!-- Publift Fuse -->

Pernikahan Muslim tapi Tidak Melupakan Adat

Pernikahan adalah puncak keinginan seseorang yang mulai mengenal cinta. Melalui pernikahanlah, seseorang dapat berkomitmen hidup menghabiskan sisa usianya bersama seseorang yang bukan dari keluarganya. Bertemu, berkenalan, berteman lantas memiliki rasa cinta adalah anugerah luar biasa. Sama sepertiku yang sudah berusia matang, dan siap. Aku juga memiliki pernikahan impianku sendiri.

Advertisement

Sebagai seorang muslim, aku sudah berjilbab selama kurang lebih lima tahun. Aku memang belum sempurna tapi ini adalah kewajiban agamaku. Aku harus melaksanakannya. Bahkan di hari istimewaku kelak, akupun ingin menyelenggarakan pernikahan bertemakan Islami.

Pernikahan islami biasanya terkonsep secara sederhana namun detail. Cara adab makan untuk duduk, tamu lelaki dan perempuan yang dipisah, serta konsep pakaian yang dikenakan mempelai pun harus sesuai dengan syariat islam. Jikalau ingin tetap mengusung adat tanah kelahiran, boleh saja. Aku juga tak ingin melupakan adat yang sudah sejak nenek moyang lahir hingga kini tetap aku lestarikan. Aku ingin mengkombinasi keduanya, tetap pada adat yang ada namun mengusung tema yang juga islami.

Bahkan sekarang sudah banyak tema pernikahan yang menggabungkan adat dan agama. Banyak temanku yang juga memilih tema tersebut. Aku pun ingin sekali tetap mengusung adat yang sudah dianut oleh orang tua dan sesepuhku. Tapi aku juga ingin semua terlihat tetap pada syariat yang aku anut sejak lahir. Mengenakan adat Jawa yang kental tapi tetap berhijab pasti sudah menjadi hal biasa di masyarakat. Begitupun aku, aku juga ingin seperti mereka mengusung pernikahan islami yang tidak melupakan adat

Advertisement

Menemukan vendor pernikahan jaman sekarang memang tidaklah susah. Tinggal kitanya saja yang menyesuaikan budget yang ada dengan konsep yang akan kita usung dalam pernikahan. Dengan memilih pernikahan muslim dan tidak meninggalkan adat nenek moyangku, maka aku berkonsultasi pada vendor yang tepat agar konsep yang aku inginkan tidak meleset dari bayangan. Tetap mengenakan busana sesuai adat yang ku pilih tapi tetap berjilba syar'i dengan ketentuan islami yang berlaku.

Memilih penata rias pun juga tidak main-main. Karena menata jilbab sesuai syariat islam namun ada unsur tradisional di dalamnya, mencampurkan dua hal yang bertolak belakang bukanlah hal yang mudah. Maka penata rias pun harus yang profesional. Carilah tahu track record mereka dan jika perlu mintalah rekomendasi dari beberapa teman atau sodara yang sudah menikah. Aku juga sering memperhatikan acara pernikahan yang sudah beberapa kali ku hadiri. Memang tidak semua memilih tema sepertiku, namun hal lain seperti katering atau dekorasi bisa saja ditiru untuk acara pernikahan nanti.

Advertisement

Memikirkan dan mempersiapkan pernikahan memang tidaklah mudah. Apalagi memiliki wedding dream yang ingin juga diwujudkan. Pencapaian yang sempurna dengan membayar "mahal" sudah menjadi kewajiban utama. Mau bagus ya harus berani bayar mahal. Tetapi bagiku yang tidak memiliki budget unlimited untuk pernikahan, membuat pernikahan impian menjadi nyata bisa juga. Tapi pasti ada sesuatu yang harus diminimalisir, yang penting tidak lari dari konsep awal yang diinginkan. Sesuaikan kebutuhan seperti katering dengan jumlah tamu undangan. Atau pemilihan dekorasi yang tetap bagus dan cantik saat ada di acara.

Melakukan pernikahan islami dengan mencampurkan adat? Boleh banget! Sedikit rumit tapi bukan berarti itu tidak bisa dilakukan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

dua puluh tiga tahun hidup dan selalu ingin menuju kebaikan

4 Comments

  1. Dear Calon Pengantin,

    Mempersiapkan hari Pernikahan tidak perlu repot untuk mencari satu-persatu keperluannya, karena sekarang ini sudah ada sistem paket All In sehingga lebih mudah dan hemat waktu. HIS Wedding Organizer bekerjasama dengan Aston Sentul Lake Resort & Conference Center bekerjasama untuk mewujudkan itu semua. Tidak hanya Venue (Adhiwangsa Ballroom) yang mewah dengan Kapasitas hingga 1500 Tamu, namun sudah termasuk Buffets & Foodstalls, Dekorasi, Bridal / Rias Busana, Photo & Videography, Live Music, MC dan Wedding Car, bahkan kami memberikan 1 Wedding Consultant & 6 orang WO untuk meng-handle acara Pernikahan anda.
    Memang, untuk Undangan dan Souvenir anda masih perlu mempersiapkannya sendiri, namun detail Paket diatas sudah termasuk BONUS GRATIS – HONEYMOON MALDIVES (4D3N), YAMAHA NMAX, IPHONE 7+ dan banyak pilihan lainnya yang sudah pasti anda dapatkan.
    Informasi lebih lanjut: DIKO – 081220788830

  2. Etika Larasati berkata:

    Paket Pernikahan di PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    – Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    – Dekorasi,
    – Catering,
    – Rias & Busana,
    – Entertainment,
    – Photography,
    – Tim WO 8 orang + MC
    – Mobil Pengantin Alphard

    FREE HONEYMOON 4D3N di MALDIVES+FLIGHT / IPHONE 7+ / MOTOR HONDA VARIO 150cc (tanpa diundi) & masih banyak lagii

    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa : 0857-1956-1400 (etika)

  3. Hai capeng, yang lagi cari gedung full carpet, aku punya ballroom yg masih baru dengan konsep semi hotel tpi harganya jauh dibawah hotel loooh.. disini sistemnya udah all in paket jadi capeng ga usah bingung2 lg buat milih vendor.. more info : diina 081288626477

  4. maharbyanaria berkata:

    bermanfaat sekali artikelnya 🙂

    http://www.maharpernikahan.co.id
    vendor penyedia jasa mahar dan hantaran exclusive

CLOSE