Van yang kami tumpangi berderit saat tiba di tempat yang hampir pasti dikunjungi wisatawan yang tengah melancong ke London, ‘surga’ belanja di Oxford Street. Kala itu, sudah sekitar pukul 21.00 GMT dengan semilir angin musim gugur yang khas. Satu jam perjalanan macet yang kami terjang dari Lancaster House ke Oxford Street rasanya tak penting lagi malam itu. Bahkan, perut yang bertabuh keras kami indahkan hanya demi satu misi, beli oleh-oleh!

Saat itu, saya dan dua teman jurnalis lainnya memang baru saja selesai meliput acara Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diundang oleh pemerintah Inggris dalam rangka merayakan hari jadi ulang tahun ASEAN yang ke-50 di Lancaster House, London. Tanpa ba-bi-bu lagi, kami segera keluar dari van dan menyusuri deretan bangunan khas London di area Westminster City tersebut.

Advertisement

Wow! Lalu lalang manusia masih saja terlihat di sepanjang jalan walau sudah malam. Tak berbeda dengan saya, sepertinya banyak mata sibuk mencari-cari tempat yang paling menjanjikan untuk berbelanja. Saat itu, saya berdiri di depan toko Primark, yang terlihat paling ramai diantara semua outlet yang ada di blok itu.

“Rata-rata toko akan tutup sekitar pukul 22.00, satu jam lagi teman-teman,” seru salah satu staff KBRI yang mendampingi kami, yang membuat kami mempercepat langkah namun masih tak tentu arah. Yang mana dulu nih yang harus dimasuki?

Tak perlu bingung. Yang paling penting, bila kalian berada di posisi saya, adalah tarik nafas dan cermatlah berhitung. Karena jika tidak, kalian akan melewati kesempatan berbelanja barang bermerek dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ditemui di tanah air. Bahkan, jika beruntung, kalian akan menemukan harga barang bermerek dengan sangat miring!

Advertisement

Ringkasnya, Oxford Street adalah blok perbelanjaan dengan konsep side-street boutiques yang berisikan sekitar 300 outlet dengan beragam jenis produk, mulai dari pakaian, kosmetik, sepatu, gadget sampai cinderamata khas UK. Mulai dari merek Adidas, Boots, Clarks, Dorothy Perkins, Mango, New Look, Nike, Primark, Samsung, Selfridges, Superdrug, Swarovski, Topshop sampai Zara. Tak hanya produk, harga yang ditawarkan tiap-tiap outlet pun cukup beragam.

Misalnya, jika kalian ingin belanja dengan dana terbatas, belanja di Primark, Boots dan Superdrug bisa jadi pilihan cerdas. Di Primark, kamu bisa menemukan koper, sepatu boots, jaket kulit, sampai pakaian pesta yang fashionable dengan harga super terjangkau. Toko pakaian dan aksesoris ini juga menawarkan berbagai kosmetik yang tak bikin kantong jebol. Sebagai gambaran, dari belanja kilat saya di Primark, saya memutuskan untuk membeli dua outer panjang berbahan sutra dengan harga 5 poundsterling atau sekitar Rp95.000/item. Contoh lain, salah satu teman saya membeli koper cantik berwarna pink berukuran medium hanya sekitar 28 poundsterling atau sekitar Rp550.000 saja. Cukup murah bukan?

Tepat di seberang Primark, kamu bisa menemukan Superdrug yakni outlet yang menjual kosmetik, obat-obatan sampai parfum dengan harga yang bisa bikin kalian menjerit bahagia! Kalau kalian adalah make up maniac, kalian bisa saja memborong habis brand make up asal Inggris yang ditawarkan di outlet ini. Inggris sendiri terkenal dengan sejumlah brand kosmetiknya, seperti Rimmel, Sleek sampai Make Up Academy. Nah, disinilah saya banyak menghabiskan dana untuk membeli oleh-oleh. Selain harganya terjangkau, oleh-oleh berupa kosmetik dan parfum sangat praktis dan tidak terlalu makan tempat di koper.

Sebagai gambaran, saya membeli 25 lipstik dengan harga satuannya hanya 1 poundsterling atau sekitar Rp19.000 saja. Selain itu, saya juga membeli 4 eyeshadow pallet yang saat itu sedang harga promo hanya 5 poundsterling atau sekitar Rp95.000/item. Terakhir, saya juga membeli dua parfum bermerek dengan harga satuannya hanya 18 poundsterling atau sekitar Rp342.000. Tidak terlalu menguras isi dompet bukan?

Hanya tinggal menyeberangi zebra cross dari Superdrug, kamu akan melihat brand New Look di seberang jalan. Harga-harga yang ditawarkan di outlet ini mungkin cocok untuk kalian yang memiliki dana cukup. Waktu saya datang, outlet tersebut sudah hampir tutup. Namun, saat itu toko ini tengah memberikan diskon sekitar 10-15% yang cukup lumayan apabila kalian adalah penggemar brand ini.

Jika kalian punya dana berlebih, mungkin kalian bisa menyambangi Selfridges&Co. Kalian bisa menemukan kosmetik highend macam Bobbi Brown, Dior sampai Tom Ford. Sayangnya, saya tidak sempat memasuki outlet ini karena keterbatasan waktu.

Kehabisan uang? Tukarkan saja uang kalian di money changer yang terletak hampir di setiap blok. Toko cemilan, makanan berat sampai cinderamata asal Inggris juga bisa kalian dapatkan di Oxford Street. Asalkan, kuat berjalan dan tetap tahan godaan!

London memang salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia. Namun, tak berarti mereka tidak ramah terhadap para shopaholic. Oxford Street jadi satu dari sekian surga belanja di London yang tak boleh kalian lewatkan.

‘Surga’ Lainnya

Malas berjalan jauh mencari outlet yang diinginkan di Oxford Street? Tak jadi masalah. London masih menawarkan sejumlah surga belanja lainnya yang bisa kalian jajali sesuai dengan preferensi belanja yang kalian inginkan.

Jika kalian senang wisata mewah, berbelanja di Harrods wajib kalian lakukan. Department store terluas di Inggris tersebut terletak di 87-135 Brompton Road, Knightsbridge, London. Di Harrods, kalian bisa menemukan banyak barang branded dengan suguhan arsitektur bangunan gaya Eropa yang indah di mata. Bermacam barang bermerek mulai dari Burberry, Calvin Klein,Marc Jacobs sampai Michael Kors bisa kalian temui disini. Tips untuk kalian jika ingin berbelanja disini hanya satu, jangan kalap!

Selain Harrods, belanja di Westfield London juga bisa jadi pilihan untuk kalian yang suka berbelanja di dalam bangunan. Pusat perbelanjaan ini berlokasi di White City, London. Berbeda dengan Harrods, Westfield menawarkan tempat berbelanja dengan gaya modern. Disini, kalian bisa menemukan banyak ritel seperti Debenhams, Mark & Spencer sampai produk highend macam Versace.

Namun, jika kalian senang berbelanja barang vintage dan kerajinan tangan dengan dana terjangkau, coba deh melipir ke Camden Market. Toko yang terletak di Camden Town ini adalah tempat perbelanjaan terbuka di tepian kanal di London Utara. Saking ramainya, beberapa pernak-pernik yang dijual disini sampai dijajakan meluber di tepi jalan. Sangat pas untuk kalian yang mencari oleh-oleh tipikal seperti baju, topi atau kaca mata.

Belanja souvenir murah lainnya bisa kalian dapati di Portobello Market. Kata beberapa orang yang saya tanyai, Portobello adalah surganya souvenir murah, seperti post card, gantungan kunci, cangkir sampai tempelan kulkas. Namun, kios yang dijajakan di tepi jalan tersebut punya dengan jualan utama yakni barang antik! Jika kalian suka mengoleksi barang-barang jadul, inilah tempat yang cocok untuk kalian menghabiskan waktu di London. Sejumlah kios menyajikan berbagai macam kerajinan kulit, kamera antik, lukisan dan lain sebagainya.

Jadi, #AyoKeUK! Jika kalian punya rencana untuk menghabiskan waktu di London, jangan pesimis dulu. London tak melulu menjadi tempat wisata dengan biaya setinggi langit. London adalah tempat untuk semua kalangan bisa menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan juga oleh-olehnya. Selamat menjajal!

#WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya