Usahamu Tak Pernah Sia-sia Walaupun Hasilnya Tak Sesuai Keinginanmu

Berusaha sekuat tenaga.

Tak peduli apa kata orang, dalam hidup kita tuh harus melakukan yang terbaik dan sebisa kita. Dalam belajar, dalam bekerja, dalam berkarya, dan dalam hal yang lainnya. Karena kalau kita tidak melakukan yang terbaik tentu kita tak akan memperoleh hasil yang kita inginkan. Kalaupun misal setelah kita berusaha sebaik mungkin tapi kita tak mendapatkan apa yang kita inginkan, jangan berhenti! Karena kita masih punya kesempatan di lain waktu.

Advertisement

Misal di saat kita mengikuti lomba, kita sudah mecurahkan tenaga, pikiran, dan waktu yang kita miliki tapi pada saat pengumuman juaranya nama kita tidak disebut, tak mengapa. Itu berarti kamu disuruh untuk berjuang lagi, dan jangan anggap ketika kamu berjuang lagi yang akan kamu dapatkan hanya capeknya aja.

Tentu ada pengalaman juga yang kita dapat dari ikut lomba-lomba, atau dari jatuh bangunnya kita berdagang, dan lain sebagainya. Selain mendapat pengalaman, dari kegagalan yang kita alami, berarti kita masih diberi tempat untuk berkreasi lagi, mencurahkan apa yang ada di kepala kita karena motivasi untuk mendapatkan kepuasan sebagai juara belum didapatkan.

Yang sudah pernah merasakan mendapatkan gelar juara bukan berarti tidak ada motivasi atau effort untuk menjadi juara lagi, namun kalau di nalar yang belum pernah merasakan juara pasti effort-nya lebih besar dong.

Advertisement

Meski begitu, tentu di saat berjuang kita juga harus ‘ukur badan’. Jangan sampai hanya semangatnya yang memadai, tapi fisik kita gak memadai. Kalau begitu, yang ada malah kita yang kewalahan sendiri, jatuh sakit dan masuk rumah sakit.

Kalau sekiranya kita kelelahan, beristirahat sejenak tidak ada salahnya. Namun jangan terlalu lama juga, namanya juga istirahat. Kalau terlalu lama, kesempatanmu tentu akan diambil oleh orang lain.

Tentu kita tak ingin hal itu terjadi pada kita kan? Oleh karena itu jangan terlalu terlena ketika beristirahat. Penting juga diingat bahwa motivasi internal juga penting, karena hal tersebutlah yang mendorong orang untuk semangat berjuang, semangat berkarya, dan melakukan aktivitas hidupnya.

Aku pernah mendapat kutipan dari sebuah anime bahwa orang akan menjadi lebih kuat jika ingin melindungi orang lain. Dari situ dapat aku ambil kesimpulan kalau kita mempunyai tujuan dasar atau niat awal yang baik, maka proses berjalannya usaha kita juga akan baik.

Misal kita ingin membuat orang tua bangga dengan prestasi yang kita miliki, tentu kita akan terus berjuang untuk mendapatkan prestasi. Kalau belum mendapatkan pasti akan ada perasaan tidak puas, ada 'hutang' yang harus dibayar di masa depan. Dan 'hutang' itu tidak akan lunas hingga kita bisa mendapatkan prestasi, dan orang tua kita bangga akan hal tersebut. 

Tentu itu tak akan berjalan mudah, tapi yakinlah pada akhirnya perjuanganmu akan berhasil, 'hutang'mu akan terbayar lunas, dan tentu akan ada rasa kepuasan yang sangat besar dalam hati. Karena usaha pasti membuahkan hasil, lalu perlu alasan apa untuk menyerah?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka ngemil bawang goreng.

CLOSE