Tak Apa Dianggap Cengeng, Sebab Menangis Baik Bagi Kesehatan Mentalmu

Menangis Baik Bagi Kesehatan Mental Kita

Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang belum pernah menangis sebab saat pertama kali dilahirkan ke dunia pun respon yang pertama diberikan oleh seorang bayi adalah menangis. Menangis merupakan respon natural yang dilakukan oleh manusia untuk mengekspresikan emosi yang ada dalam dirinya seperti sedih, frustasi, marah bahkan kebahagiaan. Bukan sebuah hal yang aneh jika seseorang menangis.

Advertisement

Menangis dapat dilakukan baik pria maupun wanita, sebab hal tersebut bukan merupakan sebuah tanda bahwa mental kita lemah namun hal tersebut merupakan respon alami yang dilakukan oleh tubuh kita dalam menanggapi emosi diri sendiri maupun rasa sakit atau stres yang kita rasakan. Bahkan dalam dunia kesehatan pun menangis sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental kita. Apa saja manfaat yang dapat kita rasakan dari menangis bagi kesehatan kita? Berikut beberapa manfaatnya antara lain:

Pertama, dapat memperbaiki mood agar tetap stabil

Ketika usai menangis, akan timbul perasaan lega dan merasa lebih baik dari dalam hati kita. Hal tersebut terjadi karena menangis dapat membuat mood menjadi lebih baik dan meningkatkan mood ke arah yang lebih positif dari sebelumnya. Menurut sains juga, ketika kita menangis maka hormon oksitosin serta hormon endorfin yang merupakan hormon yang membantu menjadi pereda alami nyeri yang diproduksi tubuh sebagai respon terhadap stres pun akan terbentuk sehingga mood kita pun akan meningkat. Hormon tersebut membuat perasaan kita menjadi lebih nyaman setelah kita menangis.

Kedua, memberikan rasa tenang pada diri sendiri

Menangis juga dapat menjadi salah satu mekanisme terbaik yang dilakukan oleh tubuh untuk memberikan rasa tenang ketika sedang mengalami perasaan negatif. Menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli, menangis dapat mengaktifkan Parasympathetic Nervous Systems (PNS) atau yang biasa dikenal dengan sistem saraf parasimpatik. Sistem saraf parasimpatik ini mampu membantu tubuh untuk beristirahat dengan baik dan mencerna hal-hal yang telah kita alami dengan jernih sehingga setelah kita menangis maka barulah disitu pikiran kita dapat berjalan dengan baik dan dapat menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi dengan lebih tenang tanpa terbawa emosi.

Advertisement

Ketiga, mengutarakan perasaan yang tak terungkapkan di dalam hati

Menangis juga merupakan bentuk dari mengungkapkan apa yang kita rasakan tanpa berkata-kata alias mengungkapkan melalui ekspresi. Ada kalanya dimana sebuah masalah yang kita alami terlalu berat dan terlalu sulit untuk diucapkan dan diungkapkan dalam bentuk kalimat atau terlalu lelahnya berurusan dengan berbagai macam hal yang terjadi dalam kehidupan dan membuat diri sendiri menjadi sulit mengungkapkan kata-kata dan merasa hal terbaik dengan tidak mengatakan apapun sehingga pada saat tidak kuat lagi menahan hal tersebut sendirian, yang dapat kita lakukan adalah hanya dengan menangis.

Ketika kita sudah tidak tahan dengan perasaan yang sudah dipendam selama ini karena tidak tahu mau bercerita pada siapa dan bagaimana cara merangkai kata untuk mengungkapkan hal tersebut, lebih baik menangis saja. Jangan tahan rasa sedih tersebut.

Advertisement

Keempat, membantu melepaskan beban pikiran yang menumpuk 

Ketika berbagai cara seperti mendengarkan musik atau berolahraga tidak lagi ampuh untuk mengurangi atau melepaskan beban pikiran kita, tidak ada salahnya untuk menangis. Jika beban pikiran yang kita rasakan merupakan hal yang negatif dan cukup mengganggu bahkan membuat kita tidak dapat beraktifitas lepaskanlah dengan menangis. Dengan begitu rasa pilu yang terpendam akan terasa lebih ringan dan juga kamu akan merasa hal yang selama ini kamu simpan di dalam otakmu seperti terlepas satu persatu.

Itu dia manfaat dari menangis yang bisa kamu ketahui yang baik bagi kesehatan mentalmu. Mulai saat ini, jangan lagi tahan dirimu untuk tidak menangis dan jangan takut dianggap menjadi seorang yang cengeng hanya karena menangis. Jika menangis merupakan hal yang membuat pikiran mu menjadi lebih tenang dan menjadi lebih baik, lepaskan semuanya. Sebab menangis merupakan hal yang manusiawi dan boleh banget dilakukan sama siapapun.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

kebanyakan ide kadang bingung mau nulis apa

CLOSE