Karena Manis dan Pahitnya Masa Lalu Adalah Sebuah Pembelajaran yang Membentuk Kita Sampai di Titik Ini

masa lalu adalah pembelajaran

Semua orang pasti mempunyai masa lalu entah itu baik dan buruknya. Masa lalu mempunyai pengalaman dalam membentuk mental, kepribadian, serta pola pikir dari seseorang. Sebuah masa lalu bukan berarti harus dilupakan. Seiring jalannya waktu masa lalu akan terkubur dengan segala moment-moment baru yang ada di pikiran kita sehingga membuat masa lalu itu hilang.

Advertisement


Masa lalu meiliki caranya tersendiri yang mungkin tidak sejalan dengan masa kini, sehingga tidak perlu selalu membawa masa laluĀ di kehidupan sekarang.


Jika kita sering membawa masa lalu ke masa sekarang tandanya kita belum benar-benar lepas dari masa lalu kita. Banyak orang yang tidak sadar membawa masa lalu ke masa kini akan menimbulkan masalah untuk masa depan. Kita jadi tidak bisa berpikir dan selalu terjebak dalam masa lalu itu. Namun, sebagian orang ada yang memilih tetap membawa masa lalunya dan ada juga yang memilih untuk melupakan. Manis dan pahitnya masa lalu adalah sebuah karakter yang dapat membentuk kita sampai di titik ini.

Singkat cerita saya mepunyai masa lalu yang bisa dikatakan buruk. Masa lalu itu selalu saja muncul diingatan saya sehingga membuat saya sering menyalahkan diri sendiri dan merasa terjebak dalam masa lalu. Setelah sekian lama terjebak dalam masa lalu, saya mulai berpikir dan bangkit dari keterburukan itu dan menjalankan hidup dengan suatu hal yang menarik.

MungkinĀ memang berat saat kita harus bangkit dari masa lalu yang begitu buruk, tetapi itu semua merupakan pelajaran untuk menjalankan kehidupan ke depannya. Kita bisa mengubah segala sesuatu yang buruk di masa lalu menjadi sesuatu yang baik di masa depan.


Belajarlah berdamai dengan masa lalumu, jangan jadikan diri sendiri sebagai orang yang tidak bisa terlepas dari masa lalunya.


Advertisement

Begitu banyak cara yang saya lakukan agar tidak selalu mengingat tentang masa lalu. Saya mencoba untuk berfikir positif, terlalu lama terjebak dalam masa lalu membuat saya sering memikirkan hal-hal berbau negatif sehingga membuat kehidupan saya sehari-harinya tidak berwarna dan selalu dihantui dengan rasa takut akan sesuatu. Tetapi setelah saya membuka pikiran saya mengenai suau hal yang positif semua itu merubah segalanya dimana kehidupan saya serasa lebih berguna dan bewarna, maka mulailah untuk berpikir positif tentang masa depan.Ā 

Menjadikan masa lalu sebuah motivasi untuk masa depan, setiap masalah pasti memiliki sisi negatif dan positifnya apa pun itu. Sejak saya mengalami masa lalu yang buruk saya mulai mengubah diri untuk masa depan dan belajar memahami apa saja yang harus saya lakukan dimasa depan dan menjadikan masa lalu saya sebuah motivasi untuk merubah diri dan pola pikir. Hal terakhir yang saya lakukan mencoba untuk mengeksplorasi kebahagian yang dimiliki.Ā Memulai suatu kegiatan yang bisa membuat diri bahagia tanpa adanya rasa takut yang meghantui. Masa lalu bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebuah pembelajaran untuk kita agar bisa memperbaiki kesalahan, cara menyelesaikannya, dan membuat kita lebih dalam mengenali diri sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE