Keinginan untuk bisa berkunjung ke Inggris pastilah keinginan hampir semua orang, termasuk Saya. Pada Oktober 2014 yang lalu hampir saja keinginan itu bisa tercapai, ketika saya melakukan travelling keliling Eropa selama kurang lebih 20 hari. Sebenarnya pada saat itu, inggris menjadi salah satu destinasi Saya untuk Backpacking keliling eropa di 2014 tersebut. Tapi rencana itu harus diurungkan, karena keterbatasan budget dan waktu. Selain itu, harga visa ke Inggris yang 2 kali lebih mahal dari visa Schengen, membuat Saya berfikir, rasanya sayang kalau memasukkan inggris ke salah satu daftar destinasi Backpacking Saya keliling eropa pada saat itu. Visa nya saja sudah dua kali lipat, yah berarti sudah seharusnya lah saya lebih lama berada di Inggris dibanding negara eropa lainnya, sedangkan waktu itu di perencanaan Saya yang 20 hari saja sebenarnya masih kurang untuk di eropa schengennya. Jadi kalau dipaksa memasukkan inggis sebagai destinasi, akan jadi kurang maksimal untuk mengeksplor inggrisnya, padahal Inggis itu luas sekali tidak hanya London, tapi ada juga Skotlandia, Iralandia Utara dan lain-lain. Jadi untuk travelling ke Inggris ini memang sepertinya harus dijadwalkan sendiri saja dengan waktu kurang lebih 3 minggu.

Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa lama sekali sampai 3 minggu, yah buat Saya travelling keluar negeri itu harusnya long trip, bukan short trip yang hanya 2-3 hari. Bayangkan untuk biaya tiketnya saja sudah hampir setengah dari biaya keseluruhan trip, jadi yah harus dimanfaatkan waktunya yang lebih lama untuk travelling ini. Menurut kamus dan pengalaman Saya biaya travelling yang berbeda lima hari lebih pendek atau lebih Panjang, tidak akan berbeda jauh, apalagi kalau kita tahu trik-triknya. Apalagi ini, ke Inggris yang jaraknya beribu-ribu kilometer dari Indonesia, rasanya saya kalau hanya sebentar saja, jadi memang harus mengambil cuti lebih banyak nih sepertinya untuk trip ke Inggris ini.

Advertisement

Merencanakan sebuah trip buat saya adalah sebuah kesenangan terdiri, walaupun si rencana tersebut belum tentu bisa terwujud, yang penting kan sudah berusaha, soal jalannnya biar tuhan yang menentukan, apakah harus dari kantong sendiri atau dari hasil menang lomba menulis. Baiklah ini dia hal-hal yang direncanakan untuk mempersiapkan perjalanan kita ke Britania Raya :


  1. Tentukan rute (negara bagian dan nama kota)

  2. Tentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi dari daftar rute yang sudah dibuat (termasuk biaya masuk tempat wisata, list juga tempat wisata yang bebas biaya masuk)

  3. Tentukan akomodasi (letak dan budget), kalau ini langsung aja cari WEGO.com

  4. Tentukan transportasi, baik yang untuk menuju Inggris mauapun selama di dalam negera Inggrisnya sendiri, tiket pesawat dari Indonesia juga bisa dicari di WEGO, dan transportasi antar kota selama di Britania Raya

  5. Tentukan budget makan/kuliner, seperti nyobain Fish and Chips nya yang terkenal itu

  6. Tentukan aktifitas yang akan dilakukan di sana yang menarik menurut kamu. di Inggris banyak sekali tempat wisata alam, wisata budaya, wisata pendidikan melaui museum, atau wisata kota modern

  7. Tentukan apa saja yang akan dibawa untuk keperluan traveling

Yang pertama menentukan rute, biasanya untuk ini saya menggunakan peta google, ambil titik poin awalnya (yang sudah pasti titik awalnya adalah London) kemudian akan berakhir di London lagi. Ini contoh rute saya. Karena London itu berada hampir di paling selatan, jadi Saya akan sedikit mengarah kearah selatan yang tidak terlalu jauh dari London. Di selatan London ini ada tempat wisata alam yang menarik yaitu High Weald AONB dan Surrey Hill Area of Outstanding Natural Beauty. Kemudian selanjutkan kita akan mengarah ke utara London yaitu ke kota Oxford, Coventry, Birmingham, kota Cambridge, bury st Edmunds, Nottingham, Manchester, Sheffield, Leeds, newcastle upon tyne, SKOTLANDIA : Edinburgh, Glasgow, Northern Ireland, Isle of Man, Liverpool, WALES (snowdonia national park, Brecon beacons national park), Cardiff, Bristol, (Stonehenge), London.

Advertisement

Kemudian yang ke-dua adalah menentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi, seperti di kota London yang memang banyak sekali landmark wisata yang sangat terkenal, seperti London Tower, Big Ben, London Eye, Sungai Thames, beberapa museum yang ada di pusat London (British Museum, National Galery, National History Museum), Talfagar Square, Buckingham Palace, dan lain-lainnya. Cuma ada satu hal yang harus dicoba nih kayaknya, mengelilingi kota London dengan sepeda, sepertinya akan lebih menarik. Kota London menyediakan tempat penyewaan sepeda bagi para warga lokal dan wisatawan, salah satunya adalah Barclays Cycle Hire London atau Borris Bike. Penggunakannya juga mudah karena untuk pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Sedangkan untuk tarif, hanya 2 Poudsterling saja seharian penuh . Wah pasti akan sangat mengasyikkan menikmati kota dengan sepeda, berasa eropa banget yah, secara orang eropa itu suka banget naik sepeda dan sangat ramah kepada pengguna sepeda.

So yang emang pingin banget ke Inggris, ayok dimulai langkah pertamanya dengan buat perencanaan perjalanan ini, siapa tahu ada malaikat lewat.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya