Xiaomi Mi A1 yang jadi bagian dari proyek Google One dan Moto G5s Plus dari Motorola adalah dua handphone yang memungkinkan siapapun menikmati handphone berkualitas dengan harga terjangkau.

Tapi kalau harus memilih antara Xiaomi Mi A1 atau Moto G5s Plus sebenarnya mana sih yang lebih baik? Beda harga keduanya cuma beberapa ratus ribu Rupiah saja, dua-duanya sudah pakai dual lens camera, dua-duanya juga pakai SoC Snapdragon 625 dan RAM 4 GB.

Lantas mana yang mesti dipilih? Simak yuk 10 pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum memilih satu diantaranya:


  1. Penampilan dua handphone Android ini sama-sama keren, pakai bahan logam dan desain unibodi. Sekalipun lebih ringan tapi waktu digenggam ternyata Xiaomi Mi A1 tetap mantap dan solid. O ya yang ngga kalah penting Mi A1 ini kualitasnya beda banget kalau dibandingkan handphone Xiaomi lainnya. Ambil contoh saja misalnya seri Redmi Note 4, kalau kamu bandingkan keduanya langsung terasa kalau Mi A1 lebih rapi dan lebih kuat. Moto G5s sebenarnya juga tidak kalah bagus tapi kesan elegannya tidak sebaik Mi A1.

  2. Jangan buru-buru singkirkan Moto G5s dari pilihan kamu. Walaupun tidak seelegan Mi A1 tapi ada keunikan yang dipunyai ponsel ini. Dari penampilannya ponsel buatan Motorola ini kelihatan punya desain yang tidak meniru-niru iPhone, sementara Xiaomi keliatan banget kalau terinspirasi alias meniru desain iPhone.

  3. Soal jeroan dua-duanya sama pakai Snapdragon 625, RAM 4 GB juga memori internal 64 GB. Soal performa memang sama tapi baterai Moto G5s Plus sedikit lebih boros dibandingkan Mi A1.

  4. Biar sama-sama pakai layar 5.5 inch dengan resolusi Full HD tapi Xiaomi sudah pakai teknologi yang lebih efisien, ini salah satu alasan baterai Mi A1 lebih hemat. Sayangnya di sisi lain teknologi itu membuat warna layar Mi A1 tidak terlihat setajam warna pada layar Moto G5s Plus.

  5. Salah satu alasan performa Mi A1 dan Moto G5s Plus istimewa karena dua-duanya pakai tampilan antar muka (UI) stock Android walaupun keduanya tidak sama persis. Tapi sebagai bagian dari Google One Xiaomi Mi A1 punya keunggulan berupa kepastian bakal dapat update Android Oreo bahkan Android P. Sementara Moto G5s Plus sampai sekarang belum ada kepastian apapun terkait update dari pihak Motorola.

  6. Masih seputar sistem operasi, tampilan stock Android Mi A1 sama persis yang dipakai Google Pixel. Sedangkan Moto G5s Plus ada ubahan minim misalnya model ikon dan sebagainya. Meski demikian perbedaan itu tidak terlalu berpengaruh sama performa masing-masing.

  7. Memang kedua handphone ini sama-sama menawarkan dual lens camera, tapi bukan berarti sama. Alasannya untuk Mi A1 salah satu lensa adalah lensa jarak jauh yang memungkinkan kamera handphone ini membesarkan obyek yang jauh. Sedangkan konsep dual lens pada Moto G5s lebih konvensional (bukan lebih murah atau jelek).

  8. Buat kamu yang suka bikin foto pakai efek bokeh, dua-duanya sama-sama memungkinkan. Tapi jangan berharap kualitas bokeh seperti kamera LG G6 atau Huawei P9, kualitas bokehnya tidak sebaik dan sejelas efek bokeh pada kamera handphone yang lebih mahal.

  9. Sensor pemindai sidik jari Moto G5s Plus letaknya di depan, artinya kalau handphone itu kamu taruh di meja ngga perlu membalik untuk sekedar melakukan unlock. Sementara untuk Mi A1 ada di belakang jadi terasa kurang praktis.

  10. Xiaomi Mi A1 sudah pakai port USB tipe C, sementara Motorola Moto G5s Plus masih pakai port micro USB.