1. Sistem Pendidikan Terbaik di dunia adalah sistem pendidikan di Negara Finlandia, namun konsepnya mengacu pada konsep Pendidikan yang di gagas oleh Ki Hajar Dewantara

2. Ki Hajar Dewantara tidak hanya di kenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Beliau bersama Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo Mendirikan Partai IP yang kemudian di Bredel oleh Londo, namun bukan malah surut perjuangannya untuk persatuan Indonesia, justru semakin bersemangat dalam melawan pemangku kekuasaan pada saat itu.

Advertisement

3. Konsep Tri Pusat Pendidikan. Alam Keluarga. Alam Perguruan dan Alam Masyarakat. bersinergi dan saling melengkapi yang membentuk manusia-manusia unggul, berbudi, dan cerdas secara lahir dan Batin

4. Bahwa Ki Hajar Dewantara adalah keturunan langsung bangsawan Jawa. Ayahnya adalah Kanjeng Pangeran Harjo Soerjaningrat, Putra ketiga dari Sri Paduka Alam III.Sementara Ibundanya bernama Raden Ayu Sandijah, yang juga masih termasuk salah seorang keturunan bangsawan di Istana Kadipaten Puro Pakualaman.

5. Ki Hajar Dewantara juga termasuk jurnalis andal, dalam setiap tulisannya selalu menggelorakan semangat perjuangan kaum pergerakan. komunikatif dan tajam. dan kata-kata dalam sebuah tulisan memang lebih tajam. dan Walau Ki Hajar Dewantara sering juga di tangkap dan di penjara seperi tokoh pergerakan lainnya, perjuangannya untuk membela kepentingan rakyat tak kunjung padam.

Advertisement

6. Endors dari penulis buku novel Air Mata Tuhan. AGuk Irawan MN "Membaca novel biografi Ki Hajar Dewantara adalah membaca perjalanan panjang bangsa ini dari bagi terpenting. Karena Ki Hajar Dewantara adalah Ikon Pendidikan kita. Novel ini mengisahkan hal-hal yang tak pernah kita bayangkan. Inspiratif.!

7.ketika menghadapai sakaratul maut, ada sebuah dialog yang sangat menyentuh."Mengapa engkau menagis, Nyi?Bukankah setiap orang yang bernyawa pasti akan mati, kembali ke Dzat yang Mahahidup? kata Ki Hajar Dewantara nyaris tak terdengar. "Yang akan mati itu bukan Ki Hadjar, Nyi!, bukan Ki Hajar Dewantara yang mati! yang pergi ini hanya wadah. Ki HAjar Dewantara akan tetap hidup di hati rakyat Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya