Saat kamu membaca tulisan ini secara engga langsung pasti kamu 'nosy person' atau penonton setianya K-drama hehe.. Calm down, bukan berarti itu sesuatu yang 'freak' kok. K-drama bukan sekedar drama cinta aja yang ditawarkan, tapi banyak hal bidang di kehidupan ini yang mereka suguhkan. Selain itu, skill akting mereka totalitas demi menghayati peran dan menarik minat penonton. Inilah alasan drama mereka unique dan banyak digemari.

Sebenarnya kalau dilihat dari percintaannya, nggak berbeda dengan drama dari negara kita atau negara lainnya. Dilihat dari jumlah episodenya? Standar kok, malah Indonesia sangat bisa mengalahkan rekor jumlah episode drama terpanjang. Hee.. But, why is K-drama so famous? Bahkan di kalangan cowok pun ada yang tertarik untuk menontonnya..

Advertisement

Sisi lain dari K-drama yang perlu dicermati yakni mereka tidak hanya menawarkan sebuah romantic drama tapi ada ilmu yang bisa kita dapatkan di dalamnya. Apa ilmunya? Everything.., Kamu ingin tahu ilmu kedokteran, jurnalistik, psikologi, penerbangan, cyber, police? Many more..bahkan kalau ingin tahu kehidupan sejarah Korea pun, mereka suguhkan. Inilah yang menjadikan K-drama Unique..

Bagi kamu yang tertarik ingin tahu seperti apa sih bidang kesehatan dan dunia dokter? K-drama menawarkan banyak drama yang menceritakan sisi lain seorang dokter dan problematikanya dalam menangani kasus pasien. Tidak lupa juga tentang percintaan dan kehidupan pribadi sang dokter. Apa saja sih judulnya? Sebenarnya banyak tapi saya hanya bahas 2 judul yang cukup menarik.

'Doctors' : Serial ini menceritakan tentang Yoo Hye Jung, seorang siswi yang sangat bandel di sekolahnya dan sering mengganggu murid-murid lain. Seorang siswa yang tadinya bandel bisa menjadi seorang dokter dengan jerih payahnya. Bukan hal yang tak mungkin di peroleh di dunia nyata. Dalam drama ini kita akan tahu bahwa dokter pun bisa melakukan kesalahan, sehingga menjadi dokter bukan perkara mudah dan siap menanggung resiko terhadap kondisi pasien.

Advertisement

'Romantic Doctor, Teacher Kim. Film yang berkisah tentang Boo Yong Joo, seorang ahli bedah terkenal yang dijuluki “Tangan Tuhan”. Kenapa bisa? Tangannya yang lihai dan cekatan dalam mengoperasi pasien dimanapun dan kapanpun, bahkan dalam keterbatasan alat dan ruang pun, ia mampu tangani. Drama ini menyuguhkan operasi-operasi yang cukup seram. Banyak adegan operasi dadakan akibat kecelakaan dsb. Sunggu mental seorang dokter memang harus kuat, berani, dan cekatan. Sementara itu, Kang Dong Joo menjadi seorang dokter untuk mengungguli seseorang. Sedangkan Yoon Seo Jung menjadi dokter karena ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Hal ini yang perlu dipahami. Ketika kita ingin menggapai mimpi, jangan pernah karena ingin unggul atau dapat pujian, tapi niat lah dengan hati tulus. Kalian akan belajar dari drama ini bagaimana sesuatu berakhir karena niat yang salah.

Next.., drama yang bercerita bidang Jurnalistik. Ada satu drama yang popular menceritakan kehidupan reporter dan duel antara 2 stasiun TV di Korea. Hal yang unique yakni ada seorang reporter menderita penyakit Pinochio. Apa itu? Ia tidak bisa berbohong. Kalau Berbohong akan cegukan. Awalnya percaya nggak percaya ada penyakit seperti itu. Namun, jadi buat semakin penasaran. Terlebih lagi di drama ini kamu akan tahu problematika seorang reporter dan kompetisi per-televisian. Berita itu benar atau gosip belaka, reporter yang ada dibaliknya. So, Watch it..Kalo pencinta K-drama pasti langsung tahu judul drama ini..,Yup! 'It’s Pinochio'.

Psikologi..ilmu tentang human, jiwa, dan sebagainya. Ada satu drama yang bercerita tentang suatu gangguan kejiwaan. Menurutku unique dan jarang banget orang tahu ada penyakit ini. Namanya DID. Biasa disebut kepribadian ganda. As we know, mungkin kalo kepribadian ganda biasanya ada 2 jenis yakni baik atau jahat. Tapi, di K-drama ini menampilkan 7 kepribadian berbeda dalam 1 orang. How can? Watch it. Judul dramanya 'KILL ME HEAL ME'.

Ada yang pernah naik pesawat? Sebagian besar pasti sudah pernah yaa, entah ke luar kota atau keluar negeri. Tapi pernah kepo in ga sih seluk beluk kehidupan kru pesawat tuh gimana? Pilot, pramugari, dan lainnya? Naaaah..pas banget aku recommended K-drama satu ini. Menurutku jarang banget ada drama atau film ceritain tentang kehidupan penerbangan. Sesulit apa sih menerbangkan pesawat? Suka-duka pilot pramugari/a? So watch it. Judulnya 'YES CAPTAIN'.

Cyber crime, kejahatan paling jahat di dunia menurutku. Sang pelaku tidak diketahui tapi menyerang korban dengan pasti dari jarak jauh. Akibatnya bisa fatal, bukan fisik yang diserang, tapi lebih crucial, biasanya jaringan komunikasi, listrik, account, dan sebagainya. Seperti apa sih sang pelaku menyerang? Lalu bagaimana polisi bisa menemukan sang pelaku (biasanya dikenal dengan Hacker)?, k-drama yang buat kamu mikir seakan kamu polisi untuk memecahkan cyber crime yang complicated. Judulnya 'Nice guy'.

Last but not least. Aku mau recommended K-drama yang beda banget dari drama lainnya. Drama yang ngajak kamu untuk nostalgia ke masa kecil alias jaman dulu. Kamu akan di ajak flash back mengenang betapa bahagianya dunia masa kecil, ada sahabat, tetangga, cita-cita, dan kisah kasih di sekolah hehe… Kamu akan baper sebapernya, kamu akan menjadi sangat cinta pada ortu, dan sahabat kecilmu. Namun, kamu akan ngakak sengakaknya karena tingkah laku para pemain yang natural tapi nggak bisa buat kita berhenti ketawa. Apa siiih? Kalau penasaran watch it 'REPLY 1988'. Sebenarnya Reply ini berseri, tapi aku paling suka yang 1988, Kenapa? Nonton aja deh.. hehe

K-drama nggak selalu mewek, baper, dan lain-lain. Belajar ga harus melalui buku, lewat film pun kamu bisa menambah wawasan (Tapi jangan over juga hehe). Banyak banget K-drama lainnya yang aku ingin sharing, tapi next time yaah. Kalau sudah bicara tentang K-drama, butuh bertahun-tahun membahasnya hehe. K-drama.. DAEBAAAAKKKK… !😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya