Hey kamu, tahukah kamu bahwa sesunggunya cinta adalah satu-satunya alasan mengapa ibu kita rela dan bersusah payah mengandung kita selama sembilan bulan. Cinta juga satu-satunya alasan mengapa kita mampu bertahan di kala kejenuhan terus menghampiri. Bahkan menurutku cinta adalah alasan yang sama Tuhan memaafkan kesalahan hamba Nya.

Cinta itu adalah sebuah bahasa universal, bukan hanya tentang aku dan kamu, kamu dan dia tapi lebih dari itu. Cinta mengajari kita untuk menjadi kuat dalam menjalani perkasanya masalah dalam hidup ini. Mungkin kita sedang terbelenggu dalam sebuah kotak asa dan angan-angan yang panjang, tapi percayalah keajaiban cinta akan menguatkan diri kita melewati semuanya.

Advertisement

Aku masih percaya cinta dan segala keajaiban di dalamnya. Tapi kini aku ingin menyerah. Ingin melepaskan sepasang sayap di punggungku. Aku menyerah untuk terus mencintaimu dalam diam. Aku menyerah untuk terus mengagumimu. Aku menyerah memperjuangkanmu di setiap sepertiga malamku. Aku menyerah terus mencemburuimu. Aku menyerah bukan karena aku berhenti mengharapkanmu, tapi aku sadar bahwa ada kasih lain yang masih ku abaikan.

Dia yang terus mencintaiku dalam diam. Dia yang terus berusaha mengagumiku. Dia yang terus memperjuangkanku di sepertiga malamnya. Dia yang terus mencemburuiku karena cemburuku padamu. Dia yang tak pernah menyerah dan tak pernah lelah, dan dia tak pernah terlalu sibuk untuk sekedar mengingatkanku.

Melepaskan bukan akhir dari segalanya. Melepaskan adalah awal dari sebuah kehidupan yang baru. Seperti saat bayi dilahirkan ke dunia, saat itu pula sang ibu melepaskan ia untuk keluar dari rahimnya. Apakah sang ibu berhenti mencintainya? Tidak, kasih dan sayang sang ibu menjadi semakin besar kala anak keluar dari rahimnya. Aku pun demikian, aku ingin melepasmu, karena itu satu-satunya cara untuk terus mencintaimu.

Advertisement

Bukan karena ku marah, atau ku jenuh. Tapi ku ingin menjadi adil, buat kamu, dia juga mereka. Dan percayalah dari segala cara untuk mencintai, caraku melepaskanmu adalah bagian dari itu.

Seperti sepenggal lirik lagu dari Kotak Feat Piyu berikut ini,

Cinta itu adalah hal terindah yang ku punya

Cinta itu adalah segalanya

Cinta itu adalah hal terindah yang ku punya

Memilikimu adalah segalanya

Benarkan jika cinta itu adalah segalanya, memilikimu mungkin memang segalanya, tapi melepaskanmu adalah cara terbaik yang ku pilih saat ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya