Berita-berita yang hilir mudik di timeline akhir-akhir ini cukup menguras waktu, pikiran, kuota dan juga perasaan. Kecepatan bit internet 4G telah mengantarkan berita-berita itu menjadi buah bibir para warganet dan kemudian viral. Patut dicurigai jika para warganet tersebut masih berstatus jomblo sehingga ke-selow-an waktunya masih banyak dihabiskan dengan stalking artis/ tokoh/ mantan/ gebetan, berkomentar di lini masa yang liker statusnya sudah tembus ratusan bahkan ratusan biar ikut terkenal, share segala bentuk quote yang pas dengan kondisnya saat ini, dan terakhir membuat meme-meme yang tujuannya untuk membuat orang lain tertawa padahal sebenarnya dia sendiri yang lagi butuh hiburan.

Acapkali menjadi jomblo itu sering menjadi sasaran empuk lelucon dimana pun dan kapan pun berada, baik forum nyata maupun maya. Padahal menjadi jomblo bukanlah sesuatu yang hina tetapi menggemaskan. Karena jomblo bisa melakukan hal untuk baper sesuka hatinya. Warganet mana yang tidak tahu baper? Kata ‘baper’ yang merupakan singkatan dari ‘bawa perasaan’ telah menjadi kata magis yang bisa menimbulkan desiran aneh dan perasaan dag dig dug deg serrr. Apalagi baper yang menyangkut pernikahan, warganet yang semula baik hati dan kalem berubah jadi ganas seperti piranha.

Advertisement

Sampai-sampai para warganet tersebut menggolongkan baper mereka menjadi tiga tingkatan: baper nasional, baper internasional, dan baper dunia akhirat. Tetapi sebenarnya tingkatan baper bukan lagi tiga melainkan empat. Apa saja itu? Mari kita simak!

1. Baper Tingkat Nasional

Baper tingkat nasional ini hanya melanda di negeri Indonesia. Munculnya baper tingkat nasional dilatarbelakangi oleh kisah asmara seorang penyanyi cantik pujaan kaum adam Raisa dan seorang aktor tampan pujaan kaum hawa Hamis Daud. Pada tanggal 21 Mei 2017, mereka melangsungkan prosesi engagement atau lamaran di kediaman Raisa. Berita pertunangan keduanya seketika menjadi viral. Banyak kaum adam dan hawa yang mengatakan dirinya patah hati. Tidak rela melihat pasangannya melakukan pertunangan secepat ini. Apalagi keduanya baru menjalin pacaran belum genap satu tahun, dibandingkan Raisa dengan Keenan yang sudah berpacaran empat tahun. Memang benar bukan perkara seberapa lama seseorang berpacaran, tetapi seberapa berani seorang tersebut untuk melamar. Namun dibalik kebaperan tidak jelas para jomblowan dan jomblowati, masih banyak yang ikut berbahagia dan mengucapkan selamat atas pertunangan mereka. Semoga lancar sampai prosesi akad nanti ya Mbak Yaya dan Babang Hamish.

Advertisement

2. Baper Tingkat Internasional

Sama dengan baper tingkat nasional, namun kebaperannya merambah ke skala yang lebih luas, yakni internasioal. Kebaperan ini dilatarbelakangi oleh pasangan aktor dan aktris fenomenal pemain Drama Korea Descendants of The Sun yakni Song Joong Ki dan Song Hye Kyo atau yang lebih dikenal pasangan Song Song yang mengumumkan pernikahannya pada bulan Oktober mendatang. Sebelum berita pernikahan ini mencuat ke publik, keduanya sempat diisukan tengah cinlok di drama DOTS dan kemudian berpacaran, tetapi keduanya mengelak. Bahkan pihak agen kedua artis tersebut membantah dengan tegas bahwa mereka tidak berpacaran. Tetapi setelah isu liburan bareng di Bali pada bulan Juni kemarin, akhirnya keduanya angkat suara. Bukan mengklarifikasi tentang liburannya yang kepergok kornet (korea netizen) di Bali, melainkan memberi kabar rencana pernikahannya pada bulan Oktober. Alhasil semua penggila drama DOTS dari seluruh penjuru dunia kaget dan tidak percaya. Akhirnya pasangan yang keromantisannya bisa dinikmati di drama DOTS yang tayang ulang di Global TV ini menjadi pasangan real. Daebakkkk!

3. Baper Tingkat Dunia Akhirat

Baper dunia akhirat ini lebih berbau nuansa islami. Pasalnya baper ini dilatarbelakangi oleh Muzammil, seorang hafidz 30 juz dan memiliki suara merdu seperti Imam di Masjidil Haram, tiba-tiba mengumumkan pernikahnnya pada tanggal 7 Juli 2017 di akun instagram pribadinya. Prosesi pernikahannya berlangsung di Aceh dengan sakral dan khidmat. Seorang perempuan bercadar bernama Sonia telah berhasil meluluhkan hati Muzammil untuk meminangnya. Seketika banyak perempuan muslim di Indonesia merasa baper, patah hati dan galau karena seorang lelaki yang digadang-gadang sebagai calon suami dunia akhirat idaman telah sah menikah. Semoga masih ada sisa satu yang kayak begitu ya Tuhan.

4. Baper? Tingkatin Iman dong!

Nah untuk baper yang terakhir tentunya sudah mengerti arahnya kemana. Selagi baper itu bermuara ke arah positif tentu boleh dijadikan cambuk untuk bisa menjadi manusia lebih baik lagi. Sebaliknya jika bermuara ke negatif, tinggalin saja, masih banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan agar lebih produktif. Jangan kebanyakan baper, nanti jadi laper loh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya