Semua yang pernah kuliah pasti akan mengalami seperti suka dukanya kuliah, yang pasti tujuan utamanya adalah lulus dahulu. Untuk bisa dikatakan lulus kuliah dan layak menyandang gelar sarjana tentunya harus melewati apa yang di sebut dengan skripsi atau tesis. Skripsi atau tesis sering momok bagi semua mahasiswa karena skripsi menuntut mahasiswa mencurahkan ilmu yang didapat selama kuliah selain itu menuntut semangat dan mental yang sangat extra. Banyak sekali mahasiswa yang patah semangat gara-gara terkendala dalam penyusunan skripsi, nah akhirnya banyak yang menunda untuk menyelesaikan, ujung-ujungnya menjadi mahasiswa abadi karena skripsi ini. Untuk menempuh kesuksesan diperlukan:


  1. Tujuan

  2. Konsisten dan Konsen terhadap tujuan.

  3. Kerja keras

  4. Pantang menyerah.

Advertisement

Empat hal di atas kalau dijalankan pasti kesuksesan akan diraih, begitu juga bagi mahasiswa yang ingin mendapat gelar sarjana, lakukanlah 4 hal di atas pasti kripsi akan bisa dilewati dan gelar sarjana akan diperoleh. Perasaan paling membahagiakan bagi seorang mahasiswa adalah ketika selesai menghadapi ujian skripsi, rasanya seperti bahagia banget, terlepas dari semua beban orang tua karena semua orang tua menginginkan anaknya lulus dan mendapat gelar sarjana.

Setelah Lulus?

Perasaan bahagia setelah lulus kuliah itu ternyata tidak berlangsung lama karena setelah lulus kuliah ada opsi pingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau mau bekerja, jika mau melanjutkan jenjang yang lebih tinggi tentunya mulai disibukan dengan mencari kampus tujuan dan mempersiapkan persyaratanya, tetapi jika opsi setelah lulus adalah mau bekerja tentunya juga harus menentukan tujuanya yaitu lulus kuliah dan bekerja di bidang apa? Mulai dengan searching di mbah google lowongan pekerjaan lewat internet, kebanyakan pasti akan melakukan itu karena zaman now lowongan pekerjaan pasti diumumkan lewat media online atau internet dan lowongan di luar negeripun akan mudah ditemukan.

Advertisement

Tentunya kemudahan mencari informasi pekerjaan ini bisa sebagai nilai plus ataupun minus, Nilai plusnya adalah informasi lowongan pekerjaan akan semakin banyak pilihan baik di dalam dan luar negeri tetapi menjadi nilai minus karena akan menambah persaingan baik persaingan lulusan dari dalam negeri dan dari luar negeri dalam hal memperoleh pekerjaan. Pelamar dari luar negeri tentunya mempunyai bekal yang lebih karena dalam hal bahasa komunikasi bahasa Inggris mereka mungkin memiliki nilai lebih untuk itu di era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini mahasiswa indonesia harus tidak boleh terkalahkan dengan pelamar dari luar negeri caranya adalah bekali dengan sertifikasi kompetensi baik yang berskala nasional ataupun sertifikat internasional.


  • Tujuan Setelah Kuliah

Apa sih tujuan kalian setelah lulus kuliah? Melamar Kerja? Buka usaha? Atau mau di rumah aja? Kalian harus punya tujuan setelah lulus kuliah. Kalian mau jadi apa? Kalian mau gimana ya kalian yang menentukan sendiri. Buat yang mau ngelamar kerja bisa dibekali dengan ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist. Adobe Certified Associate, Autodesk Certified User, Microsoft Technology Associate, Oracle, Bahasa Inggris. Apapun itu sertifikatnya. Dengan memiliki sertifikat tersebut berarti kalian berada diatas dari yang tidak memiliki sertifikat-sertifikat di atas tadi, bagaimana cara mendapatkan sertifikat-sertifikat di atas? Cukup mudah kok.

Kalian hanya perlu melakukan sertifikasi Microsoft Office Specilist, Sertifikasi Adoebe Certified Associate, Sertifikasi Autodesk Certified User, Sertifikasi MIcrosft Technology Asssociate, Sertifikasi oracle, Serta sertifikasi TOEIC atau TOEFL. Memiliki sertifikat bahasa Inggris dan sertifikat di bidang komputer seperti yang saya beritahu di atas, sudah cukup untuk menjadi point lebih dalam melamar pekerjaan.

Dalam melamar pekerjaan, biasanya dubutuhkan harus bisa bahasa inggris dan komputer, apa buktinya kita bisa berbahasa inggris dan mampu menjalankan komputer? Tentunya dengan minimal memiliki sertifikat toeic atau toefl dan memiliki sertikat Microsf Office Specilaist. Dengan dua sertifikat yang kamu miliki besar kemungkinan kamu akan diterima oleh perusahaan yang kam lamar.


  • Konsisten dan konsen terhadap tujuan

Ini nih yang susah bagi para mahasiswa pada umumnya. karena biasanya mahasiswa lupa dengan tujuan setelah lulus kuliah nanti, karena biasanya mahasiswa menyepelekan tujuannya awalnya kenapadia mengambi jurusan yang mereka ambil pada saat kuliah.


  • Kerja keras

Untuk dapat bisa mencapai tujuan awal setelah lulus kuliah kita harus kerja keras. Kerja keras untuk mahasiswa adalah berupa belajar dengan sungguh sungguh, tidak bolos kuliah demi mendapatkan IPK yang baik untuk bisa mencapai tujuannya kelak.


  • Pantang menyerah.

Setelah kerja keras IPK masih kurang baik? Terus belajar dan pantang menyerah dalam mencapai IPK yang baik di semester berikutnya, sehingga pada saat lulus semoga saja IPK menjadi lebih baik, atau mungkin saja menjadi lulusan terbaik, semua itu tidak ada yang tahu.

Intinya kerja keras dan pantang menyerah menjadi kunci kesukesan meraih tujuan setelah lulus kuliah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya