Setiap manusia memiliki skenario yang berbeda dengan satu sutradara yang sama. Tak usah sedih, kesel apalagi marah dan merasa iri terhadap kebahagian orang lain. Justru itu akan memberikan motivasi kepada kita setelah itu kita dapat berteriak “ Mereka bisa, diriku juga harus bisa lebih baik dari mereka! ”. Allah memberikan rencana yang berbeda-beda kepada setiap umatnya. Setiap manusia itu memiliki keunikan masing-masing. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha untuk mengembangkan keunikan tersebut dan berdoa tentunya.

“Aku bisa apa? Aku nggak punya bakat.”

Ohh please, jangan katakan kata-kata pesimis itu kawan. Kenalilah diri kita sendiri. Kenalilah kesukaan kita bahkan hoby kita saat waktu luang. Suka mendengarkan musik? Bisa tuh menjadi pencipta lagu atau komposer lagu. Kata kak Raditya Dika salah satu penulis favoritku dalam akun twitternya,

“Kalau kamu suka baca, mulailah menulis. Suka nonton, mulai bikin video. Beranilah menjadi seorang pencipta, ketimbang hanya penikmat.” @radityadika

Itu adalah kalimat penyemangat yang bisa menjadi senjata utama.

Asahlah bakat kita yang terpendam sampai kita ahli dengan hoby kita. Sangat menguntungkan jika kita dapat menguasai hoby kita. Kita bisa lebih produktif lagi, dapat mengembangkan hoby kita menjadi sebuah nilai jual tinggi. Jualan hoby? emm lebih tepatnya menjual jerih payah kita sendiri kepada orang lain. Sesorang yang memiliki bakat menyanyi sejak kecil jika dilatih terus menerus dia akan menjadi penyanyi yang profesioanal dan menghasilkan album single sendiri.

Aku sudah menemukan bakatku, bagaimana mengembangkannya?”

Advertisement

Kawan, setiap nasi yang kita makan pasti mengalami suatu proses yang panjang untung menjadi sebutir nasi kan? Sama halnya dengan kesuksesan, selalu ada proses yang sulit untuk dijalani. Yang perlu kita lakukan adalah konsisten dan jangan mudah bosan. Dua senjata itu perlu banget agar kita tetap fokus pada hoby kita agar dapat berkembang. Konsisten dalam berlatih dan jangan menyerah jika menemukan kesulitan. Setiap proses tentunya ada saja masalah atau halangan yang harus dihadapi. Kita harus kuat dan konsisten agar bisa menyelesaikan masalah tersebut dan tanamkan pada hati kita bahwa “AKU NGGAK BOLEH GAGAL”.

“Berkat hobyku, aku jadi sukses sekarang. Aku nggak minder lagi. Aku sudah tahu potensiku seperti apa”

Yapp, akhirnya setelah melelui proses yang panjang jerih payah kita terbayar juga dengan kesusesan. Dari yang awalnya minder ngelihat orang lain bisa sukses kemudian mengenali diri kita yang sebenarnya, kita jadi tahu passion apa yang kita miliki. Jangan berhenti sampai disini kawan, jangan cepet merasa puas apa yang kita raih dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah. Jangan menjadi kacang yang lupa kulitnya dan tetap rendah hati. Karena selama proses itu berlangsung hingga kita bisa sukses seperti sekarang ini adalah suatu kenikmatan pemberian dari Allah.