Keindahan paras memang seringkali menjadi salah satu hal yang pertama kali dinilai dalam memandang seseorang, suatu pernyataan jangan menilai dari covernya saja memang ada benarnya. Karena apa yang indah dilihat mata belum tentu indah di hati. Kamu juga tak boleh lupa bahwa penilaian orang tentangmu semata-mata bukan hanya dari keindahan fisik, tapi juga dari perilaku dan sifatmu.

Jangan karena rasa minder terhadap teman-temanmu yang lebih cantik mendominasimu, membuatmu lupa tentang bagaimana caranya bersyukur dan selalu merasa rendah diri, kamu perlu tau alasannya kenapa kamu nggak boleh merasa layaknya remahan rempeyek saat berada diantara teman-temanmu yang cantik.

1. Berhenti memandang perempuan lain sebagai saingan, sebab hidupmu bukan kompetisi, apalagi itu persoalan fisik

Gausah saingan deh, emang lagi balap karung apa?

Advertisement

Kamu tidak sedang dalam kompetisi, jadi kamu tidak perlu merasa tersaingi dengan teman-temanmu yang lebih cantik dan populer. Karena belum tentu juga hidup mereka semenyenangkan hidupmu. Nggak perlu ikut-ikutan agar terlihat sama cantiknya, tapi kamu sendiri belum tentu nyaman.

Jangan terobsesi pada kecantikan fisik. Kamu tak harus putih dan langsing dan memenuhi serangkaian kriteria untuk menjadi cantik, cantik itu bonus, yang penting adalah bagaimana kamu bisa senyaman mungkin dan bersyukur dengan hidupmu.

2. Daripada terobsesi cantik, perdulikan saja kesehatan dan kebersihan dirimu serta lingkunganmu sendiri

Yang penting sehat via Www.pexels.com

Kalau kamu memang tidak serupawan teman-temanmu, mengapa tak berusaha menjadi perempuan yang sehat, bersih dan rapih? Ketiga hal tersebut juga merupakan bagian dari kata cantik itu sendiri, lho. Menjaga kesehatan tubuh, agar kondisimu tetap kuat dalam berbagai kondisi dan nggak gampang sakit justru lebih baik ketimbang hanya fokus untuk cantik, tapi lemah dan gampang sakit.

Advertisement

Jiwa yang sehat akan menciptakan pribadi yang bahagia, dan pribadi yang bahagia akan membuatmu menjadi perempuan yang mudah bersyukur. Menjaga kebersihan dan kerapihan dirimu serta lingkunganmu sendiri juga bisa kamu terapkan kok untuk jadi pribadi yang menarik tanpa harus rupawan.

3. Coba mengenali dirimu sendiri, menerima kekurangan diri dan mengasah kelebihan yang kamu punya

Kenali dirimu sendiri via Www.pexels.com

Semut di ujung pulau terlihat, gajah di pelupuk mata tak terlihat.

Dari pada kamu sibuk terus-terusan minder dan merasa layaknya remahan wafer, lebih baik kamu berkaca pada dirimu sendiri. Hal paling sederhana untuk dilakukan adalah menerima dirimu sendiri, jangan fokus mengutuki kekuranganmu sampai kamu lupa bahwa ternyata kamu punya kelebihan yang bisa jadi power kamu buat lebih percaya diri.

Rubah mindset kamu, bahwa manusia di dunia ini memang tidak akan pernah puas bahkan yang sudah hampir sempurna aja masih bisa minder dan nggak bersyukur. Di atas langit masih ada langit. Kalau kamu lihat ke atas terus nggak akan ada habisnya, karena yang lebih cantik akan selalu ada. Ini waktunya kamu bersyukur.

4. Jangan nyinyir karena iri, lebih baik kamu ikut berikan dukungan dan pujian buat temanmu yang cantik-cantik itu

Gausah nyinyir ah, mendingan ambil positifnya. via Www.pexels.com

Cemburu dengan keberhasilan temanmu yang cantik dan populer hanya bikin kamu semakin keliatan nggak cantik, sebuah perkataan klasik yang menyatakan bahwa cantik itu bukan hanya paras tapi juga harus dari hati. Kalau memang kamu tak rupawan, terus kamu mau jadi orang yang sirik dan nyinyir? Girls, sirik nggak akan membuat diri kamu lebih baik.

Alih-alih jadi nyinyir karena sirik, lebih baik kamu ikut mendukung teman-temanmu yang cantik dalam menggapai pencapaiannya dan ambil hal-hal positif dari mereka. Misalnya, kamu jadi bisa belajar dandan dari mereka, lho.

5. Kelilingi dirimu sendiri dengan teman-teman yang positif dan juga mendukungmu tanpa peduli soal fisik

Kelilingi dirimu dengan teman-teman yang positif via Www.pexels.com

Bergaulah dengan orang orang yang beraura positif, semangat, humoris, optimis, pantang mengeluh dan enerjik karena mereka dapat menularkan semangatnya ke kamu juga. Biar nggak terus-terusan minder dan ngerasa “aku mah apa atuh”. Yakinlah, mereka juga akan mendukungmu dan pastinya mereka juga siap menjadi bagian keberhasilanmu.

Karena teman yang positif mempengaruhi keproduktifanmu juga. Kamu seakan punya motivasi untuk mengembangkan potensi dirimu sendiri, karena hal itu perlahan akan membuka matamu bahwa minderan hanya akan menghambat kamu untuk berkembang. Semangat, girls!

6. Tetap percaya diri dan tegakan kepalamu. Ingatlah, kamu juga cantik dengan caramu

Bangga jadi diri sendiri via Www.pexels.com

Setelah pikiranmu berkembang dan mindsetmu tak lagi kuno, rasa minder akan sekejap sirna darimu. Hanya kamu yang paham dan mengenal dirimu sendiri, yakin dengan kelebihanmu dan jadikan senjata ampuh untuk menjadi pribadi yang menarik. Hanya kamu yang bisa mengendalikan rasa minder kamu, dan lingkungan hanya berperan sebagai pendukung, sepenuhnya kendali tetap ada di kamu.

Menerima kekuranganmu dengan baik dan angkatlah kepalamu, banggalah dengan dirimu yang apa adanya. Kecantikan yang kamu punya mungkin tak dari parasmu yang rupawan, tapi dari pribadi yang positif. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjadi teman kesayangan teman-temanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya