Tulisan ini bukan untuk mendukung Ahok tapi hanya sekedar opini yang timbul dari adanya penggusuran kampong pulo. Memang siapa yang tidak sedih ketika rumah tempat tinggal harus digusur oleh pemerintah . Tapi melihat kenyataan yang ada saya rasa penggusuran kampung pulo harus dilakukan dan diluar tindak kekerasan yang terjadi cara relokasi dengan penggantian rumah baru saya rasa memang sudah sepatutnya dan wajar jika dilakukan .

1. Katanya Mereka Tinggal Sejak Zaman Belanda

Betul , tapi ingat ini zaman reformasi dimana Jakarta sudah menjadi tanah tujuan banyak orang termasuk baik pendukung dan penentang Ahok yang banyak datang dari luar Jakarta . Dengan luas tanah 661,52 km2 dan jumlah penduduk 10.187.595 (BPS 2011) Jiwa.

Advertisement

Kota Jakarta tidak lagi ramah untuk masalah luas tanah tinggal , Idealnya pemukiman saat ini berbentuk vertikal , apalagi urbanisasi yang tak kunjung habis habis nya datang akan menyebabkan Jakarta semakin penuh sehingga masuk akal jika kemudian banyak wilayah pemukiman yang kemudian akan dijadikan hunian vertikal.

2. Mereka Punya KTP Penduduk Jakarta

Ya memang , lalu hubungannya dengan kebutuhan penataan pemukiman ? Toh mereka tidak digusur begitu saja mereka itu di RELOKASI , diberikan tempat tinggal pengganti , bukan diusir , toh tanahnya juga tanah negara . Mau pake UU No.5 1960 tentang tanah adat ? baca UUD pasal 33 UUD 1945 tentang penguasaan tanah oleh negara untuk kepentingan rakyat.

3. Kampung Pulo Juga Dihuni Masyarakat yang Punya HAK

Betul tapi keberadaan geografis mereka menyebabkan kerugian pada masyarakat lainnya . Tau gak kalo kerugian akibat banjir di Jakarta Tahun 2013 itu berdasar data BNPB totalnya 7,5 Triliun ? itu baru tahun 2013 loh . APBD DKI Jakarta itu 69,8 Triliun , gara gara banjir beberapa hari 10 persen dari APBD ruginya

4. Harusnya Jangan Ada TNI /Polri Saat Penggusuran

Ayolah , tadinya 'kan itu bapak aparat hanya buat jaga keamanan. Kalau sudah ada perang batu, bambu, tombak, celurit dll ya namanya perang Pak. Itu bukan lagi cuma demo, ya aparat harus turun tangan lah..

Advertisement

5. Pemprov DKI Harus Punya Bukti Tanah kelola Negara

Baca Pasal 33 UUD 1945

6. Di Rusun Mereka Sewa dan Mesti Bayar

Memang kalau di kampung pulo tidak ? Uang sampah , listrik , keamanan . Harga Sewa Apartemen di Jakarta paling murah itu 2 Juta, itu belum termasuk listrik dll . 300 ribu per bulan /10 ribu sehari. Ayolah, ini Jakarta, 10 ribu? Ngemis aja dapet ratusan ribu pak sehari, itu bahkan lebih murah daripada rokok

7. Di Kampung Pulo Rumah Mereka Buat Kegiatan Ekonomi

Coba cek rumah susun palmerah , banyak juga yang rumahnya dijadikan tempat usaha. Economic Is Creative Things

8.Kampung Pulo Korban Banjir Bukan Penyebab Banjir

Salah satu sebab banjir itu aliran sungai berkurang atau tidak lancar pemukiman disepanjang bantaran kali adalah salah satu sebab banjir meskipun mereka jadi korban juga … makanya dipindahin biar gak jadi korban

9. Bisa dirapihkan gak perlu digusur kan , seperti di Jogja ?

Hello, ini Jakarta ya bung masalahnya gak sama dengan di Jogja, kalinya pun tidak sama ini kali Ciliwung debit airnya besar looh .

10.Banyak Dukungan untuk Masyarakat Kampung Pulo yang Melawan

Ini Jakarta semua soal kepentingan yang haram aja laku apalagi yang halal, yang pasti relokasi Kampung Pulo itu untuk kepentingan masyarakat yang lebih banyak .

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya