#DiIndonesiaAja-Karang Menjulang di Pantai Buyutan Pacitan

Pantai Buyutan Pacitan

Pacitan, Kabupaten di ujung barat-selatan Propinsi Jawa Timur ini kaya akan keindahan alamnya, Pacitan memiliki julukan Kota Seribu Goa, karena memang banyak sekali goa-goa indah di Kabupaten ini. Selain Goa, Pacitan juga terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang sangat banyak dengan keunikan tersendiri sehingga kita tidak akan bosan ketika berkunjung ke Kabupaten ini.

Advertisement

Salah satu pantai yang unik dan pernah saya kunjungi adalah pantai Buyutan, pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa timur. Keunikan dari pantai ini adalah adanya karang lancip berukuran cukup besar dan mendominasi layaknya gigi taring yang menjulang keatas, selain bentuknya yang ikonik, karang ini juga terlihat sangat gagah ditengah luasnya laut selatan.

Pantai-pantai di Kabupaten Pacitan tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan dari Pacitan saja, tetapi banyak wisatawan dari Solo, Malang, Surabaya, Jogja dan kota-kota lainnya yang penasaran ataupun terpikat oleh keindahan pantai-pantai di Pacitan, saya adalah salah satu yang tertarik untuk mengunjungi pantai Buyutan.

Akses menuju pantai ini tidaklah sulit, selain sudah ada petunjuk arah yang jelas dan sudah ada di Map/ GPS, jalannya pun mudah diakses untuk kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Sesampainya dilokasi, kendaraan bisa diparkir ditempat parkir yang telah disediakan, selanjutnya kita harus trekking melewati jalan turunan sekitar 10 menit, selama trekking kita disuguhi pemandangan indah laut selatan yang sangat luas dengan pasir putih dibibir pantai dan tebing-tebing tinggi dibelakangnya.

Advertisement

Ombak tinggi menjadi pemandangan umum di pantai Buyutan, dan ketika menghantam karang menghasilkan suara yang menggelegar. Pantai ini masih relatif sepi, namun sudah memiliki banyak fasilitas penunjang layaknya destinasi wisata pada umunya, seperti toilet, warung, dan area parkir sehingga wisatawan tidak perlu binggung ketika mengunjungi pantai ini beramai-ramai atau dalam kelompok besar karena selain area parkir yang luas, pantai Buyutan juga memiliki garis pantai yang cukup panjang

Fasilitas-fasilitas tersebut memenuhi segala kebutuhan pengunjung pantai buyutan, jika lapar tinggal memesan makanan disalah satu warung yang tersebar ditiap sudut pantai Buyutan, begitu pula setelah puas bermain air dan pasir, pengunjung bisa langsung mandi di toilet umum yang cukup banyak dan bersih. Selain karena karang lancipnya yang unik menyerupai gigi taring, pantai Buyutan juga terkenal akan keindahan sunsetnya. Walaupun matahari tenggelam tidak tepat ditengah lautan namun suasana ketika senja dipantai ini sangat romantis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE