Tak Ada Salahnya Mencintai Orang Lain, tapi Sebelumnya Pastikan Dulu bahwa Kamu Sudah Mencintai Dirimu Sendiri

mencintai diri sendiri

Banyak orang yang sangat mencintai orang lain lebih daripada mencintai dirinya sendiri. Tidak salah untuk mencintai dan menghargai orang lain, namun sebelum itu dilakukan hendaknya kita sudah mencintai serta juga menghargai diri kita sendiri. Karena dengan begitu kamu baru akan tahu dan menyadari arti dari sebuah kehidupan, betapa berharga nyawa seseorang. Dengan demikian, maka kamu akan menghargai semua yang ada saat ini.

Advertisement

Mencintai dan menghargai diri sendiri bukanlah berarti kita harus menjadi seorang yang egois. Egois berarti mementingkan diri sendiri, segala sesuatu yang dipikirkan hanyalah demi kebaikan diri sendiri. Egois lebih terkesan ke arah kemelakatan akan diri sendiri. Orang yang egois bahkan akan menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan yang dia inginkan.

Mencintai dan menghargai diri sendiri berarti kita menyadari akan adanya diri kita. Mencintai dan menghargaiĀ diri sendiri berarti melindungi diri kita sendiri, tidak membiarkannya terluka begitu saja, menjaga dan merawatnya layaknya orang tua yang merawat dan melindungi anak-anaknya. Karena jika diri ini terluka, yang merasakan sakitnya adalah juga diri ini sendiri.

Orang lain mungkin akan dengan mudahnya melukai diri dan perasaan kita. Namun, apabila kamu melukai diri kamu sendiri maka rasa sakit yang kamu rasakan akan berlipat ganda dan untuk sembuh dari sakit itu juga tidak mudah, mungkin saja akan meninggalkan bekas luka seperti trauma atau sejenisnya. Sampai kapan luka itu akan sembuh? Jawabannya adalah tidak ada yang tahu kecuali diri kamu sendiri, bisa juga tidak akan sembuh.

Advertisement

Tidak ada salahnya dengan lebih memikirkan orang lain atau rela berkorban untuk orang lain. Namun, apabila hal ini kamu salahgunakan di kehidupan, maka yang merasakan ruginya adalah diri kamu sendiri dan orang-orang yang mencintai kamu.

Contoh paling gampang dan sering terjadi di kehidupan sehari-hari adalah ketika kamu punya pacar, sama-sama saling mencintai sekian lama, apapun kamu bela-belain untuk dia. Suatu hari dia ingin menyudahi hubungannya dengan kamu. Dengan terpaksa kalian putus hubungan lalu kamu tidak move on. Berpikir menyudahi semua yang ada pada saat ini, berpikir apa artinya hubungan selama ini yang sudah dijalin? Berujung pada kamu yang berusaha menyudahi hidup namun tidak berhasil.

Advertisement

Pertanyaannya, apa yang kamu dapat dari gagalnya menyudahi hidup? Apakah kamu berpikir mungkin mantanmu akan kembali ke sisimu lagi? Jawabannya adalah belum tentu. Sebuah ketidakpastian yang kamu dapatkan malah yang ada akan makin menyiksamu. Sedangkan di sampingmu saat ini ada banyak orang yang sangat peduli dengan kamu, sepertinya saja orang tua, sahabat, saudara, dan lain sebagainya.

So, mulailah belajar mencintai dan menghargai diri kamu sendiri. Karena di luar sana selain diri kamu sendiri, yang ada hanyalah ketidakpastian yang harus siap kamu terima. Berbeda dengan diri kamu sendiri. Kamu bisa mengontrol diri kamu sendiri, dirimu berharga jauh dari yang kamu tahu, spesial dari yang kamu sadari. Karena yang akan terus bersama kamu adalah diri kamu sendiri.

Mencintai dan menghargai diri sendiri juga termasuk menjaga kesehatannya lho ya. Secara di zaman sekarang ini apalagi di masa pandemi yang masih melanda, tubuh ini sangat berisiko untuk sakit lho. Jangan sampai kamu merasakan kesakitan yang berganda yaā€¦

Karena kamu berharga, spesial, tidak ada duanya, dan sangatlah penting. So, jika kamu masih belum juga mencintai dan menghargai diri kamu sendiri, mulailah dari saat ini. Tapi ingat ya, jangan sampai terlalu melekat, yang ada kamu jadi egois, itu BIG NO ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

Editor

une femme libre

CLOSE