Pada zaman sekarang ini, industri makanan serta kesehatan lagi gencar mempromosikan "istilah" herbal lagi. Arti dari kata herbal yakni merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki elemen aktif jadi bisa berkhasiat untuk penyembuhan alternatif tanpa adanya zat dari bahan kimia, jadi lebih sehat serta asli.

Di sisi lain juga bahan herbal tidak punya efek samping jika digunakan sebagai obat, sebagai pengobatan suatu penyakit. Berbeda hal dengan obat kimia yang memiliki efek samping jika dipakai terus terusan untuk jangka panjang, bisa jadi penyakit kamu membaik dengan obat obatan kimia.

Advertisement

Sebaliknya hadir penyakit lain yang diperoleh gara-gara obat kimia tersebut yang belum kalian tahu. Di negara ini yang punya cuaca tropis setiap tahunnya, banyak kita temui tanam-tanaman herbal tumbuh subur dan melimpah. Mulai dari Aceh hingga Papua kita bisa tanami dan manfaatkan tumbuhan herbal ini buat kesehatan. Ayuk.. kita simak informasi berikut buat pengetahuan lebih lanjut:

1. Tumbuhan Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini masuk kedalam keluarga Liliaceae, tanaman ini bermula dari daerah tandus Afrika. Wujud tumbuhan ini sudah banyak diketahui masyarakat ialah tidak punya daun bagaikan tumbuhan lainnya.

Advertisement

Mungkin kita tahu tumbuhan lidah buaya sekadar untuk protein rambut, menjaga rambut agar sehat, menebalkan rambut, dst. Tapi kenyataannya tanaman lidah buaya juga bisa untuk memulihkan masalah pencernaan, diabetes, radang sendi dan sebagainya.

2. Belimbing Wuluh

Tanaman obat selanjutnya yang dapat kamu tanam sendiri di halaman kamu adalah belimbing wuluh. Lazimnya masyarakat kita tahunya dengan sebutan belimbing sayur, karena sering dibuat menjadi campuran untuk masakan, sehingga memberikan cita rasa lebih nikmat.

Buah belimbing wuluh ini juga memiliki rasa asam yang begitu kuat, maka dari itu buah ini mampu digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan seperti sariawan, rematik, gusi berdarah dan seterusnya.

3. Kumis Kucing

Bunga kumis kucing memiliki nama ilmiah Orthosiphon Aristatus serta terbilang sebagai keluarga tanaman Labiatae, tumbuhan kumis kucing bisa dikatakan tumbuh subur di Indonesia, dikarenakan iklim tropis yang ada hampir sepanjang tahun dan secara asal tanaman ini berasal dari wilayah Afrika yang bersuhu tropis.

Tidak heran juga kita menjumpai tanaman ini dipinggir-pinggir jalan, bagaikan tumbuhan liar yang tidak terurus. Jarang sekali kita mendengar kumis kucing dipakai buat obat herbal disebabkan pengetahuan kita yang kurang, padahal tanaman ini memiliki khasiat yang sangat berjibun, mulai dari menyembuhkan masalah batu ginjal, sakit pinggang, rematik dan sebagainya.

4. Temulawak

Tanaman temulawak ini tampaknya gak asing di telinga kita. Dahulu kamu mungkin pernah mendengar jamu temulawak. Ya, tumbuhan ini dari dahulu udah biasa digunakan untuk ramuan obat obatan herbal untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit.

Tumbuhan yang mempunyai bagian buah di akarnya ini bermanfaat guna menjaga kesehatan tubuh dan lain-lain.

5. Daun Cincau

Tanaman herbal yang berikutnya adalah daun cincau. Kalian pasti pernah meminum es cincau bukan? Bahan untuk membuat cincau itu sendiri didapatkan dari daunnya loh. Secara umum daun cincau dibagi 2 yaitu hitam lalu hijau. Daun cincau dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit demam, flu, lambung dan lain-lain. Keren ya?

Di samping rasanya enak dan dapat menghilangkan dahaga, es cincau juga berguna untuk tubuh kita ya Gens.

Demikian 5 tanaman herbal yang bisa kalian tanam sendiri dipekarangan, bayangkan jika kamu ingin buat obat herbal bahannya hanya tinggal petik saja, mudah bukan?

Semoga bermanfaat Guys :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya