Mencatat Perubahan Suasana Hati dengan Mood Tracker, Menuju Kualitas Mental Lebih Baik

mood tracker

Pernah nggak kamu memulai hari dengan suasana hati yang buruk? Misalnya, gara-gara jaringan internet lemot, kamu terlambat masuk kelas online atau panik gara-gara kerjaan udah mepet deadline. Kemudian, perasaanmu berangsur membaik menjelang siang. Penyebabnya, barang yang kamu beli dari marketplace sudah tiba. Suasana hatimu pun berubah jadi bahagia.

Perubahan mood (suasana hati) tersebut wajar. Sebagai manusia, kita bisa merasakan beragam emosi dan perubahan suasana hati bila dihadapkan pada kondisi tertentu. Meski wajar, perubahan mood bisa berbahaya, lo. Salah satu tandanya adalah perubahan mood yang cepat, ekstrem, dan terus berulang dalam waktu lama. Fenomena ini akrab disebut mood swing.

Perubahan mood yang nggak normal bisa jadi sinyal kalau kesehatan mentalmu sedang nggak baik-baik saja. Kalau nggak aware dengan perubahan ini, kemungkinan kamu nggak sadar mana perubahan mood yang normal dan tidak. Fatalnya nih, kamu bisa saja nggak tahu kalau telah terjebak masalah mental seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Kamu nggak mau, kan, mengalami hal itu?

Tenang… Menyadari perubahan mood, apalagi memahaminya memang bukan hal yang gampang. Namun, bukan berarti nggak bisa. Pernahkah kamu mendengar mood tracker? Itu lo, pelacak suasana hati untuk mencatat dan memahami perubahan yang terjadi. Bentuk mood tracker yang beragam ternyata makin mudah digunakan sehari-hari. Salah satunya, Hipwee Premium kasih gratis di artikel ini!

ADVERTISEMENT

Bukan sekadar mencatat perubahan mood yang terjadi, ada manfaat luar biasa dari kegiatan ini

Mencatat Perubahan Suasana Hati dengan Mood Tracker, Menuju Kualitas Mental Lebih Baik

Perubahan suasana hati | Photo by Wikimedia

Sebagian besar orang masih asing dengan mood tracker. Alat pelacak suasana hati ini dipakai untuk mencatat perubahan mood secara berkala. Menukil Very Well Mind, mood tracker didesain untuk membantu penggunanya mencari pola perubahan mood dari waktu ke waktu dalam situasi dan keadaan yang berbeda.

Mengapa sih kamu harus peduli dengan perubahan mood?

Alasannya cukup simpel, yakni perubahan suasana hati bisa memengaruhi cara seseorang berpikir. Nah, cara berpikir ini berpengaruh pada tindakan yang diambil seseorang. Bayangkan apa yang terjadi bila kamu mengabaikan segala perubahan mood sampai nggak sadar kalau sudah dibatas normal. Ya, kemungkinan besar kamu akan mengambil banyak keputusan dan pilihan hidup yang kurang tepat.

Dikutip dari Positive Psychology, mood tracker bisa jadi solusi untuk mendeteksi perubahan mood yang nggak normal. Sebelum berujung pada depresi, kecemasan, atau gangguan mental lain,  kamu sudah bisa mengantisipasi dan menanganinya. Selain itu, mood tracker dapat membantumu dalam banyak hal, seperti:

  • Mengindetifikasi pemicu perubahan suasana hati, baik internal maupun eksternal
  • Memahami faktor-faktor yang memengaruhi suasana hati
  • Membantu mengatasi suasana hati dengan koping yang nggak berdampak negatif
  • Menemukan pola perubahan suasana hati
  • Menentukan cara yang tepat untuk mengatasi perubahan suasana hati

Setelah tahu pentingnya mood tracker dan menilik sedikit manfaatnya, masihkah kamu ragu menggunakannya? Sayang banget kalau sampai melewatkan alat ini, apalagi banyak jenis mood tracker yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantongmu.

ADVERTISEMENT

Bermacam-macam mood tracker ini bikin kamu lihai menyadari plus memahami perubahan suasana hati, dari yang sederhana dengan ongkos murah sampai yang kompleks dan berbayar

Seperti yang sudah disinggung sbeelumnya nih, mood tracker terbagi menjadi beberapa ragam. Mulai dari mood tracker yang konvensional dengan menulis tangan sampai yang canggih berupa aplikasi. Kamu tinggal pilih jenis mood tracker yang paling nyaman digunakan. Yuk, simak satu per satu jenisnya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini