Semua itu tergantung kita menanggapinya sebagai apa. Sebuah pilihan akan menentukan masa depan kita nantinya, dan itulah yang akan menjadi takdir. Hidup tak melulu tentang takdir, tapi tentang cerita kehidupan yang akan menjadi sejarah selamanya. Banyak sekali pepatah tentang kehidupan yang dapat kita ambil pelajarannya. Perhatikanlah lingkungan sekitarmu, hal sekecil apapun dapat mengubah segalanya. Coba pikirkan apa yang akan terjadi denganmu jika tidak memilih dan pasrah pada takdir? Tentu banyak hal akan terjadi. Hidup ini bukan seperti air mengalir saja kan? Walau seperti air, tapi banyak tantangan yang harus dilewati.

Ketika semuanya teratur, tentu akan lebih baik bukan? Orang-orang di luar sana pun harus memilih jalan hidup mereka. Contoh sederhana seperti memilih pakaian ataupun sepatu. Dalam pendidikan juga kita harus memilih mau masuk ke sekolah negeri atau swasta? Mau lanjut kuliah atau kerja? Mau sukses atau gagal?

Advertisement

Di era teknologi yang begitu berkembang, kita selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Tak peduli baik atau buruk. Sebagai generasi milenial yang cerdas kita tidak boleh salah dalam memilih, karena banyak beredar berita tentang kesuksesan seseorang meraih beasiswa juga ada berita yang berkaitan dengan moral remaja saat ini. Memang kita ditantang untuk berubah dan juga mengubah bangsa, masa depan bangsa ini berada di tangan generasi muda. Jika remaja rusak maka apa yang akan terjadi dengan bangsa ini? Untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah, tapi butuh proses dan kerja keras.

Definisi takdir menurut KBBI adalah Ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan; nasib. Sedangkan pilihan adalah yang dipilih atau hasil memilih. Jadi sekarang apa? Takdir tidak bisa diubah sedangkan pilihan bisa. Bukan orang tua yang menentukan takdir kita, tapi kita sendiri ingin seperti apa. Semua harus dihadapi, karena dalam hidup hanya ada dua pilihan, hadapi atau hindari?

Everything is a choice. Pertama, kamu harus meluruskan pikiranmu dulu. Kamu hidup untuk apa dan siapa. Kedua, pikirkan tujuan dan masa depanmu, karena hidup punya masa depan. Dan ketiga, kenapa kamu ditakdirkan untuk hidup dan memilih jalan sendiri. Semua butuh petunjuk dan arah agar tak tersesat, seperti peta. Dan sekarang semua terserah padamu, pikirkan baik-baik. Dengan hati yang bersih dan pikiran jernih. Renungkan semua itu, perbuatan yang selama ini telah kamu perbuat. Sebenarnya hidup itu pilihan atau takdir? Semua pertanyaan itu hanya kamu yang bisa menjawabnya. Hidupmu dan orang lain itu berbeda, punya jalan masing-masing.

Advertisement

Jadi, orang sukses itu pilihan, tapi menjadi orang yang hidup itu takdir. Kamulah yang menentukan ingin menjadi seperti apa nantinya, walaupun sudah ada takdir, tapi bukan alasan untuk tidak memilih bukan? Semua butuh pilihan, tapi sudah ada yang mengatur takdir kita seperti apa. Jadi apa jawabanmu? Hanya kamu yang dapat memilih, bukan yang lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya