Pernahkah kalian merenungkan hubungan yang ada di hidup kalian? Entah itu hubungan yang masih bertahan, atau hubungan yang sudah tak bisa dipertahankan. Baik, di sini saya menuliskan beberapa pertanyaan tentang hubungan, tolong jawab dalam hati, agar privasi tetap tersimpan rapi.

1. Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama dari kebanyakan hubungan adalah tanpa rencana. Contohnya hari pertama ospek kuliah. Rasa asing dan rasa ingin memiliki teman bercampur menjadi satu. Ada beberapa orang yang hangat, ada beberapa yang bicara seperlunya. Ada yang mudah berbaur, ada yang kocak, ada yang supel, dan ada yang butuh didekati secara pelan dan lembut.

Atau contoh lain, ketika pertama kali bertemu dengan sepupumu di acara reuni keluarga. Ada yang bersikap mengayomimu dan menganggapmu sebagai adik. Ada yang bersikap manja kepadamu dan menganggapmu sebagai kakak. Ada yang easy going dan menganggapmu teman. Atau ketika bertemu pertama kali bertemu dengan seseorang yang memberi makna lebih di hidupmu. Bagaimana responmu? Tetap tenang dan ngobrol sewajarnya? Ya, ingatkah kamu tentang pertemuan pertamamu dengan orang-orang yang penting dalam hidupmu?

2. Komunikasi

Advertisement

Hubungan membutuhkan komunikasi. Entah itu melalui telepon, video call, atau chat. Bagaimana cara kalian berkomunikasi dengan sahabat kalian yang hangat dan easy going? Bagaimana cara kalian berkomunikasi dengan mantan yang berubah menjadi lebih hangat dan dewasa? Bagaimana cara kalian berkomunikasi dengan ibu yang identik dengan sikap penuh kasih sayang, dan dengan ayah yang identik dengan imej sibuk? Bagaimana cara kalian berkomunikasi dengan rekan kalian yang analitis dan kritis?

3. Prinsip Hidup dan Sifat
Apakah kalian merasa nyaman memiliki hubungan personal dengan seseorang yang memiliki prinsip hidup atau sifat yang sama dengamu? Atau malah sebaliknya, kalian merasa nyaman memiliki hubungan personal dengan seseorang yang memiliki prinsip hidup atau sifat yang berbeda dan lebih mementingkan teknik komunikasi daripada persamaan prinsip hidup atau persamaan sifat?

4. Dukungan

Pernahkah kamu mengingat orang-orang yang mendukung kalian untuk melangkah? Pernahkah kalian mengingat orang-orang yang memeluk erat untuk menghangatkan hati yang membeku? Pernahkah kalian menerima dukungan dari pihak-pihak yang tak pernah kalian duga sebelumnya? Bagaiman perasaan kalian? Merasa senang? Merasa berharga? Merasa takjub?

5. Rasa aman dan nyaman

Pernah merindukan seseorang yang membuatmu merasa aman dan nyaman? Rasa aman dan nyaman yang menanam kerinduan. Terkadang rindu menyapa ketika jarak memisahkan, yang mengharuskan sebuah pertemuan dilakukan. Terkadang rindu menyapa ketika waktu bersama terasa singkat, yang mengharuskan chat tengah malam atau sebuah video call dilakukan.

Terkadang rindu menyapa sebuah hubungan yang telah berakhir, yang membuat beberapa orang memilih untuk mati rasa, atau membuat beberapa orang ingin hilang ingatan permanen, atau mungkin membuat beberapa orang bertambah dewasa dalam menyikapi kenyataan hidup. Terkadang rindu menyapa ketika dua orang sudah berada di dunia berbeda, dan hanya doa yang bisa menjadi penghubung untuk memanen bulir-bulir kerinduan.

Apakah kalian bisa menjawab hal-hal di atas? Jika kalian masih menginginkan untuk menjawab pertanyaan lagi, kalimat-kalimat ini membutuhkan jawaban. Apakah ada beberapa di antara kita yang berjuang sendiri untuk sebuah hubungan yang berada di tepi jurang perpisahan? Apakah ada beberapa di antara kita yang menginginkan sebuah hubungan ingin berakhir atau merenggang? Apakah ada beberapa di antara kita tak sadar masih diperjuangkan oleh seseorang? Apakah ada beberapa di antara kita rindu rasanya diperjuangkan? Apakah ada beberapa di antara kita yang masih berjuang bersama dengan seseorang untuk sebuah hubungan?