Eksistensi Media Cetak Koran di Era Digital

Bagaimana kehdiran koran di era digital?


Era globalisasi ialah suatu perubahan global yang melanda seluruh dunia.


Advertisement

Dampak dari era ini pun sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia di semua kalangan. Pada era globalisasi ini tentunya banyak kita jumpai perkembangan dalam berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, teknologi, pendidikan bahkan media massa. Dengan lahirnya era globalisasi ini, maka lahir juga yang namanya era digital, era dimana teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga membawa berbagai perubahan. Salah satu perubahan yang sangat signifikan yakni pada media massa. Media massa merupakan media yang digunakan organisasi formal untuk sekedar menyampaikan informasi hingga mempengaruhi khalayak atau publik. Media massa tentunya sudah ada sejak dahulu dan terus berkembang hingga saat ini. Kita ketahui bahwa salah satu media massa yang sejak dulu hadir dan kini mengalami konvergensi yaitu koran.

Koran atau biasa dikenal surat kabar adalah media cetak yang ringan dan mudah dibuang, dan berisi informasi mengenai kejadian atau peristiwa dalam berbagai topik. Koran ini ada sejak era analog, dimana teknologi belum begitu maju sehingga media massa seperti koran ini di produksi secara manual dengan alat-alat yang cukup sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses produksi. Lalu, Bagaimana media cetak koran di era digital ini? Apakah sejak masuk era digital koran sudah tidak di produksi?

Tentunya koran tetap di produksi meskipun hanya sedikit koran yang hadir dalam bentuk fisik. Sebab dengan masuknya era digital, yakni era dimana teknologi mulai memasuki kehidupan bahkan dapat dikatakan teknologi menjadi kunci kehidupan ini memaksa media massa untuk ikut melakukan perubahan. Hanya saja jumlah halaman nya yang berkurang. Secara isi pun baik koran pada era analog maupun koran pada era digital memiliki kesamaan, yakni sama-sama menyampaikan berita terkini.

Advertisement

Koran juga mengalami perubahan dalam berbagai aspek. Mulai dari proses produksinya yang dahulu di cetak kemudian di sebarkan, kini koran dapat diproduksi dengan perangkat elektronik dan diakses melalui smarthphone kita pada platform-paltform digital yang tersedia. Dengan masuknya era digital juga membuat koran yang hanya bisa di akses pada jam tertentu dan berita yang kurang update dapat kita akses kapanpun dan dimanapun serta berita menjadi lebih variatif sebab ter-update setiap waktu.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa dengan berkembangnya teknologi, industri-industri juga harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kemajuan yang ada. Industri/perusahan harus terus melakukan inovasi dan riset mengenai perkembangan zaman agar usaha yang dijalaninya dapat bertahan dan berkembang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE