Pernahkah kamu berpikir kalau ke luar negeri itu cuma aktivitas membuang uang dan sangat tidak bermanfaat? Bahkan pernahkan kamu melihat ada orang yang dengan tegas menolak ke luar negeri dengan alasan tidak nasionalis?

Mungkin kamu cuma jadi satu diantara banyak orang yang akan dengan tegas menolak pandangan itu. Kenapa? Banyak hal yang sangat positif dapat dipetik dari ke luar negeri. Sebagai generasi terdidik yang mampu menempuh pendidikan tinggi dan nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan, akan sangat bermanfaat kalau kamu memiliki setidaknya pengalaman ke luar negeri. Bagaimana tidak? Langkah awal terbaik untuk memperbaiki kondisi negeri ini adalah dengan melihat negeri ini dari sisi luar.

Beberapa hal positif di bawah ini akan membuatmu berpikir bahwa traveling ke luar negeri menjadi hal yang sangat bermanfaat.

1. Persepsi orang tentang Indonesia

Saat di luar negeri entah sebatas negara Asean pun, kamu akan melihat pendapat orang yang bermacam-macam mengenai Indonesia. Bahkan tak jarang yang mengetahui Indonesia itu hanya Jakarta dan Bali. Beberapa bahkan dengan tenang menyebut Bali bukanlah Indonesia. Hal yang sangat miris tentunya ketika mendengar itu.

Advertisement

Tapi di balik hal sepele ini, kamu akan punya kesempatan menjelaskan lebih tentang Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia. Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Bahkan negara dengan bahasa lokal terbanyak di dunia. Ini bukan berarti menyombongkan diri tetapi lebih untuk meluruskan persepsi orang luar terhadap negeri ini. Itu hal luar biasa yang sangat bisa diperoleh dari ke luar negeri.

2. Pengalaman adalah guru paling berharga

Pengalaman? Jelas. Pengalaman jelas sangat berharga untuk ditukar dengan uang sebesar apapun.

Mungkin kamu akan mengatakan Indonesia itu besar, begitu juga dengan dunia

Bagaimana kamu bisa tahu lebih banyak tentang dirimu kalau kamu tidak pernah mencoba hal baru di tempat baru dengan orang baru yang tidak pernah kamu kenal? Bagaimana bisa kamu bilang kalau Indonesia adalah negeri yang sangat besar dan indah kalau kamu sendiri tidak pernah melihat negara lain sebagai pembandingnya? Bagaimana kamu tahu kalau Tuhan menciptakan dunia ini dengan beragam suku bangsa dan bahasa kalau kamu sendiri bahkan bersikeras tidak mau melihat bangsa lain?

3. Kamu akan belajar lebih mengenai toleransi

Semakin sering kamu ketemu orang dari berbagai bangsa dan juga kamu merasa menjadi minoritas, maka kamu akan belajar menghormati dan juga toleransi terhadap sesama. Hal positif yang pastinya akan menjadi oleh-oleh mu yang paling berharga. Sifat orang dari berbagai bangsa yang berbeda-beda tentu akan menjadi menu harianmu yang pastiny akan mendewasakan mu nantinya.

4. Menemukan sesuatu yang tidak akan ditemukan di negeri tercinta ini

Satu alasan paling kuat adalah untuk menemukan sesuatu yang tidak akan pernah ditemukan disini. Bahkan sekedar ke negara tetangga pun, sesuatu yang berbeda akan ditemukan dan itulah tempat dimana kamu akan belajar banyak segala hal tantang kehidupan. Jangan pernah merasa kenyang dengan mengatakan “semua yang aku perlukan ada disini”. No. yang kamu temukan disini cuma separuh. Dimana separuh lainnya? Tersebar luas dimana kamu hanya perlu usaha lebih dan sedikit keberanian untuk melengkapi 100% dan mengatakan “aku sudah mendapatkan semuanya”.

Gimana caranya ke luar negeri? Biaya hidup?

Banyak cara ke luar negeri. Kuliah? Bekerja? Travelling? Apapun cara bisa dilakukan apalagi jaman sekarang tiket pesawat murah bertebaran dimana-mana. Akan jadi hal yang sangat disyukuri apabila mampu mendapatkan pengalaman baru di luar sana. Mengenalkan betapa indahnya Indonesia kepada orang yang mengenal Indonesia dari Jakarta dan Bali atau bahkan belum pernah mendengar nama Indonesia.

Sebagai calon penerus bangsa, setidaknya harus bisa berpikir lebih terbuka. Kalau orang bule saja banyak yang datang kesini, kenapa kita tidak datang ke tempat mereka untuk menimba ilmu atau mencari pengalaman dengan travelling? Bukankah itu hal normal?

Janganlah jadi katak dalam tempurung. Lihatlah dunia yang luas, carilah pengalaman dan ilmu sebanyak mungkin yang kamu tak akan pernah dapatkan dengan hanya berdiam disini lalu bagikanlah ilmu dan pengalamanmu supaya bermanfaat bagi orang sekitarmu, kotamu dan bahkan negaramu. Jangan pernah beralasan dengan tidak adanya uang. Uang bisa dicari kapanpun dan dimanapun tapi waktu dan pengalaman tidak akan pernah terganti. Dan yang pasti kamu akan menjadi kaya pengalaman sepulang dari luar negeri.

Jadi tunggu apa lagi?

Keep calm and travel on!!