Memiliki kulit wajah yang halus dan bersih dari jerawat serta masalah kulit lainnya adalah impian semua orang, terutama wanita. Berbagai cara dilakukan mulai dari pergi ke dokter kulit, menggunakan banyak produk skincare, sampai mengkonsumsi suplemen. Namun, akhir-akhir ini ditemukan suatu metode yang terbukti dapat membuat wajah mulus sekaligus badan yang sehat, yaitu dengan melakukan clear skin diet.

You are what you eat, tidak dapat dipungkiri, makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Berbagai macam penyakit dan gangguan seringkali disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Kesehatan kulit pun sangat berhubungan erat dengan pola makan yang kita jalankan sehari-hari.

Advertisement

Clear skin diet adalah salah satu cara yang akhir-akhir ini naik daun terutama di kalangan wanita. Selain membuat kulit wajah menjadi mulus, metode ini dapat sekaligus menurunkan berat badan serta membuat badan lebih sehat. Metode ini mulai terkenal setelah sebuah buku berjudul “The Acne-Free Diet Plan” karya Dr. Goodless diluncurkan. Buku ini adalah hasil penelitian dari Dr. Goddless selama kurang lebih 40 tahun. Di dalam buku tersebut berisi tentang seperangkat rekomendasi mengenai makanan yang dapat mencegah jerawat. Dr. Dean Goodless menyarankan metode ini dilakukan kengan diet rendah lemak dan tinggi serat yang menghindari kacang, makanan yang digoreng, garam berlebihan, produk susu, makanan manis, dan makanan tinggi karbohidrat.

Buah dan sayur yang kaya akan Vitamin C seperti brokoli, kale, papaya, stroberi, dan jeruk sangat penting untuk dikonsumsi selama melakukan metode ini. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c akan membantu memperbaiki tekstur kulit dan mencegah timbulnya keriput.

Ingin menjaga kulit tetap segar dan memperbaiki kerusakan kulit akibat matahari? Konsumsi juga makanan yang banyak mengandung Vitamin A seperti tomat, apel, buah naga, dan umbi-umbian. Makanan yang mengandung zinc seperti jamur dan bawang putih juga boleh anda konsumsi untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan glowing.

Advertisement

Metode ini akan sulit untuk dilakukan tanpa adanya niat yang kuat serta komitmen. Dalam diet ini, segala produk susu dan olahannya tidak dianjurkan, termasuk yogurt, eskrim, keju, dan lain-lain. Selain itu, produk olahan seperti keripik, makanan kaleng, popcorn, serta makanan tinggi garam lainnya juga sebaiknya dihindari.

Untuk mencegah jewawat, maka dianjurkan juga untuk menghindari gula berlebih seperti soda, permen, dan lainnya. Hal ini harus dihindari karena dapat meningkatkan insulin dalam darah dan peningkatan insulevel yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Banyak yang ragu untuk mencoba metode ini karena banyak pantangan dan takut tidak bisa makan enak lagi. Namun sebenarnya, kita tetap masih bisa makan enak dengan melakukan diet ini apabila bisa mengatur menu makanannya. Contohnya, untuk asupan protein dapat dipenuhi dengan mengonsumsi ikan, chia seeds, flaxseeds, atau kacang almond. Alpukat, kembang kol, roti gandum, biji jali (barley), nasi merah, sayuran, dan buah buahan adalah contoh makanan yang dapat dikonsumsi selama menjalani diet ini.

Sementara makanan yang harus dihindari adalah produk susu, kafein, makanan berminyak, makanan cepat saji, alcohol, dan gula berlebih. Awalnya memang sulit, namun setelah terbiasa dan melihat hasilnya maka akan lebih mudah dijalankan.

C (19) mengaku sudah menjalani metode ini selama kurang lebih 4 bulan, terhitung dari awal bulan September 2018 sampai Desember 2018. C mengaku sekitar bulan Maret 2018 wajahnya ditumbuhi banyak jerawat yang membuatnya malu untuk keluar rumah. Di tengah keresahannya itu, ia bertemu dengan seorang kenalan yang kemudian menyarankan untuk melakukan clear skin diet.

C mulai dari mengurangi produk susu sampai akhirnya ia menjadi semi-vegetarian, produk hewani yang ia konsumsi hanya ikan dan ayam bagian dada. “Kaget banget, nggak sampai 2 minggu jerawat sudah hilang, bahkan bekasnya pudar” ujarnya. Selain efek yang ia dapatkan di wajahnya, ia juga merasakan berat badannya turun secara sehat, siklus menstruasi teratur, dan tidak mudah sakit. Untuk melakukan metode ini, tidak cukup hanya menjaga makanan tetapi juga harus meminum banyak air putih minimal 2 liter sehari dan tidur cukup minimal 8 jam sehari.

Tidak semua orang kuat untuk menjalani clear skin diet. M (19) mengatakan bahwa ia pernah mencoba metode ini namun hanya dapat bertahan selama kurun waktu kurang lebih satu bulan. “Hasilnya oke sih, berat badan turun muka juga jadi mulus, tapi mana tahan kalau nggak makan keju!” ujarnya.  M mungkin adalah salah satu dari banyaknya orang yang menyerah ditengah jalan dalam menjalani metode ini.

Hal ini menjadi sulit dan perlu proses karena diet yang ideal adalah diet yang mengubah pola hidup dan tidak hanya dilakukan di waktu yang singkat. Mengubah pola makan sama sulitnya dengan mengubah sifat, karena tubuh kita sudah terbiasa untuk menerima segala macam makanan yang enak namun tidak sehat. Oleh karena itu untuk mengubah pola makan harus disertai kesadaran diri sendiri dan tekad yang kuat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya