Pentingnya Desain Grafis dalam Komunikasi Visual

Dengan adanya pandemi Covid-19 lalu membuat perkembangan teknologi semakin cepat, hal ini juga berdampak pada kecepatan informasi. Di era super cepat ini peran komunikasi visual sangatlah penting, salah satu bentuknya adalah desain grafis.

Advertisement

Desain grafis merupakan bentuk media komunikasi visual yang berbentuk gambar untuk digunakan sebagai penyampai pesan yang cukup efektif. Adapun orang yang menekuni desain grafis sering disebut sebagai desainer grafis.

Adapun penerapan desain grafis sangatlah banyak dimanfaatkan di berbagai lapisan teknologi informasi. Contohnya desain logo perusahaan, majalah, berita, buku, dan masih banyak lagi. Jadi tidak bisa dipungkiri ilmu desain grafis ini sangat relevan di era modern kini. Oleh karena itu sangat disayangkan jika seseorang belum memahami manfaat ilmu desain grafis.

Penentu Masa Depan

Advertisement

Salah satu manfaat yang diperoleh yaitu desain merupakan salah satu penentu masa depan, selaras dengan ungkapan Robert L. Peters Design creates culture. Culture shape values. Values determine the future. Ungkapan yang bermakna bahwa desain dapat menciptakan budaya, lalu budaya membentuk nilai kemudian nilai menentukan masa depan. Membuat desain yang mengaggumkan dengan seni adalah bakat dari lahir, tapi menghasilkan desain yang unik dan menarik juga didasari oleh kesabaran dan ketekunan desainer. 

Komunikasi Efektif

Advertisement

Desain yang bagus dan unik akan mudah diingat oleh komunikan. Karena gambar dengan desain atau komposisi yang bagus dan menarik tentu memiliki kesan yang lebih mendalam dibanding dengan gambar polos dengan tulisan.

Pada dasarnya otak manusia lebih tertarik dengan gambar atau desain yang bagus dan unik karena dinilai memiliki daya tarik dalam berbagai hal, seperti dalam bisnis. Semakin unik dan bagus inovasi desain dari brand maka akan lebih memiliki peluang yang lebih besar dalam menarik perhatian masyarakat, yang mana akan mempengaruhi pendapatan sebuah perusahaan tersebut. Hal inilah yang bisa didapat dari penerapan pengetahuan ilmu desain grafis.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ilmu desain grafis sangat penting karena perkebangan teknologi informasi yang kian hari kian cepat. Banyaknya informasi dewasa kini membuat perhatian individu atau masyarakat mudah sekali teralihkan, sehingga dibutuhkan komunikasi visual untuk menjadi elemen penting dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator terhadap komunikan yang efektif. Dan juga, teknologi informasi saat ini menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan kualitas masyarakat di era globalisasi. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hanya seorang Mahasiswa biasa yang menuntut ilmu

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE