Sedikit mebahas mengenai Duta. Apa itu duta ? Menurut KBBI, Duta dapat diartikan orang yang diutus pemerintah untuk melakukan tugas khusus, orang yang mewakili negara di negara lain untuk mengurus kepentingan negara yang diwakilinya, membantu dan melindungi warga negaranya yang tinggal di negara itu. Ya, itulah yang dapat kita telaah jika mendengar kata duta. Namun apakah anda tahu, di Indonesia ada beberapa Duta yang sangat fenomenal karena latar belakangnya. Mereka adalah :

Advertisement

1. Duta Anti-Narkoba

Adalah salah satu siswi SMA Medan, yang pada sebuah kesempatan mengancam salah satu petugas kepolisian saat terlibat dalam penertiban. Dalam percekcokan yang terjadi dengan petugas Kepolisian, Sang Duta Anti-Narkoba (calon, red) mengaku sebagai salah satu anak pejabat. Dan tidak segan-segan mengeluarkan si petugas tadi dari kesatauannya saat ini. Dia adalah SD, yang setelah beritanya beredar. Dia dinobatkan sebagai Duta Anti-Narkoba dalam acara peribadatan.

Advertisement

2. Duta Pancasila

Adalah seorang publik figur yang cukup terkenal dgn sebutan "eneng", yg dalam sebuah kesempatan 'bercanda' menghina dan melecehkan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia adalah Zaskia Gotik, yang setelah dilaporkan oleh pihak yang berkepentingan. Beberapa hari beselang, yang bersangkutan (eneng, red) dinobatkan dalam sebuah sosialisasi sebagai Duta Pancasila.

Status sebagai duta tersebut digagas oleh salah satu anggota DPR dan Partai Politik. Satu lagi, salah satu ini adalah penulis status yg sempat viral di Facebook, dengan judul 'Warisan'. Yang pada akhirnya diketahui bahwa dia diduga melakukan plagiasi pada tulisan tersebut, juga di wacanakan sebagai Duta Pancasila oleh salah satu Ketua Partai Politik. Gadis 18 tahun tersebut yang dikenal sebagai Afi Nihaya Faradisa asal Banyuwangi.

3. Duta Pelestarian Edelweis

Adalah orang yang diduga melakukan pencabutan bunga Edelweis dan berswafoto dengan bunga tersebut, yang kemudian diunggah dalam Facebook. Dalam foto tersebut, kelima pendaki yang berada dalam lingkungan Taman Nasional Gunung Rinjani itu, sedang berfoto dengan wajah bahagia memegang bunga Edelweis yang tercabut dari akarnya. Dan yang sangat mengejutkan, wacana dari Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani jika sudah ditemukan, kelima pendaki yang saat ini masih berstatus dalam pencarian ini, akan dijadikan sebagai Duta Pelestarian Edelweis.

Yang terakhir adalah sempat juga menjadi viral adalah ulah lima orang pendaki di Taman Nasional Gunung Rinjani, dengan penuh keberanian dan tanpa tanggung jawab mencabut bunga Edelweis dari akarnya. Selian dicabut, bunga tersebut pun juga difoto kemudian di upload ke jejaring sosial mereka

Luar biasa bukan ?

Mereka semua adalah orang-orang hebat, bahkan luar biasa. Mereka sebelumnya, berstatus sebagai pelanggar dari norma dan bahkan hukum yang ada di Negeri ini. Pada kenyataannya mendapat penghargaan sebagai duta? Orang yang jelas-jelas mengancam petugas kepolisian, orang yang bercanda dengan menghina lambang negara dan Pancasila, orang yang jelas –jelas mencabut salah satu bunga yang dilindungi peraturan perundangan malah dijadikan suri tauladan ?


Akan sangat riskan jika, ada orang diluar sana yang sedang mencari-cari berbagai motivasi untuk melanggar aturan dan mem-viralkan ‘aksi’, dengan harapan bisa menjadi seorang Duta saatnya nanti ? Apakah semua kasus yang viral dengan latar belakang yang aneh seperti ini, akan berakhir dengan penobatan Duta di negeri ini? Entahlah, waktu lah yang lebih mampu menjawabnya.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya