Apakah kamu tahu? Ternyata double cleansing itu penting, lho!

Sebenarnya, teknik ini bukan lah hal yang baru. Teknik ini sudah lama digunakan orang Korea untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas dan memakai make up . Tak heran kulit orang-orang Korea itu glowing. Mereka menaruh investasi tinggi bagi kulit mereka, agar kulitnya tetap awet muda saat tua nanti. Jadi membersihkan wajah adalah hal yang wajib. (yudvi, 2016) Oleh karena itu, kita simak yuk apa itu Double cleansing.

Advertisement

Double cleansing itu apa sih? Nah, double cleansing adalah suatu teknik skincare yang digunakan saat membersihkan wajah agar kulit wajah menjadi bersih sempurna (Narwastu, 2017). Ternyata, membersihkan wajah hanya dengan sabun wajah itu tidak cukup lho! Alasannya, apabila hanya menggunakan facial wash wajah tidak akan tuntas dalam membersihkan wajah .

Karena kebanyakan facial wash hanya dipergunakan untuk membersihkan residu kotoran bukan untuk membersihkan seluruh kotoran. Kulit wajah perlu dibersihkan secara menyeluruh agar tidak timbul penyakit kulit seperti jerawat, komedo, flek hitam dan lain-lain.

Untuk kamu yang masih awam dalam urusan skincare, pasti kamu bertanya-tanya “ apa yang harus dilakukan untuk melakukan double cleansing?” Caranya gampang guys, step pertama adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah khusus. Jenisnya terdapat beberapa macam , dapat menggunakan cleansing milk, cleansing oil, cleansing balm, cleansing water yang masing-masing jenisnya dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Terdapat banyak jenis cleansing product, dan masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan yang sesuai dapat disesuaikan dengan jenis kulit.

Advertisement


  • Cleansing Milk

Cleansing milk, biasanya dapat dipergunakan oleh semua jenis kulit. Formulanya yang lembut dapat membersihkan wajah secara lembut tanpa melukai kulit. Cleansing milk atau biasa disebut milk cleanser merupakan pembersih pertama yang popular di Indonesia. Pembersih ini sudah lama terkenal, dan produk yang terkenal hingga saat ini adalah dari Viva. Selain kualitasnya bagus, harganya pun terjangkau. Cocok loh untuk kantong pelajar!

Cara penggunaanya ambil produk secukupnya, kemudian mulai pijat secara lembut ke seluruh permukaan wajah dan hindari sekitar mata agar tidak terjadi iritasi. Kemudian, ambil kapas dan hapus seluruh kotoran yang menempel. Banyaknya kapas dapat ditentuka tergantung dari banyaknya kotoran atau makeup yang terdapat di wajah. Pastikan wajah dalam keadaan bersih untuk ke step selanjutnya yaitu facial wash.


  • Cleansing oil

Pembersih berbahasan dasar minyak ini, cocok digunakan untuk kulit yang kering. Formulanya dapat melelehkan seluruh make up termasuk yang waterproof agar mudah dibersihkan. Tidak hanya itu, oil juga memiliki sejuta manfaat, selain untuk membersihkan wajah sampai kedalam pori-pori cleansing oil berbahan dasar alami akan memberi nutrisi dan kelembapan alami pada kulit.

Contohnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Penggunaanya, kamu dapat menuangkan produk ke telapak tangan kemudian mulai pijat sekitar wajah hingga hingga mata karena produk berbahasa dasar minyak maka produk akan mudah meleleh sehingga cleansing oil dapat digunakan sebagai 2 in 1 dengan mata dan bibir. Setelah itu, kemudia kamu dapat menggunakan kapas atau handuk hangat untuk membersihkan sisa kotoran dan make up.


  • Cleansing water

Kini pembersih berbahan dasar air menjadi popular, berbagai produk kecantikan mengeluarkan produk andalannya dalam produk Micellar cleansing water. Menggunakan pembersih berbahan dasar air maka wajah tidak akan merasa lengket setelah pemakaian. Terdapat beragam jenis, dimulai dari sensitive hingga acne prone. Produk yang popular adalah Garnier dan Nivea, keduanya memiliki harga yang terjangkau.

Cara penggunaan cleansing water adalah cara yang paling mudah. Produk ini biasa dipakai untuk orang-rang yang terburu-buru. Karena penggunannya hanya menggunakan kapas yang sebelumnya harus dibasahi oleh produk kemudian usapkan ke seluruh wajah. Namun penggunaannya harus dilakukan berkali-kali agar hasil yang didapat maksimal. Apabila hanya sekali, wajah tidak akan bersih, pembersihan harus dilakukan berkali-kali hingga kapas terlihat bersih dan tidak meninggalkan noda.


  • Cleansing Balm

Pembersih ini memang tidak sepopuler pembersih yang lain. Namun pembersih ini sangat efektif untuk membersihkan wajah. Tekstur yang seperti balm akan meleleh menjadi minyak apabila di pijat di wajah. Tekstur balm akan meleleh mengikuti suhu badan. Produk yang terkenal adalah dari The body shop hargnya juga cukup terjangkau. Produk ini biasa dilakukan apabila sedang menggunakan make up yang berat.

Karena formulanya dapat mengangkat semua kotoran dan make up yang menempel di kulit wajah. Cara penggunaanya cukup mudah, kamu harus menggunakan jari atau spatula untuk mengambil produk ke telapak tangan, kemudia gosokkan kedua telapak tangan untuk mengahangatkan produk agar tekstur nya menjadi cair. Kemudia mulai pijat lembut seluruh permukaan wajah hingga mata. Setelah merasa cukup, gunakan handuk basah atau kapas untuk menghapus seluruh sisa makeup dan kotoran.

Pemilihan jenis cleansing juga penting, lho! Agar penggunaannya dapat maksimal di kulit wajah. Manfaat dari cleansing step pertama adalah untuk melelehkan seluruh make up dan kotoran yang menempel pada kulit wajah agar menjadi lebih mudah dibersihkan khususnya make up waterproof yang sulit untuk dibersihkan apabila hanya dengan pencuci wajah.

Cara menggunakan pembersih yaitu, pertama-tama setekah beraktivitas gunkakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kemudian, step yang kedua adalah menggunakan sabun wajah favorite yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Gunanya untuk membersihkan residu kotoran yang menempel di kulit wajah.

Step ini penting dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di kulit sekaligus menyegarkan wajah. Pemilihan facial wash juga beragam jenis yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Sebaiknya, pilihlah facial wash yang tidak menggunakan terlalu banyak mengandung busa karena hal itu dapat membuat kulit semakin terasa kering dan hilang kelembapannya. Sebaiknya pakai produk yang less soap agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Nah, sekarang akan dibahas kenapa sih perlu double cleansing? Jadi guys, wajah itu sensitive terhadap kotoran. Wajah akan mudah mengalami berbagai permasalahan kulit apabila tidak dibersihkan dengan sempurna. Wajah tidak akan menyerap produk skincare dengan sempurna apabila wajah masih terdapat sisa-sisa make up dan kotoran. Walaupun kita tidak memakai makeup wajah juga harus tetap melakukan double cleansing, karena debu yang menempel juga dapat menyumbat pori-pori.

Kotoran yang menempel pada pori-pori akan menyebabkan permasalah kulit seperti komedo dan jerawat. Tak hanya itu, apabila kulit wajah tidak dibersihkan secara sempurna, wajah akan kusam dan munculnya penuaan secara cepat akibat residu kotoran yang menghambat proses regenerasi kulit. Oleh karena itu, begitu pentingnya melakukan double cleansing agar wajah menjadi sehat dan terawat.

Tunggu apalagi, ayo lakukan sebelum terlambat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya