Presiden Soekarno, beliaulah yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional serta yang menetapkan 21 April merupakan hari lahir Kartini yang akan diperingati setiap tahunnya.  Raden Adjeng Kartini merupakan sosok dibalik dari sekian banyak wanita Indonesia yang berprestasi dan tentu membanggakan Indonesia. 

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa maraknya kasus kekerasan pada wanita di Indonesia membuktikan bahwa kurangnya kepekaan serta kepedulian terhadap wanita. Dalam masyarakat umum memang ada yang beranggapan bahwa wanita secara fisik lebih lemah dibandingkan pria, namun adanya pandangan seperti ini justru disalahgunakan oleh beberapa pihak yang berdampak bagi orang lain. Oleh karena itu, hari Kartini menjadi salah satu bentuk bagi kita masyarakat Indonesia untuk memperingati dan memaknai perjuangan Raden Adjeng Kartini dalam memperjuangan hak wanita dan juga dengan hari Kartini kita dapat mewujudkan mimpi Kartini bagi bangsa Indonesia.

Advertisement

Perayaan hari Kartini dapat menjadi wadah kita sebagai masyarakat yang tinggal dalam berbagi suku, budaya, ras, dan agama, untuk menghormati serta menghargai satu dengan yang lannya. Dengan pedoman Pancasila, kita seharusnya tahu bagaimana kita bersikap sebagai warga negara. Warga negara yang baik menurut saya adalah ketika warga tersebut dapat memaknai sebuah penghormatan satu sama lain termaksuk wanita. Dengan kita dapat memaknai hari Kartini ini dengan pedoman Pancasila, saya yakin Indonesia mampu menjadi negara yang maju dengan rakyat yang memiliki identitas yang baik pula.

Sri Mulyani (Menteri Keuangan Indonesia), Liliyana Natsir (Atlet Bulu Tangkis Indonesia), Maudy Ayunda (pubic figure) adalah beberapa kecil contoh dari banyak wanita Indonesia yang melambangkan semangat Kartini, prestasi yang mereka yang mengharumkan bangsa Indonesia menggambarkan semangat R.A. Kartini dalam memperjuangkan pendidikan bagi wanita Indonesia. Oleh karena itu, hari Kartini juga dapat menjadi wadah bagi kaum wanita untuk menunjukkan kemerdekaan. Kemerdekaaan dalam mengekspresikan diri. Pengekspresian ini salah satu bentuk di mana kami sebagai wanita mampu turut serta dalam proses kemajuan bangsa ini. Dengan pengekspresian ini pun saya berharap banyak masyarakat lain yang ikut tergerak dan tersadarkan bahwa pentingnya sebuah rasa saling menghormati satu dengan lainnya.

Hari Kartini ini pun dapat menjadi wadah bagi setiap kalangan untuk berkembang. Tidak sedikit instansi-instansi yang mengadakan suatu event dengan bertemakan kartini. Acara dengan bertemakan Kartini ini dapat dibuat menjadi suatu acara perlombaan, pameran dan sebagainya. Menurut saya dengan adanya perlombaan ataupun pameran ini secara tidak langsung dapat meningkatkan jiwa partisipasi serta meningkatkan potensi diri bagi setiap orang yang mengikuti acara tersebut. Dengan ini, saya percaya dengan jiwa partisipasi yang meningkatkan dapat berdampak rasa ingin berkontribusi dalam bangsa Indonesia ini lebih kuat serta menggunakan kemampuan serta pengatahuan kita untuk membangun negara ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya