#BelajarDiNegeriOrang-Manjadda Wajadda, Yuk Menggapai Mimpi Belajar di Negeri Orang!

Cibiran bukan alasan berhenti berjuang

Kamu lulusan sarjana asli Indonesia? Atau kamu sarjana produk swasta? Atau kamu anak kuliah yang sering dihina? Its Okey, tidak ada masalah dari mana kampus yang sudah berhasil membantumu meraih gelar sarjana. Yang terpenting, kamu sebagai lulusan kampus tersebut mampu membawa nama baiknya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Kamu minder, ya? Khawatir akan beberapa hal dan cibiran yang terus mengusik? Dengan tegas kukatakan, "Jangan hiraukan itu!" Sukses milik setiap insan yang mau berjuang dan orang-orang yang mendukungnya, sukses juga bukan serta merta didapat dari sulapan, "Pin salapin jadi sukses!" bukan pula hak mereka yang seenak hati mengolok, menjudge dan memberi penilai tidak manusiawi.

Advertisement

Tapi sukses adalah hadiah bagi siapa saja yang mau terus berjuang, pantang mundur meski berlumur darah dan pantang hancur meski musuh sudah mengepung. Jika kamu salah satu bagian dari mereka-mereka yang sedang berproses meraih sukses, sudah! Fokus saja pada apapun impianmu. Tidak perlu terhempas ataupun terlepas karena cibiran. Tidak usah berkecil hati dan memutuskan berhenti, tapi paculah semangatmu dan buktikan pada pembencimu bahwa mimpi bukan hanya sekedar mimpi, dia bisa terealisasi dengan usaha dan keyakinan yang terus kaujalani.

Ingat! Manjadda Wajadda, barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan. Mendapatkan apakah? Mendapatkan apa yang sungguh-sungguh diperjuangkan. “Tapi aku bukan berasal dari keluarga kaya, meski pakai manjadda wajadda emang bisa gitu #BelajarDiNegeriOrang?” Bisa dong, tak ada yang tidak mungkin. Asal, kamu bisa melampaui batas dirimu untuk terus bersungguh-sungguh meraih apa yang kauimpikan. Tak ada yang tidak mungkin, karena hasil tidak pernah menghianati usaha.


“Bila kau cemas dan gelisah akan sesuatu, masuklah ke dalamnya sebab ketakutan menghadapinya lebih mengganggu daripada sesuatu yang kau takuti sendiri.” [Ali bin Abi Thalib]


Advertisement

Mulai detik ini, camkan dalam hati bahwa kamu layak meraih sukses dan bukan orang sembarangan yang bisa diremehkan dengan kata-kata. Sekarang mereka boleh tertawa atas usaha yang kamu lakukan, namun bukalah mata dan lapangkan dada untuk terus bersungguh—sungguh mengejar cita-cita.


“Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu.” [Ali bin Abi Thalib]


Berfokus pada diri sendiri jauh lebih bermanfaat, ketimbang mendengarkan cibiran orang lain yang seringnya ingin menjatuhkan daripada memberi dukungan. Kamu dan suksesmu adalah hasil kerja kerasmu, bukan hasil omong besar mereka yang membencimu. Tetap semangat untuk bisa #BelajarDiNegeriOrang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE