Setiap orang mungkin pandai menghakimi dan menyalahkan. Mungkin akan terlihat mudah untuk menilai dan menyalahkan tapi satu perlu diketahui tidak mudah untuk mencari sebuah solusi dari sebuah kesulitan.

Aku hanya butuh dukungan dan sandaran bukan penghakiman. Aku yakin semua orang juga tidak akan mau berada di lembah hitam. Semua orang pasti mau untuk keluar dari lubang itu. Hanya saja semua butuh proses, semua butuh sebuah perjuangan. Tapi terkadang orang lupa, meraka hanya menilai apa yang dilihat mata, ketika orang itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan orang pada umumnya maka dia akan dicap sebagai orang yang bersalah dan akan dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Advertisement

Aku juga berjuang, tapi aku bukan tipe orang yang berjuang dengan mengumbarnya, mungkin aku terlihat diam, tapi tidak ada yang tahu apa yang sedang aku hadapi dan alami, karena aku bukan tipe orang yang mudah bercerita pada orang lain. Lagipula menurutku, aku tidak mau orang lain juga ikut bersedih dan menanggung kesalahanku.

Dulu saat aku berjalan sendiri mungkin memang terasa berat, tapi kini saat aku menemukanmu aku bahagia, tapi saat kau tahu betapa kerasnya hidup dengan segala permasalahanku, aku tidak tahu apakah mungkin kau akan bertahan. Seandainya pun tidak aku bisa berkata apa, aku tidak punya janji yang muluk. Aku hanya mampu berkata bahwa aku sedang berjuang untuk berdamai dengan diri ku sendiri dan aku sedang berjuang untuk memperbaiki kesalahanku, hanya itu yg saat ini bisa kulakukan.

Mungkin kata maaf yg ku ucapkan sudah tak lagi berharga dihadapanmu, Mungkin kau jengah atau kau lelah, aku paham, aku mengerti. Aku tidak menyalahkanmu, aku bisa memahamimu. Saat aku mengucap maaf tapi tidak ada jawab darimu, aku mengerti, oleh sebab itu aku memilih diam dari pada aku menyakitimu lebih lagi. Karena aku tidak mau menyakiti orang yang aku kasihi. Lebih baik aku saja yang sakit dari pada banyak orang yang terluka hanya karena kesalahanku.

Advertisement

Hanya dalam hening malam aku bisa mencoba berdamai dengan diriku sendiri. Terkadang bukan berarti diam adalah hal yang benar tapi paling tidak dengan diam aku sedang berusaha untuk tidak menyakiti orang lain terutama orang yang aku kasihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya