Siapa di antara kita yang nggak tau Instagram? Nggak mungkin banget kalau kamu nggak tau salah satu sosial media yang nge-hits banget di tahun 2017 ini!


Sahabat Hipwee perlu tau, dari seluruh dunia, 700 juta pengguna Instagram berasal dari Indonesia berdasar laporan terakhir pada 26 April 2017. Bukan jumlah yang kecil, ya!


Advertisement

Di Instagram kita bisa banyak sharing dan mengabadikan moment soal kehidupan kita. Mulai dari hobi, kegiatan sehari-hari, event penting, dan lain sebagainya. Nggak ketinggalan ada Instagram Story yang bisa kamu gunakan untuk sharing kegiatan pada hari itu, ditambah dengan fitur-fitur, dan filter-filter yang nggak kalah keren dari sosial media lainnya.

Tapi, sahabat Hipwee pasti merasa juga bahwa ada efek positif dan negatif dari Instagram. Tujuan awal Instagram yang berfungsi sebagai tempat sharing malah menjadi ajang pencitraan bagi beberapa orang. Ada yang pamer berlebihan dan membuat risih pengguna lain, ada juga yang berbeda kepribadian aslinya dengan di akun Instagramnya, belum lagi sampai ada perang komentar, saling hujat dan efek negatif lain!

Yuk, kita tanya pendapat dari sahabat Hipwee soal ini!

Advertisement

Seberapa sering sih kamu main Instagram?


"Sering banget. Malah wajib harus dibuka pertama kali pas ngecek HP." -Salsabilla, 17 Tahun.

"Biasa aja sih." -Rifqi, 17 Tahun.


Biasanya apa aja sih yang sering kamu upload di Instagram?


"Gue biasanya nge-post foto pemandangan, video dokumentasi, foto kenangan atau event yang patut dikenang." -Jani, 27 Tahun.

"Gue biasa upload foto ootd diri gue sendiri." -Syahra, 17 Tahun


Terus, gimana pandangan kamu soal Instagram sekarang: Sebagai media sosial atau pencitraan belaka?


"Banyak sih yang pamer, tapi banyak juga yang sharing kalo di IG gue ya." -Rifqi, 17 Tahun

"Pencitraan. Ada ngejadiin IG sebagai tempat curhat." -Gladys, 20 Tahun

"Kalo bilang pamer kata gue sih nggak, karena tujuan IG emang untuk sharing hal-hal yang mau di-upload sama si pengguna." -Syahra, 17 Tahun


Ada pesan yang mau kamu sampaikan kepada sesama pengguna Instagram?


"Lebih bijak lagi gunain IG, jangan penuhin IG dengan konten negatif. Oke mungkin kalian mikir 'Ya suka-suka gue lah! IG gue ini. Kalo gak suka, gak usah liat'. Please, kita semua punya mata dan mau gak mau liat apa yang kalian post. Gak masalah kalo bisa berpikir dewasa dan gak ikut-ikutan, tapi buat mereka yang masih labil? Perhatiin juga bahasa, jangan sering membully wahai netizen." -Salsabilla, 17 Tahun

"Wahai generasi milenial, pergunakanlah IG sebaik mungkin. Yang bermanfaat untuk emak, babeh, abang, negara, bangsa dan dunia. Jangan untuk menjatuhkan." -Jani, 27 Tahun


Nah, itu dia pendapat dari beberapa sahabat Hipwee. Nggak salah kita mau sering buka Instagram setiap saat, meng-upload apapun yang kita ingin share dan memberi like atau komentar ke banyak orang. Tapi kita perlu ingat bahwa kita harus tetap jadi diri sendiri, dan jangan memberi efek negatif yang merugikan orang lain bahkan diri sendiri!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya