Bosan takjilnya yang manis terus? Pengen coba sesuatu yang gurih untuk dijadiin takjil? Homemade Pizza Margherita ini cocok banget buat kamu yang suka banget sama makanan barat (Itali tepatnya). Perpaduan rasa antara saus tomat dengan keju mozarella yang meler kalau ditarik juga merupakan kombinasi yang luar biasa nikmat lho!

Belum lagi bahan-bahan untuk membuat Homemade Pizza Margherita yang mudah didapatkan (kecuali mozarella ya. hehe). Saya pertama kali mencoba resep ini pas SMP kelas 8. Ibu saya pulang membawa keju mozarella satu bungkus untuk bikin lasagna. Saat lasagnanya sudah jadi, saya melihat masih ada sisa keju mozarella yang ditaruh di kulkas.

Advertisement

Pada saat itu saya udah tahu kalau keju yang buat bikin pizza itu namanya mozarella. Saya belum tahu kalau mozarella ternyata dijual secara bungkusan di Indonesia. Keesokan harinya setelah pulang sekolah, saya pergi membeli roti tawar. Setelah itu saya langsung pulang ke rumah dan mencoba membuat resep yang saya tuliskan dibawah artikel ini.

Setelah jadi dan siap santap, saya langsung mencobanya tanpa pikir panjang dan ternyata hasilnya enak. Setelah hari itu, saya sering sekali membuat homemade Pizza tersebut. Bahkan saya pernah beberapa kali membuat pizza tersebut untuk takjil pada bulan ramadan. Lalu saya beranjak ke kelas 9. Pada saat itu, saya baru tahu kalau pizza polos tanpa topping tersebut dinamakan pizza margherita di Itali. Pizza ini tidak susah untuk dibuat. Ingin tahu cara membuatnya? Check this out.

Bahan yang kamu butuhkan:

Advertisement


  • Roti tawar 2 lapis

  • Saus tomat secukupnya

  • Keju mozarella (atau keju lain yang bisa meleleh)

  • Oregano secukupnya*

  • Daun Basil 4 lembar*

  • Minyak zaitun 2 sdm*

* = pilihan

Cara buatnya :


  1. Pertama, siapkan 2 lapis roti tawar dan pisau. Terus potong pinggiran rotinya. (recommended) (nggak usah juga nggak apa-apa)

  2. Setelah memotong pinggiran rotinya (kalau misalkan dipotong), taburi rotinya dengan saus tomat. Ratakan saus tomatnya ke seluruh permukaan roti yang di kasih saus tomat.

  3. Taburkan oregano dan daun basil yang sudah disiapkan. Kemudian tuang 2 sdm minyak zaitun. (warning : tahap ini dilakukan bila ada bahannya)

  4. Siapkan parutan dan keju mozarella nya (atau keju lain yang bisa meleleh). Partulah keju tersebut. Penuhi permukaan rotinya dengan parutan keju sampai permukaan roti sudah dipenuhi dengan keju.

  5. Kalau sudah berarti rotinya siap buat dipanggang, masukkan rotinya kedalam oven. Atur timernya menjadi 3 menit.

  6. Setelah 3 menit, taruh rotinya dipiring. Saya pribadi sebagai penyuka pedas akan lebih nikmat bila pizzanya ditaburi dengan saus sambal

Gampangkan caranya? Kalau semua tahap sudah dijalankan berarti homemade pizza margherita sudah siap untuk disantap. Si prega di godere!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya