Tahun 2018 memang masih lama, tapi tak ada salahnya kita merencanakan liburan jauh-jauh hari, karena promo tiket pesawat dan kereta sudah menggiurkan untuk segera di booking. Wakaupun jadwal keberangkatan dan terbangnya dipastikan mulai tahun depan. Masih ada banyak waktu untuk mempersiapkan liburan kalian di tahun 2018. Salah satunya persiapkan budget liburan dengan cara menabung dari sekarang. Tentukan destinasi liburan kalian yang sesuai dengan lamanya hari libur dan budget liburan kalian. Tak perlu memaksakan diri apabila tidak memiliki hari libur yang panjang dan budget yang besar, misalnya cukup dengan menelusuri sudut-sudut kota tua dan menikmati kuliner daerah setempat.

Bagi para karyawan yang memiliki jatah cuti terbatas tiap tahunnya, sebaiknya selalu rencanakan liburan kalian dengan sebaik-baiknya. Karena bagi para karyawan, berlibur dan menikmati udara bebas itu wajib hukumnya untuk menyegarkan pikiran dan hati. Tujuannya tak lain agar saat kembali ke rutinitas kerja dapat menjadi lebih produktif. Persiapan dan perencanaan yang matang akan mengurangi kekecewaan saat kalian berada di destinasi wisata. Jangan sampai waktu dan uang yang kalian sisihkan untuk berlibur terbuang sia-sia karena kekecewaan saat mengunjungi suatu destinasi wisata karena kurangnya persiapan dan informasi.

Advertisement

Daftar tanggal merah di tahun 2018 bisa kalian cek di sini..

1 Januari

Libur tahun baru ini jatuh di hari Senin. Berarti ada dua hari libur ya gaes. Apalagi jika kantormu memiliki perhitungan lima hari kerja, tambah cihuy kamu punya 3 hari libur. Segeralah rencanakan liburan kalian, booking tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, karena biasanya akan mendapatkan banyak promo. Tahun baruan di tempat nan aduhai bersama orang tersayang bakal jadi kenangan dong ya….

Advertisement

Bagi kalian yang hanya memiliki libur dua hari saja tak perlu galau, masih bisa kok menikmati liburan dengan murah tapi meriah. Kalian bisa mengunjungi kota-kota terdekat dengan menggunakan transportasi kereta api. Booking kereta api sekarang lebih mudah dan banyak kota-kota tujuan wisata yang siap dilalui oleh kereta api tentunya. Kalian bisa menelusuri sudut-sudut kota dan menikmati keanekaragaman dan keunikan yang berbeda di setiap kota. Misal, mengunjungi taman kota, museum ataupun themepark.

16 Februari

Yang belum kebagian jatah libur tiga hari di bulan Januari, nggak perlu khawatir karena di bulan yang penuh cinta ini ada tanggal merah di hari Jumat bertepatan dengan perayaan Imlek. Jadi, segera rencanakan liburan kalian ya gaes. Bagi yang hari Sabtu tidak libur, tetap bisa menikmati libur di tanggal merah karena akan ada banyak event menarik selama bulan Februari, yaitu Valentines Day dan perayaan Imlek. Di mana pusat-pusat perbelanjaan juga memberikan promo yang tak boleh dilewatkan.

17 Maret

Bagi yang memiliki rencana berlibur ke Bali pada tanggal ini, sepertinya bakal terkendala karena bertepatan dengan hari Raya Nyepi yang bertepatan dengan hari Sabtu. Saat peringatan Hari Raya Nyepi, masyarakat pulau Bali meniadakan kegiatan di luar rumah, sarana umum ditutup kecuali rumah sakit dan seluruh masyarakat menghormati kegiatan tersebut. Jadi, lebih baik ubahlah destinasi liburan kalian, masih banyak pilihan pantai-pantai nan eksotik di negeri ini yang bisa kalian nikmati keindahannya.

30 Maret

Tanggal merah di bulan Maret ini bertepatan dengan hari wafatnya Yesus Kristus yang jatuh pada hari Jumat. Kita biasa menyebutnya hari kejepit nasional hehe. Bagi yang memiliki izin cuti di hari Sabtu, bisa jadi menyenangkan karena long weekend, maka jauh-jauh hari buatlah surat pengajuan cuti ya gaes. Yang tidak memiliki izin cuti, tak perlu galau karena masih bisa menikmati liburan bersama teman ataupun keluarga di rumah.

13 April

Libur di bulan April mirip dengan tanggal merah di bulan Maret nih. Tanggal merah jatuh pada hari Jumat bertepatan dengan peringatan Isra Miraj. Silahkan memanfaatkan libur kalian dengan perencanan dan persiapan yang baik. Bagi yang tidak memiliki rencana, manfaatkanlah libur tanggal merah dengan bijaksana, tak perlu selalu bepergian jauh, cukup bersilaturahmi bersama keluarga yang jarang bertemu. Berkumpul bersama keluarga akan meningkatkan rasa kasih sayang antar anggota keluarga dan juga sebagai bentuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta.

1,10,29 Mei

Ada tiga tanggal merah di bulan Mei, pilihlah tanggal merah yang paling efektif dan efisien menurut kalian untuk dimanfaatkan sebagai hari untuk menikmati liburan. Sisanya bisa kalian manfaatkan untuk beristirahat di rumah saja atau menonton film favorit. Tanggal merah yang pertama bertepatan dengan hari Buruh Internasional yang jatuh pada hari Selasa. Biasanya hari buruh ini diramaikan oleh kegiatan unjuk rasa para buruh menuntut hak-hak mereka kepada pemerintah dan perusahaannya. Bagi yang ingin bepergian, selalu memperhatikan lokasi mana yang menjadi pusat berkumpulnya aksi demo tersebut agar tidak terjebak saat berada di jalan. Libur tanggal merah kedua yaitu pada tanggal 10 mei bertepatan dengan hari Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada hari Kamis. Tanggal merah terakhir jatuh pada hari Selasa tanggal 29 Mei bertepatan dengan Hari Raya Waisak. Libur tanggal merah di akhir bulan Mei akan sedikit berbeda karena bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan. Mungkin hari libur kalian akan dipenuhi dengan jadwal berbuka bersama teman atau keluarga maupun kegiatan sosial di bulan Ramadhan.

1,15,16 Juni

Tanggal 1 Juni merupakan tanggal merah yang diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Tanggal 15-16 Juni libur bersama Hari Raya Idul Fitri, biasanya hampir satu minggu libur yang diberikan oleh pemerintah. Maka, inilah hari libur paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Budaya mudik dan adanya THR membuat semangat untuk segera berlibur ke kampung halaman bersama sanak keluarga. Tak ada destinasi wisata yang tak dibanjiri para pengunjung saat hari libur lebaran, semuanya ingin menikmati libur lebaran yang hanya bisa dinikmati setahun sekali.

17 Agustus

Bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-73 yang jatuh pada hari Jumat. Biasanya hari libur ini dipenuhi berbagai kegiatan menyambut HUT RI yang diadakan oleh pemerintah daerah maupun lingkungan tempat tinggal. Berbagai perlombaan diadakan untuk memberikan semangat kemerdekaan, meningkatkan rasa nasionalisme dan memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI kepada masyarakat.

20 November

Tanggal merah yang jatuh pada hari Selasa ini diperingati sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW. Bagi yang masih memiliki jatah cuti tahunan, manfaatkanlah libur tanggal merah di barengi dengan cuti di bulan November ini, karena tahun 2018 akan segera berakhir. Jangan sampai jatah cuti tahunan kalian hangus dan tidak digunakan sebaik-baiknya.

25 Desember

Sebagian dari kita menyebutnya libur akhir tahun, karena biasanya libur hari Natal ini berlangsung hingga libur tahun baru. Libur Hari Natal tahun 2018 jatuh pada hari Selasa. Diperkirakan pada hari Senin sebagian karyawan akan mengambil jatah cuti terakhir sebelum memasuki tahun 2019. Tetapi ada juga karyawan yang hanya memiliki hari libur di tanggal merahnya saja, karena adanya peraturan perusahaan yang melarang izin cuti setelah hari libur nasional dari pemerintah.

Gimana gaes? setelah lihat review tanggal merah di tahun 2018 di atas, sudah adakah rencana akan berlibur kemana? Kemanapun liburan kalian, yang terpenting adalah nikmati liburan kalian dengan bijaksana, selalu mensyukuri keindahan dan keanekaragaman alam negeri kita dengan cara menjaga sikap di setiap langkah kalian. Di manapun kalian berada, selalu menghargai dan menghormati setiap budaya dan norma di manapun kalian akan berlibur ya.

Keep travel and enjoy your holiday!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya