Momen mudik lebaran sebentar lagi tiba. Sebagai salah satu ritual tahunan yang Anda nantikan kehadirannya, segala persiapan yang mengiringinya pun harus Anda pertimbangkan sejak sekarang. Salah satunya adalah mempersiapkan ponsel yang akan menemani perjalanan Anda kembali ke kampung halaman.

Dari sekian banyak ponsel yang tersedia di pasaran, #Advani6 layak untuk Anda pertimbangkan. Ponsel yang dirilis pada awal kuartal pertama tahun 2018 ini memiliki hampir semua hal yang Anda butuhkan dari sebuah piranti pintar: Desain yang kekinian, kamera yang menjanjikan, fitur-fitur tambahan yang memudahkan, performa yang mumpuni, dan banderol harga yang tidak akan menguras habis bonus THR Anda.

Advertisement

Tentu saja, agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, ada baiknya Anda berkenalan lebih dekat dengan Advan i6. Setelah merampungkan pembacaan ulasan ini, semoga Anda menemukan jawaban atas pertanyaan berikut: seberapa layakkah Advan i6 menjadi teman perjalanan mudik Anda?

Desain & Layar

Advan i6 memiliki dimensi 149,1×71,7×8,95 milimeter. Mudahnya, Advan i6 mempunyai ukuran yang tidak bakal membuat Anda merasa risih saat mengantongi atau menggenggamnya. Advan i6 hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu biru, hitam, dan putih metalik. Bagian frame body Advan i6 terbuat dari metal, sementara bagian back cover terbuat dari plastik polikarbonat.

Advertisement

Frame berbahan metal menjadikannya solid dan relatif tahan dari kerusakan akibat benturan, tetapi plastik polikarbonat dengan tekstur yang glossy membuat back cover Advan i6 rentan terhadap noda sidik jari. Namun, tenang saja, Anda cukup memakai ujung baju untuk membersihkannya.

Bagian back cover bisa Anda buka, dan dibaliknya Anda akan mendapati slot kartu SIM dan kartu memori MicroSD. Advan i6 mendukung penggunaan dua kartu SIM sekaligus, dan slot keduanya didesain terpisah dari slot kartu memori. Jadi, Anda tidak perlu mengorbankan salah satu nomor yang Anda miliki untuk sekadar memasang kartu memori.

Seperti yang telah disinggung di atas, Advan i6 mengadopsi teknologi FullView Display, yang membuatnya memiliki rasio layar 18:9 seperti ponsel kekinian. Diagonal layarnya mencapai 5,5 inchi dengan resolusi HD+ 720×1440. Dengan resolusi sebesar itu, kepadatan layarnya mencapai 282 ppi—tidak istimewa, tetapi sudah memadai untuk Anda pakai menikmati konten multimedia apa pun.

Panel layar yang digunakan oleh Advan i6 adalah IPS LCD yang kondang dengan kemampuannya mempertahankan kualitas citraan dari sudut pandang yang ekstrem. Selain itu, layar Advan i6 juga dipercantik dengan penggunaan kaca lengkung 2.5D dan proteksi antigores. Lumayan juga, Anda tidak perlu membeli lapisan antigores tambahan.

Pada bagian atas layar tertanam kamera depan yang bersanding dengan mikrofon. Pada sisi kanan terdapat tombol daya, sedangkan tombol volume berada tepat di atasnya. Tak ada tombol apa pun pada sisi kirinya. Bagian belakangnya disemati oleh modul kamera, lampu LED flash, dan fingerprint reader. Pada bagian bawah perangkat terdapat lubang speaker. Port microUSB 2.0 berada di sisi atas, ditemani oleh—terima kasih, Advan—jack audio 3.5, fitur penting yang mulai menghilang di pelbagai ponsel terbaru.

Hardware dan Software

Desain yang ciamik bakal sia-sia belaka bila tidak didukung oleh kinerja yang mumpuni, dan untungnya Advan tahu betul hal ini. Oleh sebab itu, Advan i6 dijejali dengan processor berinti empat besutan Mediatek dengan seri MT6737. Clockspeed yang mampu dicapainya sebesar 1,4 GHz. Urusan pengolahan grafis dipercayakan kepada GPU Mali-T720.

Hasil pengujian dengan aplikasi benchmark Antutu menghasilkan skor 34274, sementara dengan aplikasi Geekbench menghasilkan skor 549 untuk single core dan 1516 untuk sektor multi core.

Ringkasnya, Advan i6 sudah cukup layak untuk Anda gunakan sebagai pengusir rasa bosan di perjalanan mudik nanti. Anda bisa memainkan game ringan hingga menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa perlu mencemaskan hadirnya lag. Ruang penyimpanan datanya memiliki kapasitas sebesar 16GB. Sama seperti ponsel Android lainnya, sistem akan menggunakan sebagian ruang penyimpanan tersebut, sehingga kapasitas yang tersedia untuk Anda tinggal sebesar 10,3GB. Untunglah Advan i6 menyertakan slot microSD.

Advan i6 berjalan di atas sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan kombinasi antarmuka yang menjadi ciri khas Advan, yaitu IDOS. Versi antarmuka yang dipakai pada Advan i6 merupakan antarmuka yang terbaru, yakni IDOS versi 7.2. Antarmuka versi ini mengunggulkan fitur keamanannya yang komplet, dan soal ini akan diulas lebih dalam di bagian selanjutnya.

Ada pula tambahan satu fitur berguna pada Advan i6, yaitu Panduan Muslim. Dengan fitur ini, Anda bisa membaca Al-Quran, doa-doa dan ayat-ayat harian, menentukan arah kiblat, mengetahui jadwal shalat sesuai lokasi Anda, hingga mencari masjid terdekat dari lokasi Anda. Tidak perlu lagi kebingungan mencari tempat shalat di perjalanan mudik Anda nanti, cukup aktifkan fitur ini dan biarkan ia memandu Anda.

Kamera dan Baterai

Resolusi 13 megapiksel untuk kamera belakang Advan i6 memang kurang gahar bila dibandingkan dengan resolusi kamera ponsel top of the line dari pabrikan lain. Namun, ingatlah bahwa resolusi bukan penentu utama kualitas kamera; resolusi hanyalah satuan kepadatan gambar yang bisa dihasilkannya. Dan ingat pula bahwa harga Advan i6 jauh di bawah harga ponsel flagship.

Meski begitu, resolusi sebesar 13 megapiksel tentu sudah memadai. Anda tidak akan menemukan piksel yang patah-patah atau objek gambar yang bergerigi. Hasil jepretan kamera belakang Advan i6, secara umum, bolehlah disebut baik. Apalagi ia sudah didukung oleh lampu kilat LED untuk memaksimalkan kinerjanya di malam hari.

Kamera utama Advan i6 memiliki beberapa mode untuk memaksimalkan hasil jepretannya, di antaranya adalah Watermark, AudioImage, Time-Lapse, Beauty Video, PRO, dan QR Code. Selain itu, ada juga beberapa filter untuk mempercantik tampilannya, yaitu Old photo, Fisheye, B&W, CoolColor, Abao, Soft Glow, Focus dan Dew. Tidak lupa pula, Advan i6 menyisipkan fitur Bokeh dan Beauty di dalamnya.

Beralih ke kamera depan. Resolusinya sebesar 5 megapiksel, dan empat mode telah disediakan untuk Anda berfoto selfie: Watermark, AudioImage, Time-lapse, dan Beauty Video. Ketika memakai fungsi Beauty, secara otomatis kamera mendeteksi gender dan usia objek foto. Level Beauty bisa dipilih antara 1 sampai 6, dan level ini tetap bisa diatur saat menggunakan fungsi FaceCute dan Portrait. Bedanya, pada Portrait tersedia juga pilihan untuk mengatur fokus atau tingkat blur seperti pada mode Bokeh.

Hasil foto kamera depan dan belakangnya nyaris identik: ia bisa menghasilkan foto superior di tempat terang, tetapi dihiasi noise yang cukup mengganggu kala dipakai di tempat temaram. Kamera depannya juga belum dilengkapi dengan LED flash, sehingga Anda mesti bijaksana dalam memilih tempat ber-selfie.

Atau, sekadar saran, berselfielah saat siang hari saja. Malam hari bisa Anda gunakan untuk membaca doa dan ayat harian pada aplikasi Panduan Muslim. Bagaimanapun, malam hari diciptakan untuk manusia beristirahat dan mendekatkan diri kepada Tuhan, bukan untuk berselfie.

Untuk menunjang keberlangsungan kinerjanya, Advan i6 membekali dirinya dengan baterai lithium polimer sebesar 3300 mAh. Tidak terlalu besar dayanya, tetapi sudah cukup untuk memasok daya selama 11 jam untuk sekali pengisian dalam pemakaian normal. Jika lokasi kampung halaman Anda bisa dituju dalam waktu kurang dari 11 jam, maka Anda tidak perlu menyertakan power bank ke dalam daftar bawaan mudik Anda.

Fitur Kunci

Harus diakui bahwa segmen yang disasar oleh Advan i6 merupakan segmen yang "panas". Terdapat banyak ponsel di pasaran yang memiliki rentang harga dan spesifikasi yang sama dengan Advan i6. Tentu pihak Advan menyadari hal ini, dan oleh itulah Advan i6 dibekali dengan fitur khusus yang membedakannya dengan ponsel pabrikan lain.

Fitur tersebut adalah fitur keamanan. Selain menyertakan sensor fingerprint untuk mengaktifkan layar, Advan i6 juga dibekali dengan Face ID yang dapat mengenali wajah dalam waktu 0,4 detik.

Jika kedua fitur pengaktif layar tersebut Anda rasa masih kurang mumpuni untuk menjamin keamanan, Anda bisa mengaktifkan fitur keamanan yang lebih andal lagi, yaitu fitur Anti-theft. Fitur keamanan yang hanya bisa Anda dapatkan di ponsel Advan i6 ini memiliki segudang kemampuan untuk membuat kapok maling.

Fitur Anti-theft ini mampu melacak ponsel yang hilang, memotret orang yang mencuri ponsel, mengunci ponsel dari jarak jauh, menghapus data pada ponsel, membunyikan alarm untuk menemukan lokasi ponsel sekaligus mengagetkan pencuri, dan mengirim pesan pada orang yang mengambil ponsel Anda. Itu yang bisa Anda lakukan jika ponsel Advan i6 milik Anda dicuri. Namun, jika ponsel Anda tidak mengalami skenario terburuk tersebut, dan semoga saja begitu, Anda tetap bisa menikmati fitur keamanan lainnya, dan dalam hal ini fitur tersebut berguna untuk melindungi privasi Anda.

Terdapat fitur Privacy System yang berguna untuk melindungi berbagai hal yang bersifat privasi. Pada awalnya Anda hanya perlu menetapkan kata sandi untuk bisa mengakses fitur ini. Kemudian aplikasi bisa kembali diakses dengan menekan kata sandi tersebut dari mode Dialer. Ada pula aplikasi Super Applock. Aplikasi ini berfungsi untuk mengunci aplikasi dengan menggunakan pola, gestur, pin, atau pun dengan sidik jari. Super AppLock memungkinkan Anda mengatur aplikasi-aplikasi mana saja yang akan dikunci. Selain itu tersedia juga Vault untuk menyimpan foto atau video yang membutuhkan privasi.

Kesimpulan

Advan i6 tampaknya mampu menjadi teman mudik andalan Anda: desainnya tidak bakal membikin Anda malu saat berkumpul bersama handai taulan, kinerjanya mumpuni untuk menunjang aktivitas harian Anda, kameranya sudah memadai untuk mengabadikan momen berharga di kampung halaman nanti, fitur keamanannya melampaui ekspektasi, dan baterainya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan Anda dari kecanduan colokan.

Dan untuk menikmati itu semua, Anda tidak perlu menghabiskan anggaran mudik. Advan i6 hanya dibanderol sebesar 1,5 juta rupiah, cukup murah bila dibandingkan dengan apa yang akan Anda dapatkan dari ponsel ini.

Murah dan mumpuni; apa lagi yang Anda harapkan dari sebuah ponsel?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya