3 Aturan Dasar yang Sering Disepelekan Penumpang KRL. Padahal Penting Buat Jaga Kenyamanan

etika dasar naik KRL

Sudah umum bagi kita sebagai penumpang KRL atau Commuter Line untuk mengetahui peraturan- peraturan yang sudah tertera. Beberapa peraturan KRL memiliki yang sangat sering didengar di dalam moda transportasinya. Namun, peraturan- peraturan yang paling sering didengar juga yang paling sering dilanggar oleh penumpang KRL. Berikut merupakan peraturan yang sebenarnya sepele tapi sering dilanggar. Padahal ini semua demi kenyamanan~

Advertisement

1. Dilarang makan atau minum di dalam kereta

Hal ini masih banyak banget yang makan dan minum di kereta. Beberapa ada yang makan dan minum secara diam- diam  atau tidak peduli dengan keadaan. Walaupun bentuk makanan tidak makanan pokok, tetap saja hal ini bisa menjadi keadaan kereta kotor karena bekas-bekas makanan atau minuman. Bahkan bisa juga penumpang yang habis makan atau minum membuang sampahnya sembarang dengan cara menyelipkan sampah di selipan bangku penumpang dalam kereta.

2. Tidak duduk di lantai kereta

Advertisement

Walaupun peraturan ini tidak tertulis, tetapi sering diingatkan oleh announcer untuk tidak duduk di lantai kereta. Beberapa penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk mau tidak mau harus berdiri sepanjang perjalanan tujuan mereka. Namun, masih banyak yang kurang peduli terhadap ini. Penumpang yang duduk di lantai kereta itu sangat mengganggu penumpang lainnya yang berdiri di dekat penumpang yang duduk di lantai kereta. Padahal, peraturan tersebut untuk kenyamanan semua penumpang.

3. Memberikan tempat duduk kepada yang harus diprioritaskan

Nah, peraturan ini sudah sangat penting bagi semua penumpang transportasi umum. Namun, sayang banget masih banyak yang tidak mau mengalah untuk penumpang yang lebih membutuhkan. Siapa sih penumpang yang diprioritaskan? Penumpang yang diprioritaskan itu  adalah ibu yang sedang mengandung, lansia (lanjut usia), penyandang disabilitas dan orang yang sedang membawa anaknya yang masih bayi atau balita. Walaupun sudah tersedia tempat duduk prioritas, tetapi tempat itu malah dipakai sama penumpang yang tidak diharuskan duduk ditempat prioritas. Bahkan, juga ada yang pura- pura tidur ketika ada penumpang prioritas yang tidak mendapatkan tempat duduk.

Tiga hal tersebut adalah peraturan yang sangat penting tetapi juga sering dilanggar. Lalu, kenapa sih beberapa penumpang bisa melanggar dari peraturan yang ada diatas? Inisiatif penumpang terhadap peraturan masih sangat minim. Maka dari itu, jika kalian sedang menggunakan KRL dan melihat penumpang yang melanggar peraturan yang sudah tertera, jangan takut untuk menegurnya. Yuk, mari kita menjadi penumpang yang dapat mematuhi peraturan agar kenyamanan transportasi umum tercapai!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE