Pertama sebelum teman-teman sekalian memutuskan untuk membeli dan memakai skin care, saran aku, kalian harus mengetahui jenis kulit kalian dulu. Kebanyakan faktor yang berperan dalam untuk jenis kulit yang kita miliki adalah genetik, yang artinya tidak bisa kita hindarkan, memang ada faktor-faktor yang lain juga seperti stres, diet, cuaca, umur, lifestyle, polusi dll, tapi don’t worry guys, dengan perawatan kulit yang baik, perlahan-lahan tetapi pasti masalah itu bisa kita hadapi.

Ada 5 jenis kulit yang harus kita pahami :


  1. Tipe kulit normal ( Normal skin type)

  2. Tipe kulit kering ( Dry skin type )

  3. Tipe kulit berminyak ( Oily skin type )

  4. Tipe kulit kombinasi ( Combination skin )

  5. Tiper kulit sensitive ( Sensitive Skin )

Bagaimana cara kita tahu jenis kulit kita? Masing-masing dari 5 kulit ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, yang harus kalian lakukan adalah bangun pagi, head to mirror guys, teliti wajah kalian di cermin.

1. Normal : Wajah kita terlihat biasa aja, nggak terlalu berminyak tetapi nggak kering juga. Kulitnya halus dan pori-porinya hampir tidak kelihatan. Tetapi memiliki tipe kulit ini bukan berarti terhindar dari masalah. Tapi ini jenis kulit yang paling enak kalau kita miliki. Untuk pemilihan skin care juga lebih mudah karena cukup memakai memakai skin care yang ringan untuk kulit wajah normal. Secara umum pakailah gently cleanser, moisturizer, dan yang pasti sunscreen tetap dipakai ya. Untuk tambahan kalau mau pake serum sebaiknya cari yang ada antioksidannya, agar kulit tetap terjaga. Dan kalau mau pakai exfoliate product juga nggak masalah, tapi jangan terlalu sering ya,1-2x per-minggu udah cukup.

Advertisement

2. Dry Skin : Kulit wajah kita tampak mengelupas dan elastisitasnya berkurang sehingga bisa mengakibatkan cracks dan keriput. Tetapi untuk pori-pori hampir nggak kelihatan. Ini jenis kulit yang kalau pakai make-up susah banget karena gampang cracking. Untuk kulit kering ini aku saranin memakai gently or creamy cleanser, moisturizer yang mengandung sunscreen dan dapat langsung dipakai setelah mencuci muka dan kulit masih dalam keadaan lembab. Jangan membeli cleanser yang mengandung alcohol atau fragrance ya. Aku tetap nyaranin memakai exfoliator 1x/minggu, untuk mengangkat kulit mati.

3. Oily Skin : yang paling pertama terlihat adalah pori-pori yang besar, kulit jadi kelihatan kinclong tapi karena minyaknya. Mungkin kita bisa sampe mikir, ini minyak di muka bisa dipakai goreng tempe nih. hehehe. Dan yang paling bikin pusing Jenis kulit ini yang paling sering berjerawat.

Eits, tapi jangan salah, jenis kulit ini paling susah keriput lho… Alias terlihat awet muda.

Untuk skin care-nya carilah yang semua produk oilfree and noncomedogenic, dan sebaiknya mengandung salycil acid or glycolic acid dan benzyl peroxide. Ini berlaku terutama untuk cleanser dan moisturizer. Jangan dipikir kalau pakai moisturizer akan makin berminyak, malahan kalau pakai moisturizer kulit akan terhidrasi, kulit yang terhidrasi dan berminyak adalah 2 hal yang berbeda ya guys. Selain itu, sebaikanya pakai exfoliator 2-3x/minggu. Jangan lupa antioxidant serum dan sunscreen yaa…

4. Combination Skin : namanya aja kombinasi, jadinya dia kombinasi antara dry and oily skin, ciri khasnya nih T-zone (jidat, daerah antara alis, sepanjang hidung dan diatas tulang pipi) kita pori-porinya besar dan terlihat blackheads and whiteheads. Oh ya, selain itu bagian dagu juga kena imbasnya. Bagian-bagian yang aku sebutin ini akan terlihat oily.

Nah untuk kulit ini menurut aku repot banget, mau pake yang oil free nanti kekeringan, mau pake yang mengandung oil juga nanti berminyak, jadi untuk jenis kulit ini kita pakai yang di tengah-tengah, untuk cleanser carilah yang mild cleanser, dan untuk moisturizer pakainya yang medium-weight, tetap mencari produk yang alcohol-free. Untuk yang ini mungkin saran aku lebih banyak karena jenis kulitnya aku banget. Bagi aku sendiri, aku memilih moisturizer yang oilfree, kenapa? karena T-zone bakal makin berminyak dan pori-pori makin membesar serta komedo akan semakin menumpuk. That’s nightmare for me. Untuk kulit keringnya aku apain? Nah untuk kulit keringnya aku akalin dengan masker. Jangan lupa tetap gunain sunscreen dan exfoliator 2-3x/minggu, karena exfoliator ini selain mengangkat kulit mati juga bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi komedo.

5. Sensitive Skin : Nah kalau bukan jenis-jenis kulit diatas kemungkinan besar jenis kulit ini, ciri khas dari jenis kulit ini kalau memakai produk harus hati-hati karena akan mengakibatkan kemerahan dan perih pada wajah.

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat adalah dambaan setiap wanita, kenali kulitmu dan rawatlah dengan teratur.