Berapa banyak wanita yang merasa “sayang” untuk menghapus cat kukunya. Bukan hanya karena masalah kecantikan saja, efek remover ternyata memiliki dampak pada kuku yang biasanya berakhir dengan noda kuning dan seperti tidak sehat.

Nah, bagaimana cara untuk mengatasi noda kuning pada kuku ketika habis menghapus cat kuku kamu? Kami ingin berbagi cara yang tepat, mudah, dan cepat untuk mengembalikan kuku yang kuning menjadi putih kembali. Ada 3 langkah mudah yang dapat kamu lakukan dan membuat kuku kamu jauh lebih kuat.

Advertisement

Cari tahu apa yang terjadi. Sebelum kamu mencari cara untuk memutihkan, sebaiknya dicari terlebih dahulu apa penyebabnya, menurut ahli dermatologi New York City Dana Stern, cat kuku bukanlah satu-satunya akar masalah. “Kuku yang bernoda harus mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat,” kata Stern. Kamu juga harus memperhatikan kuku tebal, kuning dan kuku yang melengkung, yang bisa menjadi tanda sindrom kuku kuning. Stern merekomendasikan kebiasaan menggunakan cat dasar setiap kali kamu ingin membuat nail art, karena hal ini dapat mencegah noda kuning yang diakibatkan oleh cat kuku. Kamu dapat mencoba cat kuku dasar seperti merk Color Club.

Merupakan hal penting juga, kamu harus memperhatikan kandungan pewarna cat kuku yang dipakai seperti warna, nuansa, merk, dan formula. Jangan sampai kuteks kamu mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan kuku. Untuk kamu yang memakai warna gelap, setelah menghapusnya, kamu dapat merendam terlebih dahulu agar pewarnanya hilang sempurna.

Jika kamu sering lupa menggunakan cat kuku dasar, kamu memerlukan scrub dan perendaman yang tepat. Jika noda cukup ringan, cobalah menggosoknya dengan segumpal pasta gigi pemutih dan kuas kuku yang lembab selama beberapa menit. Jika hal itu tidak bekerja atau nodanya terlihat lebih parah, kamu bisa mencoba menggunakan hydrogen peroksida yang diencerkan. Begini caranya:

Advertisement


  1. Campurkan 3-4 sendok makan hidrogen peroksida dengan satu setengah cangkir air hangat dalam mangkuk, aduk rata.

  2. Rendam kuku Anda selama dua menit.

  3. Dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan bersih, gosok perlahan dan kembangkan permukaan kuku kamu, masukkan kembali sikat di mangkuk.

  4. Bilas tangan, oleskan lotion, dan kuku kamu harus bersih sama sekali (atau paling tidak, baik dalam perjalanan mereka). Untuk hasil maksimal, Stern merekomendasikan pengulangan proses ini dua sampai tiga kali per minggu, terutama jika kamu menggunakan cat hitam dan tanpa cat kuku dasar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya