sederhana di pagi hari ini dijamin efektif untuk membuatmu segar seharian.

4. Setelah mandi pagi, minum segelas teh atau secangkir lemon hangat bisa membangkitkan semangat

segelas teh hangat atau secangkir lemon hangat

segelas teh hangat atau secangkir lemon hangat via drastic-plastic-fantastic-plastic.blogspot.com

Setelah mandi pagi, kamu bisa membuat segelas teh hangat atau secangkir lemon hangat. Perpaduan antara irisan lemon yang diseduh menggunakan air hangat akan memberikan vitamin dan energi yang diperlukan bagi tubuhmu. Lemon kaya akan kandungan vitamin C, berguna untuk membuang racun dalam tubuh lewat air kencing serta bisa juga menambah kadar oksigen dalam darah sehingga mampu membuatmu lebih segar. Oleh sebab itu, minuman ini baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu agar tetap fit dan segar di pagi hari.

Tapi bagi kamu yang memiliki penyakit maag, mungkin kamu bisa mengganti secangkir lemon hangat dengan segelas black tea hangat. Teh hitam ini memang baik dikonsumsi di pagi hari. Aromanya yang kuat bisa mencegah kantuk kembali datang menyergap dan membuatmu bersemangat menghadapi hari. Kandungan zat myricetin, kaempfrol, dan  flavonoid quercetin mampu mengurangi stress dan mencegah kerusakan pembuluh darah.

5. Sisipkan pelantang telinga yang memutar lagu-lagu ceria. Dengan cara ini mood mu bisa berubah jadi lebih bahagia

musik ceria di pagi hari

musik ceria di pagi hari via www.huffingtonpost.com

Sembari menghabiskan secangkir tehmu, kamu bisa memutar musik yang ceria di playlist. Banyak lagu-lagu bernuansa ceria dengan aransemen yang unik dan bisa memberikan suntikan semangat padamu. Mulai dari lagu lawasnya Ran yang bertajuk Selamat Pagi hingga lagu kekinian dari Pharrell Williams yang berjudul Happy mampu membuatmu diliputi oleh aura positif. Membangkitkan mood positif di pagi hari sangat penting untuk menjaga mood baikmu seharian ini.

6. Agar pekerjaanmu terorganisir buatlah daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini

buat daftar kegiatanmu

buat daftar kegiatanmu via bipolarhotmess.com

Di saat kamu menyesap teh hangatmu di pagi hari sambil mendengarkan musik ceria, kamu bisa membuat daftar aktivitas yang harus kamu selesaikan di hari ini. Terbiasa teratur menulis jadwal kegiatan setiap hari akan membuat hidupmu lebih teratur dan menjagamu tetap berada di jalur yang tepat. Kamu akan punya target dan prioritas yang harus kamu kerjakan di hari itu. Jadwal yang kamu buat juga sangat bermanfaat untuk membuatmu mengingat hal penting apa yang harus kamu lakukan hari ini.

7. Setiap rasa malas melanda, pikirkan lagi: “Apa yang jadi tujuan utamaku selama ini? Pantaskah jika aku menyerah sekarang?”

Ingat kembali apa motivasi awalmu

Ingat kembali apa motivasi awalmu via mkalty.org

Ketika moodmu yang sudah terbangun baik tiba-tiba rusak karena kamu teringat akan hal yang tidak mengenakkan, misalnya saja malas ke kantor karena harus bertemu dengan atasan yang menyebalkan, mungkin kamu bisa mengingat kembali apa motivasimu dalam bekerja. Selain mencari uang dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, pasti kamu memiliki tujuan lain dalam bekerja. Semisal saja kamu berencana menikah di usia muda dan ingin segera mencicil rumah dan mobil.

Wajah bangga orang tuamu ketika kamu bisa naik jabatan dan sukses dalam bidang yang kamu geluti saat ini juga bisa menjadi cambuk bagimu untuk selalu semangat dalam bekerja setiap harinya.

8. Hirup udara segar pagi hari banyak-banyak dan nikmati pemandangan selama perjalanan ke tempat kerja. Niscaya semangatmu akan terpompa

nikmati pemandangan selama perjalanan ke tempat kerja

nikmati pemandangan selama perjalanan ke tempat kerja via www.huffingtonpost.com

Keuntungan dari bangun pagi adalah kamu punya cukup waktu sebelum berangkat ke kantor. Kamu pun bisa menyiapkan segalanya dengan santai dan tidak perlu terburu-buru termasuk berangkat ke tempat kerja di pagi hari. Hirup udara pagi dalam-dalam dan nikmati perjalananmu ke kantor. Tetaplah bersabar dalam menghadapi macet jalanan dan hindari sering-sering memencet klakson.

9. Tersenyumlah dan ucapkan salam selamat pagi kepada setiap orang yang kamu temui

Tersenyumlah dan sapa setiap orang

Tersenyumlah dan sapa setiap orang via tinybuddha.com

Tersenyumlah dan sapa setiap orang yang kamu temui di kantor. Sebarkan aura positifmu kepada semua orang yang kamu temui di hari itu. Ucapkan selamat pagi dengan nada riang dan bumbui dengan senyuman hangat. Hal ini tidak hanya akan membuat orang lain tersenyum, tetapi hatimupun akan merasa lega dan gembira karena telah sukses menyebarkan semangat pagi pada orang lain.

10. Setiap hal yang kurang menyenangkan datang, jangan cepat menggerutu. Tertawakan saja dulu masalahmu. Karena hidup kadang selucu itu

Ubah sudut pandangmu

Ubah sudut pandangmu via colorfully.eu

Supaya mood baikmu di pagi hari tetap terjaga seharian, kamu bisa selalu melihat berbagai hal dari kacamata positif. Hal ini akan membantumu tetap merasa ringan dan bahagia untuk menjalani sisa harimu.

Saat laporan pekerjaanmu terkena banyak revisi, jangan cepat mengeluh. Tertawakan saja kebodohanmu karena mengerjakan sesuatu dengan tidak teliti. Ketika nilai kuismu di kampus ternyata tidak sesuai harapan, tertawa saja dulu. Ingat lagi bagaimana kamu belajar keras sampai tidak tidur tapi akhirnya tetap gagal dalam kuis.

Hidup memang kadang selucu itu. Daripada sibuk mengeluh dan menyalahkan orang lain, tertawakan saja masalahmu. Kemudian cari jalan keluar sebagai solusinya. Dijamin deh, dengan cara ini langkahmu akan terasa lebih ringan.

Jadi, masih mau bermalas-malasan dan merasa tidak bahagia setiap kali bangun pagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya