Kerap Trending di Twitter, Inilah Nilai Sosial yang Akan Kamu Dapatkan Setelah Menonton Serial Drama Korea Reply 1988

Persahabatan lima serangkai Ssangmundong membuat para penonton tidak bisa move on dari drama ini!

Tayang di akhir tahun 2015, kemudian populer di tahun 2016 hingga saat ini,  serial Drama Korea Reply 1988 kerap kali menjadi perbincangan hangat di media sosial. Reply 1988 merupakan drama korea yang sangat unik sekaligus menarik, dikemas secara sederhana dan ringan, namun meninggalkan kesan yang bermakna di setiap episode. Reply 1988 tentunya tidak hanya menyajikan tontonan yang menarik bagi para pecinta drama Korea, tetapi juga memberikan banyak nilai sosial bagi sesama manusia. Bercerita tentang persahabatan lima orang remaja SMA di kompleks Ssangmundong, akting para pemain, alur cerita, karakter setiap tokoh, dan latar cerita membuat drama ini sulit untuk dilupakan.

Advertisement

Rasanya, tim produksi dari drama ini benar-benar totalitas dalam menyajikan suasana di Korea Selatan pada masa itu. Mulai dari suasana kompleks perumahan, tren berpakaian, gaya hidup, kendaraan, teknologi, dan sebagainya yang ditampilkan dalam drama ini membuat suasana di tahun 80-an terasa hidup kembali. Jalan cerita dalam drama ini dibuat serealistis mungkin berdasarkan situasi yang terjadi pada tahun tersebut, diikuti dengan berbagai kejadian-kejadian menarik mulai dari permasalahan ekonomi, persahabatan, keluarga, percintaan, hingga pendidikan.

Kisah persahabatan dalam drama ini tentunya membuat penonton merasa kagum dan iri, setiap episodenya sangat mencolok dan penuh warna. Persahabatan di sini diartikan bahwa mereka selalu ada di saat merasa gagal, selalu menyemangati, dan mendampingi apapun situasi yang sedang dihadapi. Selain persahabatan, pola kekeluargaan dalam drama ini juga sangat kental. Ada lima keluarga yang bertetangga, memiliki latar belakang kepribadian dan keadaan ekonomi yang berbeda-beda, namun memiliki kedekatan satu sama lain tanpa ada yang disembunyikan. Tidak hanya demikian, kelima keluarga tersebut juga saling menghargai, memberi, dan menolong tanpa rasa pamrih.

Advertisement

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, drama ini juga memiliki nilai sosial yang sangat melekat di lima keluarga tersebut, mulai dari berbagi dengan sesama, kebersamaan dalam keluarga, musyawarah untuk menyelesaikan masalah, gotong royong, berbagi cerita, menghargai satu sama lain, menyayangi sesama, sopan santun kepada orang yang lebih tua, dan yang paling utama adalah menjaga hubungan baik antar sesama manusia. Ada pula isu parenting, bahwa setiap orang tua memiliki love language-nya masing-masing untuk anak-anak mereka. Meskipun percintaan bukanlah fokus utama, Reply 1988 tetap berjaya dan berhasil menjadi drama terbaik sepanjang masa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Memutuskan untuk menulis sejak tahun 2016 menjadikan saya mengerti,, bahwa dunia kepenulisan memang sangat menyenangka. Walau masih terbilang pemula, belajar adalah kuncinya.

CLOSE