Mental Illness? Aib atau Gila? Yuk Sama-sama Belajar untuk Menjadi Orang yang Peduli

Mental Health Issues

Mental health menjadi salah satu topik populer dikalangan masyarakat, terlebih beberapa tahun ini Kesehatan mental menjadi salah satu sorotan serius publik. Sejak kemunculan corona di tahun 2019 lalu, Kesehatan Mental sebagai masyarakat di dunia terutama di Indonesia mengalami masalah serius, akibat kegiatan yang hanya dilakukan dirumah atau Work From Home membuat Sebagian masyarakat mengalami gangguan pada Kesehatan mental mereka.

Advertisement

Memang sejak dahulu masalah Kesehatan Mental sudah sangat erat di lingkungan kita. Akan tetapi, orang-orang yang mengalami masalah Kesehatan Mental dianggab atau di cap sebagai aib keluarga bahkan dianggab gila oleh masyarakat. Oleh sebab itu sebelum banyak orang yang mengerti akan pentingnya masalah ini dan edukasikannya kepada masyarakat. 

Orang-orang yang mengalami masalah Kesehatan Mental enggan untuk memeriksakan dirinya ke dokter atau Psikolog, sebab mereka takut akan stigma buruk terhadap dirinya. Mereka takut dianggab gila karena berobat ke dokter dan dianggab kurang ibadah. Padahal jika masalah Kesehatan Mental ini jika dibiarkan dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Akan tetapi saat ini masyarakat mulai aware terhadap masalah Mental Illness atau penyakit kejiwaan. Sebab saat ini sudah banyak edukasi-edukasi kepada masyarakat akan masalah Kesehatan Mental, terlebih masyarakat juga sudah mulai membuka mindset mereka terhadap hal tersebut. Mereka mulai mengandeng orang-orang yang mengalami masalah Kesehatan untuk bangkit dan berjuang menghadapinya.

Advertisement

Saat ini orang-orang yang mengalami masalah Kesehatan Mental pun mulai berani memeriksakan dirinya ke RS, bahkan mereka tidak ragu untuk membagikan kisah mereka, bagaimana cara mereka berjuang melawan penyakit Kesehatan mental di media social sebagai bentuk motivasi dan edukasi terhadap masyarakat dan orang-orang yang tengah melawan penyakit mereka. 

Seperti akun TikTok @ananzaprili seorang Mahasiswi Psikologi, Universitas Indonesia yang memberikan edukasi mengenai masalah Kesehatan Mental. Di dalam videonya, ia memberikan edukasi mengenasi masalah Kesehatan Mental dan memberikan semangat bagi para penonton atau followersnya untuk semangat menjalani kehidupan.

Advertisement

Respon positif yang diberikan oleh warganet membuat kita sadar akan pentingnya menjaga Kesehatan mental diri agar menjadi seorang yang memiliki pandangan hidup yang lebih baik dari sebelumnya dan memiliki motivasi bangkit. Hal tersebut juga membuat sedikit demi sedikit stigma dikalangan masyarakat mengenai hal itu berkurang.

Bagi kalian yang memiliki masalah pada diri kalian dan memerlukan bantuan serius, jangan ragu lagi untuk memeriksakannya ke dokter/ psikolog di kota kalian!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE