Membaca judulnya, pasti kalian akan bernyanyi, yah bukannya promosi, tapi nada yang diciptakan oleh band 4.20 sangat melekat bagi yang mendengarkan lagunya. Tapi disini, saya bukan akan mengulas soal lagunya, tapi saya akan membahas bagaimana semestinya kita dalam bekerja. Saya pernah membaca suatu kutipan dimana semua pekerjaan adalah mulia, ya benar, semua pekerjaan yang benar dalam artian tidak merugikan orang lain, merampok misalnya, mencuri, atau memalak orang lewat.

Yap! Pekerjaan yang kita dapat harusnya kita syukuri, kita bisa bekerja dan bisa menerima upah dari hasil kerja kita, itu seharusnya adalah kebanggan tersendiri bagi kalian. Karena kalian melakukan hal yang benar dan hal tersebut juga bermanfaat bagi kalian maupun orang lain. Jangan berhenti bekerja dan belajar, dua hal itu yang akan menjadi pegangan kalian sampai tua.

Advertisement

Soal seberapa besar hasil yang didapatkan, kita harus bersyukur atas itu semua. Mungkin di luar sana banyak orang yang bekerja, hasilnya tak seberapa, jauh lebih sedikit dari yang kalian dapatkan. Kalau kalian berpikir sebaliknya, di luar sana ada banyak orang yang berpenghasilan jauh lebih banyak daripadamu, kalian harus sadar semua itu pasti tidak langsung didapatkan dari lahir. Hal tersebut berlaku kecuali terkait dengan keluarga Geledek yang merajai Youtube dengan click bait hehe, maka jangan iri karena setiap kesuksesan pasti diiringi dengan usaha yang tekun dan berani.

Soal pekerjaan yang kalian jalani tidak sesuai dengan keinginan kalian, tolong ingatlah lagu yang liriknya dipakai untuk judul artikel ini, yaaaap! kita seyogyanya menjalani pekerjaan kalian dengan sepenuh hati, karena kalian bekerja, seharusnya bukan hanya bekerja saja, hanya melakukan apa yang disuruh dan akhirnya mendapatkan upah. Karena kalian ini adalah manusia, bukan seperti sapi yang bekerja sesuai keinginan petani untuk membajak sawah. Lalu setelah sekian lama ia bekerja, menua, berakhir di perapian untuk dimakan atau mati karena kelelahan.

Kita sebagai manusia harusnya bisa lebih dari itu. Kita harus bekerja dengan sepenuh hati. Kalau kalian bosan dengan pekerjaan kalian, Tuhan memberikan kita akal dan pikiran dan perasaan, salah satunya adalah perasaan berani, nah kita harusnya menggunakan itu. Kita harus menggunakannya untuk mencoba hal-hal yang baru, belajar hal baru, jangan tersangkut di tempat duduk dan cuman menggerutu hasil hidup kalian.

Advertisement

Kerja tidak sesuai dengan jurusan? Sangat banyak kok, dan itu tidak sedikit. Saran saya, bekerjalah dengan tekun meskipun tak sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Rencana awal yang kalian rencanakan seindah pelangi tapi kenyataannya sehitam kali item, ya ndak papa, jangan kalian menggerutu. Kalian justru harusnya lebih semangat dan harus berusaha untuk memperbaikinya, agar yang hitam tadi bisa lebih baik. Setidaknya bisa indah seperti rencana awalmu walaupun dengan jalan yang berbeda.

Mas Farid Stevy Asta, seniman asal Jogja melagukan dalam lagu berjudul GAS! didalamnya ada kutipan kesukaan saya yaitu "Berjalan tak sesuai rencana adalah jalan yang sudah biasa, jalan satu-satunya adalah jalani sebaik yang kamu bisa" saya setuju dengan pernyataan beliau, dimana kita harus menjalani apa yang kita jalani sekarang dengan sebaik yang kita bisa. Walau kita tidak merencanakan itu semua, kita tidak mengharapkan itu semua, kita harus menjalaninya, diiringi dengan doa, dan ucapan syukur kita, pasti apa yang kita kerjakan akan menjadi hal yang baik dan bermanfaat, entah bagi dirimu maupun orang lain.

Percayalah, semua omong kosong ini benar adanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya