Ingin Anak Bahagia? Ini 3 Cara Self Care Bagi Orang Tua

Membahagiakan dan memenuhi hak-hak anak adalah kewajiban yang memang harus dipenuhi oleh orang tua. Hal ini berguna untuk membentuk kesehatan mental dan juga fisik anak. Terlebih, beberapa bulan terakhir, kita selalu disuguhkan dengan berita pelecehan seksual terhadap anak atau bahkan kekerasan terhadap anak. Berita-berita ini yang menjadi urgensi bahwa hak-hak anak di Indonesia masih kritis.

Advertisement

Meskipun demikian, orang tua juga hanyalah manusia biasa yang memiliki kelemahan tersendiri. Maka dari itu, orang tua pun perlu melakukan Self Care atau perhatian/perawatan terhadap diri sendiri baik secara mental maupun psikis. Kesehatan ini yang akan membuat orang tua bisa terus bahagia dalam memenuhi kewajibannya untuk membahagiakan anak dan keluarga.

Dikutip dari Tempo.co, Psikolog, penulis, sekaligus ibu asal AS, Lisa Damour menjelaskan bahwa kesehatan mental orang tua dan lingkungan rumah bisa memberikan kebahagiaan bagi anak. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang serba tertekan. 

Dalam mengasuh anak, hal terpenting untuk dilakukan orang tua ialah merawat dan menjaga diri sendiri. Apalagi, selama pandemi, segala aktivitas terpaksa dilakukan dari rumah, maka dari itu iklim di rumah cukup berpengaruh bagi penghuni dan perlu mendapatkan penyegaran.

Advertisement

Ketika para orang tua mampu menjaga diri dengan baik, otomatis mereka bisa menjaga anak-anaknya dengan lebih baik, kata Lisa Damour.

Organisasi PBB yang fokus pada isu anak-anak, United Nations International Children’s Emergency Fund atau Unicef pun ikut memperhatikan kondisi orang tua terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Melalui kanal YouTube resminya, Unicef pun membagikan 3 cara agar orang tua bisa mengelola stres dengan self care tertentu.

Advertisement


  • Orang Tua Perlu Mendapatkan Dukungan Sosial

Orang tua harus mendapatkan dukungan sosial yang baik. Hal ini bisa didapatkan dari orang terdekat, seperti pasang tetangga, orang tua, sahabat, dan lain-lain. Dengan mendapatkan dukungan sosial, orang tua akan merasa diterima, bisa sharing pengalaman, serta menjalin relasi dan terhubung satu sama lain.

Dengan begitu, orang tua tidak akan merasa terbebani atau merasa paling menderita di dunia karena tugas-tugasnya yang berat. Hal ini akan membuat orang tua lebih bahagia dan ikut berdampak pada penerapan pola asuh anak.


  • Orang Tua pun Perlu Hiburan

Hiburan bagi orang tua itu sangat penting karena bisa membuat mereka merasa bahagia. Orang tua harus bisa menikmati apa yang mereka sukai atau biasa disebut Happy Distraction. Orang tua bisa bermain musik, melukis, atau merawat diri.

Ada istilah lain tentang hal ini yaitu me time. Dengan me time orang tua seperti melakukan charging atau mengisi ulang tenaga dan pikiran. Dengan demikian, orang tua akan memiliki dan memancarkan energi positif pada keluarga dan anak.


  • Orang Tua Harus Punya Fisik yang Sehat

Kesehatan adalah hal yang paling penting dan utama dalam kehidupan. Orang tua pun harus memiliki kesehatan fisik yang prima. Hal itu bisa didapatkan dengan tidur yang cukup, rutin berolahraga, makan makanan bergisi, atau bisa menikmati makanan yang dimakan.

Apabila orang tua cerdas dalam merawat diri sendiri dan selalu memiliki kesehatan fisik dan psikis yang bugar, maka anak akan mendapatkan dampaknya. Seperti, energi positif yang terpancar dari orang tua, serta anak yang akan mengikuti jejak orang tuanya untuk mendapatkan hidup yang sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah jurnalis, penulis konten, dan podcaster yang nyambi jadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bandung

CLOSE