Kita tak asing mendengar kata itu, tapi tahukah kalian jika ketiga kata-kata itu sangat berguna disaat kita menghadapi suatu masalah atau disaat kita sedang membutuhkan semangat hidup. Coba kalian ingat kata-kata itu dikala sedang menghadapi suatu masalah yang cukup mengganggu hidup kita, lalu hayati ketiga kata tersebut dan…………..

Ketegasan

Advertisement

"Ketegasan" kata yang mudah diucapkan, tapi kenyataannya sering sulit untuk dilakukan. Apakah dia 'terhalang' oleh adat, kesopanan atau norma-norma lainnya. Tapi, dia harus dilakukan….

Ketegasan memiliki arti penting dalam kehidupan. Seperti kata orang bijak, "Life is about choices"; hidup adalah pilihan. Setiap pilihan memerlukan ketegasan dalam memilih dan melaksanakannya. Soal resiko? Itu sudah biasa; tidak ada satu pekerjaan pun di dunia ini yang bebas dari resiko, masalahnya hanya pada besar atau kecilnya.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia Edisi keempat “Ketegasan” bermakna kejelasan; kepastian; keterangan yang jelas atau pasti. Ketegasan memiliki makna kesungguhan atau kemantapan hati yang diiringi dengan perasaan optimis, motivated/inspired sekaligus pengharapan yang besar akan dikabulkan oleh Tuhan. Ketegasan akan melahirkan jiwa-jiwa yang punya semangat yang terus-menerus berkobar untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan dalam usaha. Ketegasan juga akan melahirkan perasaan pantang menyerah dan kerelaan berkorban, apapun itu. Pun ketegasan juga akan membuat seseorang menjadi 'tidak sabaran' segera bertindak atau berbuat. Now or never!

Advertisement

Tapi, kebanyakan orang cenderung akan 'surut' jika ditimpakan ujian atau cobaan, entahlah itu eksternal maupun internal. Konflik-konflik psikologis seperti ini sering dijadikan 'alasan alias kambing hitam' gagalnya sebuah cita-cita luhur atau mulia. Padahal, ujian atau cobaan itu adalah salah satu 'cara' Tuhan untuk menunjukkan kasih sayang-Nya, seolah-olah Dia berkata "Apa benar engkau menginginkan hal itu?" Jika dia tegas, maka lambat-laun akan tercapai. Masalahnya hanya pada waktu.

Ketegasan adalah pula pemaksa; pemaksa yang punya cita-cita untuk segera bertindak sesuai rencana dan 'alokasi waktu' pencapaian target. Jikalau belum tercapai, semangat akan terus menyala menemukan cara-cara yang lebih baik dan 'mengeksekusinya' dalam perbuatan. Jika sudah berhasil, puji syukur pun akan terlahir dari mulut, hati dan jiwa yang tegas tersebut.

Ketegasan melahirkan kedamaian hati sekaligus 'cadangan semangat yang besar'. Sebaliknya, ketidaktegasan akan membuat wujud 'hantu' yang akan selalu mengejar dan mengusir kedamaian itu dari hati. Ketegasan tidak bertentangan dengan norma apapun. Ketegasan adalah cahaya hati para insan pilihan.

Ketegaran

Ketegaran Dalam kamus besar Bahasa Indonesia Edisi keempat bermakna “tidak dapat diubah pendiriannya; kekerasan hati”. Ketegaran itu Senantiasa sabar dan ikhlas menghadapi ujian hidup adalah sifat orang beriman dengan sebenarnya.Oleh karena itu, jika engkau ridha dan ikhlas terhadap segala ketentuanNYA, maka tidak akan ada lagi ujian hidup yang terasa berat bagimu.Untuk membelah badai kehidupan,kita harus menjadi orang yang tegar, karena ketegaranlah yang menjadikan batu karang mampu memecahkan ombak yang menerpanya.

Senyuman

Senyuman adalah sesuatu yang terindah bagi siapa saja yang mendapatkannya, karena senyum merupakan ekspresi dari hati atas kesenangan atau kegembiraan yang dirasakan sang pemilik senyum itu sendiri, akan tetapi terkadang sulit bagi kita untuk berbagi senyuman kepada orang yang tidak kita sukai, meskipun kita paksakan untuk tersenyum tapi biasanya orang akan berkomentar kok senyumnya kecut sih, tapi setidaknya ketika kita terseyum meskipun kecut kita telah bisa berbuat yang terbaik untuk diri kita sendiri dengan cara membuang energi negatif yang sedang menaungi perasaan pada waktu itu.

Meskipun kita sedang menghadapi masalah seberat apapun dalam hidup ini, dengan sebuah senyuman dan keyakinan akan bisa mengurangi beban dalam pikiran atau perasaan kita, Semua orang punya masalah tapi cara penyelesaiannya yang berbeda tentunya hasilnya pun akan berbeda . Seberat apapun masalah dalam hidup ini apabila kita hadapi dengan senyuman secara psikologis beban itu telah terkurangi.

Itulah pengertian Ketegasan, Ketegaran, dan Senyuman. Ketiga kata tersebut saya dapatkan dari teman saya, tidak usah disebutkan namanya, saya ucapkan terima kasih banyak atas kata-kata dan motivasinya. Boleh setuju maupun tidak, itu hak para pembaca, karena saya bukan ahli bahasa, dan tidak ahli merangkai kata-kata. semoga berguna bagi kita dalam mengatasi masalah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya