Kamu sedang memperjuangkan sesuatu? Cinta, karier, prestasi atau yang lainnya? Berjuang adalah fitrah manusia. Sejak akan lahir kita berjuang bersama ibu kita untuk hadir di dunia ini. Berjuang dalam tumbuh kembang dan berjuang untuk mengenal huruf dan angka serta seterusnya.

Namun seringkali perjuangan itu tidak seketika berhasil hanya dengan sekali mencoba. Kita harus tersandung batu kegagalan sekali, dua kali atau bahkan berkali-kali hingga akhirnya mampu bertemu dengan keberhasilan. Saat gagal yang pertama, masih ada harapan dan kesabaran untuk melakukannya lagi dengan lebih baik.

Advertisement

Kegagalan yang kedua, pun masih tersisa harapan dan usaha yang akan kita lakukan. Hingga jika gagal lagi untuk yang ketiga, bumbu-bumbu amarah mulai datang dan kesabaran semakin mengusang.

Sebenarnya ada lho ukuran paten berapa kali gagal mencoba hingga akhirnya kamu sukses. Atau bahkan kamu bisa menggunakan jalan pintas setelah tahu berapa banyak kegagalan itu.

Yaitu dirimu sendiri, guys.

Advertisement

Karena setiap orang mempunyai kadar kemampuan, semangat dan kegigihan yang berbeda. Yang terpenting dalam sebuah perjuangan adalah benar-benar mengenal tujuan dan cara kita menujunya. Hidup ini tidak boleh samar-samar.

Untuk mengetahui berapa kali kegagalan yang akan kita hadapi adalah dimulai dari persiapan yang kita miliki. Semakin komplit persiapannya, semakin kecil kemungkinan gagal. Dan saat sudah bertemu dengan kegagalan yang pertama kita juga bisa mengetahui ada berapa kegagalan lagi untuk mencapai sukses.

Yaitu dengan mengenali kegagalan sebelumnya. Carilah titik kelemahan yang bisa membuatmu terjatuh. Ulangi hingga beberapa kali untuk memastikan persiapanmu benar-benar matang. Lengkapi dan perbaiki apa yang kurang.

Jangan terburu-buru dalam memutuskan bahwa kamu sudah siap. Karena mungkin yang siap hanyalah ambisimu yang menggebu namun persiapanmu belum dikatakan beres.

Bagi kamu yang melewati banyak kegagalan bukan berarti kamu payah. Justru kamulah yang paling kaya pengalaman dan kenyang dengan pengetahuan baru.

Terkadang cara Tuhan menyayangimu dengan memberi kegagalan untuk memahamkanmu tentang arti perjuangan dan hal berharga yang ingin kamu dapatkan. Bisa saja yang terlalu mudah didapatkan juga akan mudah dilepaskan. Tapi yang penuh perjuangan untuk didapatkan akan lebih berarti untuk dipertahankan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya