Buah bengkuang yang dalam nama latinnya disebut dengan Pachyrhizus erosus pada awalnya ditemukan di dataran Amerika dan Meksiko, setelah dari Meksiko, buah ini ternyata disebarkan ke Filipina, lalu ke China, baru kemudian ke Asia Tenggara.

Untuk mengonsumsi buah bengkuang dapat dilakukan secara langsung atau diubah ke bentuk makanan yang lain terlebih dahulu seperti sup, salad buah dan bentuk hidangan lainnya. Tapi ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga akarnya.

Advertisement

Di dalam buah bengkuang terdapat berbagai nutrisi di dalamnya mulai dari vitamin B6, vitamin B9, Vitamin C. Selain itu, di dalamnya juga terkandung mineral penting untuk tubuh, mulai dari kalsium, magnesium, zat besi dan berbagai mineral penting lainnya. Berikut berbagai manfaat buah bengkuang untuk kesehatan.

Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Di dalam buah bengkuang, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengandung vitamin B kompleks seperti piridoksin, riboflavin, folat, asam pantotenat dan thiamin. Gabungan antara kelimanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan jumlah energi di dalam tubuh.

Advertisement

Dapat mencegah anemia

Pada buah bengkuang terdapat kandungan zat besi. Adanya asupan tambahan zat besi akan membantu menambah dan merangsang tubuh sehingga memproduksi sel darah merah. Dengan adanya tambahan sel darah merah ini, maka anemia bisa dicegah.

Kaya akan antioksidan

Bengkuang kaya akan antioksidan di dalamnya dari gabungan vitamin C dan antioksidan lainnya. Antioksidan ini penting dalam membasmi serangan radikal bebas. Radikal bebas bisa berakibat buruk bagi tubuh karena bisa menyebabkan mutasi sel sehat menjadi rusak dan pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit.

Menguatkan tulang

Pada penjalasan awal sudah disebutkan bahwa di dalam bengkuang terdapat kandungan mineral penting, salah satunya kalsium. Kalsium mempunyai peranan vital dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Mengonsumsi bengkuang berarti mengisi tulang kamu dengan berbagai mineral penting di dalamnya dan membuat tulang menjadi kuat. Ini sekaligus menghindarkan tubuh dari gangguan penyakit tulang.

Mencegah cacat lahir pada bayi

Bagi ibu hamil, asupan folat (B9) sangat penting dalam menjaga kesehatan janin. Folat akan membantu pertumbuhan janin di dalam rahim dan saat melahirkan akan menghindarkan bayi dari adanya cacat lahir.

Membuat kulit lebih cerah dan anti penuaan

Anti oksidan yang terdapat pada buah bengkuang dapat juga berperan dalam membuat kulit lebih cerah dan mencegah adanya penuaan. Seringkali kita terpapar radikal bebas sewaktu berada di luar ruangan, nah antioksidan ini bisa menjaga agar kulit tetap sehat dan terhindar dari radikal bebas. Bengkuang juga dapat digunakan sebagai masker yang bisa menjaga agar kulit tetap sehar dan terlihat cerah.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah bengkuang, yang jelas jika mengonsumsi buah bengkuang secara berlebihan maka efeknya tidaklah bagus. Bengkuang jika dikonsumsi terlalu banyak akan mengakibatkan gangguan atau bahkan kerusakan pada saraf. Jadi konsumsi saja secukupnya, 1 – 2 buah maksimal per hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya