5 Alasan Pandemi Bisa Jadi Momentum Refleksi dan Menata Hidup Kembali. Hari yang Cerah Sudah Menanti

menata hidup setelah pandemi

Nggak ada yang menyangka pandemi sampai berlarut-larut seperti ini. Mau mengeluh sudah bukan waktunya lagi. Sekarang waktunya untuk ikhlas menerima dan merespon keadaan. Pandemi Corona bukan akhir dunia, masih banyak yang bisa kita lakukan meski dalam keterbatasan.

Advertisement

Masalah seharusnya mendewasakan manusia. Sudah seharusnya kita mengambil hikmah dari pandemi ini. Banyak hal yang bisa kita syukuri. Salah satunya kita jadi punya waktu untuk refleksi diri sejak disuruh bekerja dari rumah. Corona juga mengajarkan kita untuk disiplin menjaga diri dan merespon akses ruang yang terbatas. Sebuah bekal yang harusnya cukup untuk menata ulang hidup sekali lagi.

1. Kamu yang sebelumnya cuek terhadap kebersihan harus jadi lebih peduli, demi masa depan yang sehat nanti

Jaga kebersihan via www.bola.net

Sejatinya kita sudah tahu manfaat cuci tangan, pakai masker, dan cara batuk yang benar dari dulu, namun kita abai untuk melakukannya. Sejak pandemi, kita seperti diingatkan oleh Corona akan pentingnya melakukan hal-hal tersebut. Inilah yang disebut refleksi diri. Semoga setelah ini kita jadi pribadi yang lebih peduli lagi terhadap kebersihan agar senantiasan diberi kesehatan.

2. Corona mengingatkan kita akan penting menghargai waktu dan kehadiran. Semoga di masa depan kita nggak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang diberikan Tuhan

Hargai waktu dan pertemuan via www.unsplash.com

Banyak kerinduan yang kita rasakan saat swakarantina. Mulai dari rindu kekasih, teman, rindu makan di luar, ngantor, jalan-jalan, dan banyak hal lain. Kondisi pandemi ini membuat pertemuan dan kehadiran menjadi berharga. Sesuatu yang sebelumnya sering kita sia-siakan. Semoga kita semua diberi kesehatan dan kesempatan dari Tuhan untuk merasakan kenikmatan saat berada dalam momen-momen itu lagi.

3. Jangan bersedih untukmu yang baru saja ‘dirumahkan’. Masih banyak kesempatan buat kamu yang punya banyak kemampuan

Masih banyak kesempatan via www.unsplash.com

Pandemi bikin banyak orang kehilangan pekerjaan. Sedih memang, tapi jangan sekali-kali menganggap ini adalah akhir dari segalanya. Di luar sana pasti masih banyak perusahaan yang membutuhkan kamu. Senggangnya waktu di saat pandemi ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasah lagi keterampilan sembari memantapkan CV untuk melamar pekerjaan yang baru.

4. Banyak hal baru yang sudah kamu lakukan. Ini modal yang sangat penting untuk menatap masa depan

Nggak ada yang sia-sia via foto.kompas.com

Di masa pandemi ini orang sibuk melakukan hal-hal yang baru. Salah satunya adalah kamu. Memanfaatkan waktu senggang dengan melakukan hal positif semacam ini penting buat kemajuan hidup. Kala semuanya sudah baik-baik saja, kemampuan barumu pasti akan ada gunanya. Nggak melulu buat kerja, tapi juga untuk melangsungkan kebutuhan hidup lainnya.

5. Sudah terlalu lama kamu berdiam diri di rumah. Rebahan harus diakhiri dengan semangat perubahan

Advertisement

Yuk mulai semangat lagi | Photo by Andrew Neel via www.pexels.com

Rebahan sempat dimaklumi menjadi aktivitas yang penting dan krusial. Sebuah langkah untuk mencegah penularan corona semakin masif. Lebih dari 3 bulan berlalu, masa kamu mau rebahan gitu aja? Sudahi kontemplasimu dengan memupuk semangat untuk bangkit. Ide-ide di kepala jangan disia-siakan, segera realisasikan!

Ada pelangi setelah hujan badai. Percayalah akan ada masa depan yang cerah setelah pandemi yang berlarut-larut ini. Siapkan diri sebaik mungkin agar saat Corona berakhir nanti kamu sudah siap untuk memulai hidup kembali.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE