Traveling mungkin bagi kebanyakan orang hanya sekedar jalan-jalan, mencari hiburan, melepas penat, membuang uang dan kawan-kawannya. Tapi ternyata di dalamnya banyak terdapat hal yang bisa kita pelajari dan menemukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah kita lihat, alami dan rasakan. Dimulai dari merencanakan, perjalanan itu dimulai, sampai ke tempat tujuan, dan pada akhirnya kembali pulang.

Awalnya menurut saya jalan-jalan hanya buang uang, senang-senang, setelah itu selesai. Uang raib entah ke mana udah gak tau. Memang kita mengeluarkan uang (ke toilet aja bayar, masa traveling gak bayar hehehe), tapi di balik itu semua saya banyak menemukan pengalaman dan hal baru yang tidak bisa dibeli pakai uang (tapi sebaiknya memang harus ada persiapan dana kalau mau traveling karena uang pun bisa jadi sumber utama munculnya masalah. Kalau dana sudah dipersiapkan, let's go. Artinya traveling ini tetap memperhitungkan juga soal finansial biar ke depannya gak jadi masalah selama liburan).

Mulai dari merencanakan: sampai di sana mau ngapain aja, ngatur tempat-tempat yang mau dituju, transportasi, budget dan tempat tinggal. Saling tukar pikiran sama teman, mulai googling beberapa tempat yang mau dituju dan hitung-hitung pengeluaran.

Yang saya dapat pelajaran dari sini adalah dimana kita mulai belajar karakter teman kita. Kita belajar mengenali teman kita seperti apa, teman kita badmood-an atau tidak, teman kita perhitungan atau tidak, dll. Kita belajar melepas ego karena kita tidak lagi berjalan sendiri, melainkan beberapa orang. Kita belajar toleransi, belajar menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan kita. Belajar apa itu kebersamaan, sampai belajar tentang kejujuran, kepercayaan, dan saling terbuka satu sama lain.

Pada saat sampai ke tempat tujuan kita sama-sama mencari arah tujuan, sama-sama menikmati liburan kita, bercanda selama liburan, makan bareng, foto-foto bareng, fotoin teman, foto pemandangan, sampai tidur bareng. Selain itu kalau ternyata itinerary yang sudah di atur sebelumnya berubah, kita sama-sama lagi menentukan tempat lain atau mengubah arah kita. Pokoknya semua dilakukan bareng-bareng deh.

Advertisement

Akhirnya, sampailah pada waktu di mana kita semua harus pulang dan berpisah. Ketika pengalaman selama perjalanan itu menarik, maka walaupun kita sudah berpisah, perjalanan itu akan menjadi sebuah cerita bagi kita. Cerita yg tidak akan pernah kita temui di toko buku mana pun atau di tempat jual dvd mana pun.

Setiap tempat yang telah kita kunjungi memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Semakin banyak tempat yang dikunjungi bersama sahabat kita akan menghasilkan 1 lagi cerita dalam hidup kita. Cerita ini bukan hanya sekedar cerita, namun banyak makna dan nilai dalam cerita tersebut yang dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik dan lebih berwarna.