Kamu kadang pinter keblinger. Zaman makin modern, malah makin edan. Makin banyak orang pinter, tapi makin keblinger. Pendidikan makin tinggi bukan makin merunduk, malah makin jumawa. Pinter keblinger.

Pinter keblinger

Advertisement

Banyak orang pinter malah tersesat sendiri oleh kepinterannya. Lihat aja di MKD DPR, mereka orang pinter tapi cara-cara bersidang dan mungkin saat mengambil keputusan tampak "kurang pinter". Bahkan Ketua DPR sebagai panglima lembaga "perwakilan rakyat" malah kesandung atas ulahnya sendiri yang gak bisa diterima rakyat. Lengser deh jadinya … apa gak keblinger.

Pinter keblinger.

Semoga tidak terjadi di diri kamu. Di diri kita. Semoga dan ikhtiar aja. Eling. Jangan sampai kamu pinter keblinger. Banyak orang pinter di jalanan, tapi mereka juga yang langgar lalu lintas. Banyak orang pintar di parlemen, tapi mereka juga yang bikin bingung rakyat.

Advertisement

Kamu dan kita semua, hati-hati terhadap perilaku pintar keblinger. Asal tahu saja, 5 perilaku ini tanda-tanda kamu pinter keblinger.

1. Kamu yang ingin kerja setelah selesai kuliah. Tapi malah malas-malasan dan berkeluh-kesah melulu tiap hari. Lalu bilang gak nak kerja mendingan jadi pengusaha.

2. Kamu yang ingin kuliah sewaktu lulus sekolah. Tapi malah malas belajar dan pergi ke kampus kayak orang main, lalu telat lulus dan IPK pun gak bagus-bagus banget.

3. Kamu yang ingin pacaran setelah masa pendekatan yang lama. Tapi malah saling menyakiti dan banyak berantemnya lalu cerita pada orang lain merasa salah memilih pacar.

4. Kamu yang ingin menikah setelah merasa cocok. Tapi malah gak mau nerima keadaan pasangan masing-masing dan saling menyakiti lalu terpaksa bercerai dengan dalih tidak cocok lagi.

5. Kamu yang ingin sukses dalam hidup. Tapi sikap dan perilaku kamu gak ada sama sekali untuk meraih sukses, gak mau kerja keras dan terllalu banyak membuang waktu untuk urusan yang berguna.

Semua itu bisa disebut pinter keblinger. Berusaha meraih pangkat, tapi kelakuan tidak berpangkat. Bekerja keras meraih jabatan, tapi lakonnya seperti orang rendahan. Keliatan sibuk tapi gak karuan. Ngerti ibadah itu wajib tapi gak dilakonin. Apa aja disadari baik tapi gak pernah dikerjain. Lagi-lagi, itu namanya pinter keblinger.

Pinter keblinger.

Orang yang merasa dirinya pinter, merasa pandai justru membuat dirinya tertipu. Atau menipu orang lain. Orang yang merasa pinter, tapi bingung sendiri pada ilmunya yang tinggi, gak tahu mana yang benar, mana yang salah. Boro-boro ngamalin ilmunya, malah keder sendiri. Orang yang sok pinter lalu menyalahkan dan membodohi orang-orang di sekitarnya. Katakan saja itu semua pinter keblinger.

Pinter keblinger.

Anak sekolah yang bangga sama amburadulnya dan bawaannya mau tawuran mulu. Anak kuliahan yang ke kampus tapi cuma buat nongkrong bukan buat belajar. Orang kerja yang gak ada bedanya dengan masa sebelum kerja. Orang yang dianggap terhormat tapi cara kerja dan perilakunya tidak terhormat. Pejabat negara yang bukan memakmurkan rakyat malah memperkaya diri sendiri lalu korupsi. Semua itu pinter keblinger.

Busuk ketekuk, pinter keblinger = sing bodho lan sing pinter padha nemu cilaka. Orang bodoh, orang pinter sama-sama cilaka.

Katanya pinter, tapi moralnya bodoh. Katanya pinter, tapi kelakuannya tolol. Sungguh, pinter keblinger.

Pinter keblinger. Makin banyak orang pinter, makin sesat dan menyesatkan. Makin banyak orang yang sok pinter tapi minterin. Pinter kata dia sendiri tapi nyatanya gak pinter. Kamu, kita telah tertipu orang pinter.

Pinter keblinger, sungguh keliru.

Pinter itu harusnya pandai, cerdas, terpelajar, arif dan bijaksana. Bukan keminter yang belagak pandai. Apalagi pinter keblinger, orang yang tersesat karena merasa pinter. Pinter keblinger, waspadalah. Ini bisa terjadi pada diri kamu, diri kita.

Pinter keblinger, orang yang bicara kebenaran tapi gak pernah melakoninya. Hidupnya hanya senang menyebarkan dan broadcast kisah-kisah kebaikan agama. Tanpa pernah melakoninya.

Pinter keblinger.

Mereka yang bertindak melebihi kemampuannya. Mereka yang gak mau berbuat baik padahal ia mampu. Orang yang menggurui walau ia gak pernah melakoninya. Orang yang hanya bisa mencari kesalahan, bukan memberi solusi.

Orang pinter keblinger, sungguh pantas diingatkan, dicemooh, dihujat. Karena pinter keblinger. Orang pinter keblinger, mengaku hebat padahal gak ada apa-apanya. Orang yang mengaku pinter padahal bodoh. Pinter keblinger, gak boleh lagi ada dalam diri kamu, dalam diri kita. Pinter keblinger gak boleh ada lagi di negeri ini.

Pinter keblinger.

Mengapa masih ada di negeri yang katanya "kaya" tapi rakyatnya miskin. Mengapa anggarannya ribuan triliun tapi jatuh di tangan para koruptor. Mengapa ngaku beradab tapi gayanya barbar. Pinter keblinger.

Pinter keblinger. Berubahlah….

Wong bodho nanging kerep nglakoni dadi luwih pinter tinimbang wong pinter ananging durung tau nglakoni. Orang bodoh yang sering melakukan, bisa lebih pintar dari pada orang pintar yang belum pernah melakukan.

Hanya ada satu cara agar tidak pinter keblinger. Mulailah perbaiki diri sendiri, gak usah mengurusi orang lain sebelum kita baik dan benar. Agar tidak pinter keblinger lagi…. #BelajarDariOrangGoblok

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya